Perbandingan Sony Xperia Z2 vs Samsung Galaxy S5

Posted By Lazada Blog Contest Finalist: Martunis On 22 March 2014

Sony Xperia Z2 vs Samsung galaxy S5 — Nah teman teman , kalau kita lihat, sangat banyak sekarang smartphone canggih dan bertenaga terus di produksi oleh pabrikan elektronik di seluruh dunia. Kali ini saya akan berbagi tentang dua smartphone Android andalan yakni Sony Xperia Z2 dan Samsung Galaxy S5. Kedua smartphone ini terkenal berdesain elegan dan jeroan bertenaga, dan kita akan bandingkan keunggulan kedua smartphone ini , mari kita simak bersama :


BENTUK,UKURAN & BERAT

sony-xperia-z2-versus-samsung-galaxy-s5

Dari segi desain bodinya, Xperia Z2 masih mengusung garis-garis Body yang mirip dengan versi sebelumnya yaitu Zperia Z1. Begitu pula dengan Samsung galaxy S5 masih menggunakan bentuk body dari versi sebelumnya yaitu S4 tapi dua smartphone ini walaupun bentuk sama tapi ukuran dan ada beberapa desain yang diubah , Seperti Xperia Z2 dengan dimensi 146.8 x 73.3 x 8.2 mm (5.78 x 2.89 x 0.32 in)   dan Samsung galaxy S5 dengan dimensi 142 x 72.5 x 8.1 mm (5.59 x 2.85 x 0.32 in) , walau demikian dua smartphone ini masih nyaman digenggam dan dibawa kemana mana karena ukurannya pas di tangan , selain itu berat Xperia Z2 adalah 163 g dan Samsung Galaxy S5 dengan berat yang lebih ringan yaitu 145 g, jadi mana pilihan mu ! ehh belum sampai situ masih banyak keunggulan lainnya , ayo lanjut dibawah.


LAYAR

untuk layar sendiri Samsung masih setia dengan tipe layar Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors  dan Xperia Z2 sendiri menggunakan tipe layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors dengan resolusi yang sama yaitu 1080 x 1920 pixels dan membuat kualitas/kejernihan layar semakin terasa dari kedua smartphone ini , dan ketajaman layar sendiri di unggulkan oleh Samsung galaxy S5 yaitu ~432 ppi pixel density sedangkan untuk XPeria Z2 ~424 ppi pixel density dan membuat layarnya semakin jernih lalu untuk proteksi layar Xperia Z2 mengunggulkan Shatter proof and scratch-resistant glass dan Samsung galaxy S5 dengan Corning Gorilla Glass 3.


PENYIMPANAN

Xperia Z2 menyediakan penyimpanan dengan slot microSD, up to 128 GB dan Memory Internal berukuran 16 GB dengan 3GB RAM dan Samsung Galaxy S5 disediakan juga slot memoty up to 128 GB dan Memory internal nya ada dua ukuran yaitu 16GB & 32GB dan Dengan RAM 2GB yang tak sebanding dengan Xperia Z2 yang menggunakan Ram 3GB.


BATERAI

Samsung Galaxy S5: 2.800 mAh baterai dengan 21 jam waktu bicara dan Sony Xperia Z2: 3.200 mAh baterai dengan 19 jam waktu bicara

Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z2 keduanya telah mengupgrade baterai, tetapi meskipun Xperia Z2 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, sepertinya Galaxy S5 mungkin dapat bertahan lebih lama dari itu.


KAMERA

Samsung Galaxy S5 dengan 16MP kamera belakang dengan autofocus, LED flash dan perekam video 4K,dan kamera depan 2MP dan untuk Sony Xperia Z2 ,20.7MP kamera  belakang dengan autofocus, LED flash dan perekam video 4K, 2.2MP kamera depan.

untuk fitur dari kamera sendiri Samsung Galaxy S5 mempunyai kamera belakang 16MP, perbaikan pada sensor 13MP dari Galaxy S4,dan juga dengan fitur onboard, seperti lampu kilat LED, autofocus, HDR, deteksi senyum dan kemampuan untuk merekam video dan mengambil gambar pada saat waktu yang sama dan memiliki fitur shooting video 4K.

Sony Xperia Z2 dengan fitur sensor 20.7MP sama seperti pendahulunya, tetapi juga memiliki perbaikan, seperti kemampuan untuk merekam video 4K. Sama seperti Galaxy S5, ada beberapa fitur kamera juga, seperti HDR, stablelisation gambar dan mode panorama.


MESIN

Samsung Galaxy S5 dengan processor Quad-core 2.5GHz Qualcomm Snapdragon prosesor 801 dan Sony Xperia Z2  juga dengan processor Quad-core 2.3GHz Qualcomm Snapdragon prosesor 801 dan tenaga dari kedua smartphone ini sama sama kuat , hanya saja RAM dari Samsung galaxy S5 masih menggunakan RAM 2GB yang menyebabkan aktivitas multitasking menjadi kurang cepat karena Kapasitas RAM yang kecil.


UI & OS

Samsung Galaxy S5 dan Sony Xperia Z2 datang dengan versi terbaru dari sistem operasi mobile Android Google yaitu Android 4.4.2 Kitkat. Kedua perangkat ini juga memiliki interface (UI) dari setiap produsen masing-masing dan Untuk Samsung galaxy S5 menggunakan TouchWiz UI untuk HomeScreen nya , Xperia Z2 menggunakan Triluminos display UI dan Masing masing homescreen masih bersifat standart dari versi sebelumnya hanya saja ada sedikit perubahan di TouchWiz UI milik samsung yang menambahkan efek Bublee


FITUR

untuk fitur sangat banyak dan saya akan berbagi beberapa dari fitur tersebut , untuk yang pertama yaitu Fitur dari samsung galaxy S5, lihat dibawah :

– Wireless charging (market dependent)
– ANT+ support
– S-Voice natural language commands and dictation
– Smart stay, Smart pause, Smart scroll
– Air gestures
– Dropbox (50 GB cloud storage)
– Active noise cancellation with dedicated mic
– TV-out (via MHL 2 A/V link)
– SNS integration
– MP4/DivX/XviD/WMV/H.264/H.263 player
– MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
– Organizer
– Image/video editor
– Document viewer (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
– Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa
– Voice memo/dial/commands
– Predictive text input (Swype)

Dan Fitur dari Sony XPeria Z2
– ANT+ support
– SNS integration
– TV-out (via MHL 3 A/V link)
– Active noise cancellation with dedicated mic
– Xvid/MP4/H.263/H.264 player
– MP3/eAAC+/WAV/Flac player
– Document viewer
– Photo viewer/editor
– Voice memo/dial
– Predictive text input

KINERJA GRAFIS

Untuk Kinerja grafis sendiri Xperia Z2 menggunakan Adreno 330 dan Samsung Galaxy S5 dengan Adreno 330 juga , dengan adanya GPU yang kuat dari kedua smartphone tersebut bermain games dan nonton video HD jadi lebih lancar.


HARGA

kedua smartphone diatas harganya sama yaitu 8,5 juta per Unit nya , dan Untuk kalian yang mau membeli salah satu smartphone diatas tunggu saja pre-ordernya di lazada.co.id Belanja Online terpercaya. Hanya ini saja yang dapat saya ketahui dari beberapa Keunggulan keunggulan kedua smartphone di atas , semoga review ini bermanfaat untuk kalian yang ingin membeli salah satu smartphone di atas.

Referensi : www.gsmarena.com ,www.androidcentral.com , www.v3.co.uk dan www.phonearena.com

stamp--Blog--Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage