Puasa itu Simpel tapi Dalem!

Posting Ini Di Submit Oleh: Hijrah Saputra (Hijrah Ahmad) – Jumat, 27 Juni 2014

Puasa itu Simpel tapi Dalem! — Sadarkah kita jika puasa kita jalankan dengan benar makan akan berefek positif bagi diri kita? Ajaran Islam sebenarnya tidaklah rumit atau berbelit-belit. Islam selalu mengajarkan hal yang sederhana, simpel, dan sangat mudah dipahami, baik itu secara teori maupun pelaksanaannya. Contohnya adalah puasa. Puasa adalah menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa sejak matahari terbit sampai matahari tenggelam.

xhikmah-puasa.jpg.pagespeed.ic.QQJfeXxXAV

Yang perlu diketahui adalah kita mesti sadar bahwa di balik kesedehanaan itu terdapat hal-hal yang sangat substansial alias dalem! Tentu banyak di antara kita belum sepenuhnya menyadari bahwa perintah-perintah sederhana tersebut banyak menuai manfaat. Apa saja manfaat yang kita dapatkan dari berpuasa?

1. Puasa Membuat Badan Sehat

Puasa itu seperti ruang perawatan tubuh. Puasa meremajakan tubuh lewat detoksifikasi, memperbaiki organ-organ tubuh dan menyervis tubuh. Hal ini terjadi karena puasa mengosongkan lambung kita hingga lambung yang di hari biasa selalu bekerja keras mencerna makanan, bisa istirahat dan secara alami memperbaiki dirinya. Perbaikan lambung juga terkait dengan paru-paru karena melapangkan pernapasan. Pasokan oksigen ini juga terkait dengan jantung. Apabila pasokan oksigen ke jantung terhambat maka distribusi darah ke seluruh tubuh juga terganggu. Makanya orang yang sering kelebihan makanan rentan mengalami serangan jantung karena pembuluh darahnya menyempit tertimbun lemak dan kekurangan oksigen.

2. Puasa Sebagai Media Pembelajaran

Puasa selain memiliki tujuan ibadah, juga memiliki subtansi pendidikan. Pendidikan yang dimaksud di sini adalah manusia yang melakukan puasa diharapkan mampu menggali potensi dirinya dalam memaknai hal-hal yang berkaitan dengan pengayaan diri pribadi. Puasa diharapkan mampu membawa seseorang untuk berpikir bagaimana menjalani hidup, bagaimana mencari rezeki yang halal dan baik, serta berpikir bagaimana menjadikan diri menjadi lebih baik dalam hal pemikiran dan spiritual. Sehingga setelah melewati ibadah ini seseorang diharapkan mampu menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Puasa Sebagai Media Sosial Kemasyarakatan

Puasa juga memiliki tujuan dalam menata hubungan sosial kemasyarakatan agar lebih baik. Adanya kontak sosial yang rutin terjadi misalnya ketika shalat Tarawih berjemaah. Puasa sangat memiliki peran dalam membina hubungan ini. Selain itu, ketika puasa kita dianjurkan untuk berbuat amal saleh, sehingga banyak dari kita berlomba-lomba dalam bersedekah dan sebagainya. Sehingga hubungan sosial di mana yang mampu akan membantu yang kurang mampu.

4. Puasa Sebagai Media Kontemplasi

Bagi mereka yang memaknai bulan Ramadan sebagai peleburan dosa-dosa, maka puasa ialah jalannya. Puasa melatih seseorang untuk selalu waspada dalam melakukan setiap hal, baik itu keseharian atau ibadah. Puasa pada hakikatnya adalah ruang di mana seseorang dapat merenungi secara mendalam tentang arti kehidupan, arti berbagi, dan arti memiliki Tuhan.

Puasa memiliki tujuan yang sakral, di mana diharapkan manusia dapat berdialog secara spiritual agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pada bulan Ramadan seseorang dianjurkan untuk banyak mendirikan shalat pada malam hari, dan iktikaf di masjid, menyerahkan seluruh jiwa dan raga dalam kepasrahan kepada Allah SWT.

Seluruh amalan-amalan ibadah (ubudiyah) dalam Islam memiliki multiorientasi. Maka jika seorang Muslim hanya memaknainya sekadar ritual seremonial dan tidak menjadikan seorang Muslim tersebut menjadi baik, bisa jadi secara substansial, ibadahnya sia-sia. Lain halnya dengan seorang Muslim yang mampu menjadikan ibadahnya sebagai ruang komunikasi dan kontemplasi dirinya dengan Allah SWT secara individual (hablum- minallah), dan juga ruang komunikasi antara manusia dengan manusia yang lain secara sosial (hablum-minannas), niscaya ia akan menemukan makna puasa yang sebenarnya.

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage