Perhatikan Masa Kadaluarsa Kosmetik Anda Dari Sekarang

Memakai kosmetik merupakan satu cara yang paling efektif bagi seorang wanita untuk mempercantik dirinya. Namun, Anda sebagai konsumen make up harus cermat dan teliti dalam menggunakan produk-produk make up, karena tak hanya makanan, namun make up juga memiliki tanggal kadaluarsa atau expiration date. Jika Anda memakai produk make up yang kadaluarsa, Anda dapat terkena efek samping yang buruk bagi kulit Anda seperti iritasi, dan timbul jerawat. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda sebagai konsumen produk-produk make up untuk mengetahui sampai kapan sebuah produk make up dapat digunakan. Berikut ini adalah contoh beberapa make up dengan masa ‘aman’ pakainya:

1. Lipstik
Produk lipstik atau pemoles bibir biasanya mampu bertahan hingga 2 tahun. Selain mengetahui masa pakai, Anda juga harus mengetahui tanda-tanda jika sebuah lipstik sudah tidak layak pakai. Diantaranya adalah aroma lipstik yang sudah mulai berubah menjadi tidak enak, tekstur yang berubah, dan lipstik tidak lagi dapat menempel maksimal di bibir. Jika lipstik Anda sudah mengalami tanda-tanda ini, ada baiknya Anda tidak memakai lipstik ini lagi.

2. Maskara
Maskara merupakan produk make up yang akan memberikan efek menebalkan bulu mata dan membuat mata terlihat lebih cantik. Namun maskara juga memiliki masa guna. Sebaiknya Anda periksa dan teliti apakah maskara yang Anda miliki masih aman untuk digunakan atau tidak. Produk maskara biasanya dapat bertahan hingga 4 bulan. Kondisi fisik maskara yang sudah tidak ‘sehat’ yaitu berbau mulai busuk seperti gas, dan tekstur yang sudah kering dan berubah.

3. Eyeliner
Eyeliner merupakan produk yang akan memoles mata Anda agar tampak indah, dan mempertegas mata. Eyeliner yang kadaluarsa biasanya sudah kering atau menggumpal. Masa pakai untuk eyeliner cair yaitu hingga 4 bulan, sementara untuk eyeliner pensil masa pakainya hingga satu tahun.

4. Blush On
Blush on atau perona pipi merupakan pemberi warna cerah pada bagian pipi Anda sehingga tidak terlihat pucat. Ciri-ciri blush on yang sudah tidak aman dipakai yaitu warnanya yang terlihat kusam dan kelabu. Blush on bubuk biasanya dapat bertahan hingga 2 tahun, sementara blush on krim dapat bertahan 6 bulan hingga 1 tahun.

5. Liquid Foundation
Foundation atau alas bedak yang berbentuk krim ini merupakan ‘dasar’ dari penggunaan make up. Tanda-tanda sebuah liquid foundation yang telah kadaluarsa yaitu warna dan tekstur yang berubah, dan berbau tak sedap. Masa aman pakai sebuah liquid foundation hingga 1 tahun (untuk yang berbahan dasar air), dan 18 bulan (yang berbahan dasar minyak)

Selain memperhatikan masa pakai dan tanda-tanda kadaluarsa, Anda juga dapat memulai untuk merawat produk-produk make up dengan cara yang benar. Pastikan produk-produk kosmetik ditutup dengan rapat dan disimpan di tempat yang sejuk, serta jauhkan dari jangkauan sinar matahari yang dapat merusak kualitas produk-produk tersebut.


PROMOTION

homepage