Pintar Belanja Online Dengan Mudah Di Bulan Penuh Berkah

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/06 Oleh Kunrad Firmantoro

 

Pintar Belanja Online Dengan Mudah Di Bulan Penuh Berkah — Hidup dijaman serba canggih dan futuristik seperti jaman sekarang ini, yang namanya teknologi pasti sudah sangat mahir dan banyak digunakan oleh seluruh penduduk di dunia, tak terkecuali orang-orang Indonesia. Kehebatan teknologi dalam banyak bidang mengungkap banyak sekali terobosan baru yang brilian didalam kehidupan sosial masyarakat. Gadget dan perangkat elektronik lain kini menjadi salah satu objek dari mahirnya teknologi saat ini yang menjadi andalan dalam berbagai bidang sosial, contohnya saja untuk berkomunikasi, bertukar ilmu dan informasi. Tidak menutup kemungkinan pula untuk kita dapat memanfaatkan gadget atau perangkat pintar sebagai media berbisnis, seperti salah satunya jual beli online.

 

Yup, jual beli online. Kini transaksi jual beli atau berbelanja online sudah marak berdiri sejak banyaknya akses atau media sebagai perantara yang menghubungkan antara si penjual dan pembeli tanpa harus bertatap muka langsung saat ingin bertransaksi. Uniknya, selain menghemat tenaga dengan tidak harus capek keliling pasar dan pusat perbelanjaan dan juga dapat menghemat biaya dan waktu karena tidak perlu keluar banyak ongkos transportasi dan macet-macetan dijalan untuk menuju pusat perbelanjaan, berbelanja online juga terkesan sangat mudah dan sederhana. Namun selain mendapat banyak kemudahan atau sisi kebaikan dalam menggunakan jasa atau melakukan jual beli online, kita sebagai orang-orang yang hidup dijaman yang sudah modern harus mengerti pula bagaimana cara untuk berbelanja online.

 

Berbelanja online memang terlihat simple dan easy-to-do namun bila kita tidak mengerti bagaimana cara berbelanja online dengan aman, nyaman dan menguntungkan, pasti hal tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan kita saat berbelanja online. Apalagi pada saat bulan Ramadhan, dimana banyak orang-orang yang selalu memenuhi kebutuhan sandang maupun pangannya tiap harinya. Oleh karena itu, kita harus mengerti apa saja langkah-langkah aman saat berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan Lebaran nanti.

 

Being a smart buyer is a must, maka dari itu sebelum kamu memulai belanja online, saya punya beberapa tips bagaimana cara berbelanja online aman, nyaman dan menguntungkan untuk keperluan Ramadhan dan Lebaran. Berikut tips-tips yang saya ingin sampaikan, diantaranya:

 

Berdoa terlebih dahulu sebelum berbelanja online
Ini dia the most and the first thing to do saat ingin berbelanja online. Jangan lupa untuk mengucapkan Bismillahirohmaanirrohim sebelum berbelanja online. Karena dengan do’a membuat kita lebih nyaman dalam ingin melakukan sesuatu.

 

Siapkan daftar barang belanjaan yang ingin dibeli
What-to-buy list atau daftar belanjaan yang ingin dibeli sangat penting bagi kamu untuk memastikan bahwa sudah sesuai dengan yang diinginkan dan tidak ada yang kelupaan saat ingin berbelanja online, meskipun tidak menutup kemungkinan kamu bisa mengorder kembali barang yang ingin kamu beli.

 

Siapkan budget yang sesuai
Adanya cukup dana yang dipersiapkan sesuai perencanaan itu lebih baik daripada tergesa-gesa saat ingin memantapkan standar maksimum berapa dana yang harus dikeluarkan untuk berbelanja online. Buatlah rincian total harga barang yang ingin dibeli sesuai dengan isi dompet atau isi rekening bankmu.

 

Pastikan koneksi internet dan kapabilitas gadgetmu saat ingin memulai berbelanja online
Ini dia yang menghidupkan jual beli online, koneksi internet dan gadgetnya. Dua hal tersebut memang sudah berteman sejak lama. Dikarenakan bila koneksi internet yang digunakan sedang ada gangguan, akan mengakibatkan pemuatan data yang muncul di gadgetmu akan ikut terganggu dan tidak muncul sepenuhnya, sehingga ditel barang yang ingin kamu beli malah tidak muncul selengkapnya. Pastikan pula gadgetmu tidak ada lagging/hang saat menggunakan aplikasi atau browsing situs jual beli onlinenya.

 

Pastikan situs jual beli online yang ingin kamu kunjungi itu aman dan resmi
Kunjungilah situs jual beli online yang resmi dan menggunakan transaksi yang aman didalamnya. Hindari penipuan yang memungkinkan ada didalam situs jual beli online yang sedang kamu kunjungi. Bila ragu, coba lihat banyaknya rekomendasi dari orang-orang mengenai situs tersebut.

 

Daftarkan dirimu pada berita penawaran terbaru dan dapatkan keuntungannya
Biasanya, saat kita ingin membuat akun baru untuk memulai berbelanja, akan ada penawaran terbaru misalnya potongan harga dan lain-lain bagi yang pertama kali buat akun pribadinya untuk berbelanja online. Hal ini justru menambah keuntungan kita saat berbelanja online. Lumayan kan dapat potongan harga yang oke, sehingga berbelanja online lebih asyik.

 

Pastikan untuk mengetahui ketentuan terbaru mengenai transaksi yang ada di situs jual beli online yang kamu kunjungi
Hal ini menjadi wajib, karena tiap situs belanja online itu memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Jadi kita harus membaca dan mengerti apa saja ketentuan yang harus kita jalankan saat berbelanja online disitus tersebut. Misalnya saat ingin menjelang Lebaran, banyak orang yang mengorder atau berbelanja online sehingga memungkinkan banyaknya pengiriman terjadi. Usahakan kamu berbelanja online kebutuhan Lebaran saat 7 hari sebelum Lebaran. Dikarenakan adanya keterlambatan pengiriman barang yang dilakukan oleh penyedia jasa layanan antar barang bila kamu berbelanja pada saat waktu-waktu mendesak seperti itu.

 

Cari tahu terlebih dahulu promo yang sedang berlangsung
Banyak sekali penawaran promo yang bisa kamu dapatkan, apalagi di bulan Ramadhan seperti saat ini. Salah-satunya adalah di Lazada yang merupakan pusat perbelanjaan online terlengkap dan terbesar di Indonesia ini menawarkan banyak pilihan promo potongan harga spesial di bulan Ramadhan dengan nama Ramadhan Ceria 2015 untuk berbagai macam kebutuhan yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu lewatkan berbagai macam promo menarik pada tiap situs belanja online yang kamu kunjungi, karena biasanya promo-promo tersebut hanya hadir pada edisi atau perayaan tertentu lho.

 

Buat perbandingan harga termurah hingga harga termahal
Adanya perbandingan harga, membuat kamu lebih cermat dalam merencanakan keuanganmu. Tetapi harus diingat juga, kita harus cermat pula dalam memilih barang meskipun harganya lebih murah. Biasakan untuk membaca keseluruhan ditel barang, sehingga tidak ada disappointment pada akhirnya.

 

Pikirkan kembali matang-matang akan barang belanjaan yang akan dibeli
Kembali dengan disappointment yang saya bicarakan sebelumnya, untuk menghindari hal tersebut, bersikaplah lebih jeli terhadap pilihan berbagai barang yang sudah masuk ke cart atau keranjang. Bila merasa ada satu dan lain hal yang membuatmu merasa barang tersebut tidak terlalu worthy atau tidak terlalu penting, kamu bisa menunda untuk membeli salah satu dari barang-barang tersebut.

 

Pastikan nama dan alamat pengiriman tujuan lengkap dan akurat
Salah alamat pengiriman bisa membuatmu lebih lama menunggu barangmu sampai ke tujuan. Pastikan setiap kata pada nama dan alamat tujuan pengiriman. Bila ada kekhawatiran pada ekspedisi barang, kamu bisa hubungin customer care situs belanja online tempat kamu membeli barang tersebut atau pihak penyedia jasa layanan antar barang yang bersangkutan.

 

Pastikan untuk menggunakan pilihan pembayaran yang tepat
Biasanya ada beberapa penyedia metode pembayaran yang memberikan cicilan atau promo tertentu lho. Pilihlah metode pembayaran yang aman, prosesnya tidak berbelit dan efektif, apalagi ada promo tertentu yang tentunya menjadi salah-satu tambahan keuntunganmu dalam bertransaksi jual beli online. Cek kembali histori transaksi pada akun rekening bank atau metode pembayaran lainnya setelah atau sebelum berbelanja online.

 

Simpan history cart belajaan yang sudah diorder/dibeli
Pilih barang sudah oke, tujuan pengiriman sudah oke, dan pembayaran pun sudah oke, sekarang saatnya simpan histori belanjaanmu. Hal ini berguna untuk menjadi satu acuan kamu dalam memeriksa histori belanjaan yang sudah pernah kamu order sebelumnya.

 

Berdoa setelah selesai berbelanja online
Alhamdulillah, berbelanja online sudah selesai. Selalu awali dan akhiri perbuatan baik dengan do’a, membuat kamu lebih terasa lega dan nyaman, karena akhirnya proses berbelanja online-mu telah selesai.

 

Nah, berbelanja online itu cukup mudah kan? Sekarang kamu tidak perlu takut atau ragu lagi untuk berbelanja memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Lebaranmu melalui jual beli online. Mungkin bagi sebagian orang ada keraguan dalam berbelanja online, namun bila kita lebih aware dan lebih jeli terhadap ketentuan dan beberapa langkah-langkah aman saat berbelanja online, malah bisa membuat kamu ketagihan berbelanja online lho.

 

Itulah beberapa tips berbelanja online aman, nyaman dan menguntungkan yang bisa saya bagikan ke kamu semua, baik para pemula belanja online dan yang sudah sering berbelanja online. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pilihan referensi saat ingin berbelanja online. Seperti jargon Lazada yang sering kita temukan di berbagai media yaitu, “Belanja Itu Gak Ribet.” Yup, sekarang belanja tidak perlu lagi antri sana antri sini, macet sana macet sini untuk membeli segala kebutuhan Ramadhan dan Lebaran.

 

Cukup duduk manis dengan menggunakan gadgetmu untuk mengorder barang, selesaikan pembayaran lalu tinggal tunggu barang kirimanmu datang dengan menggunakan cara berbelanja online.

 

“When I shop, the world gets better, and the world is better, but then it’s not, and I need to do it again.
(Confessions of a Shopaholic-the movie)”
― Sophie Kinsella

 

Do fasting faithfully and do shopping smartly!

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage