Perbandingan: Apple iPhone 5 VS Samsung Galaxy S3

Seperti kita tahu bersama dua produsen Smartphone ternama Apple dan Samsung masing-masing memproduksi smartphone jagoannya, yaitu iPhone 5 dan Galaxy S3, apa saja yang baru pada model ini? apa saja yang mereka pelajari dan perbaiki dari model sebelumnya? mana yang akan lebih sukses dibanding dengan pendahulu mereka seperti iPhone 4S dan Galaxy s2?

iphone galaxy lazada indonesia Perbandingan: Apple iPhone 5 VS Samsung Galaxy S3

Kitapun telah mengetahui bahwa masing-masing smartphone ini memiliki pendukungnya masing-masing, sampai sekarang pun di forum-forum luar atau dalam negeri masih sering terjadi perdebatan diantara pendukung masing-masing. Salah satu yang pasti yaitu tentu saja pecinta Apple akan lebih memilih iPhone 5, bahkan setelah kedatangan iPhone 5 ini pastinya mereka akan setia menunggu dan membeli iPhone 5S atau iPhone 6. Bukanlah Samsung semata yang akan dihadapi oleh Apple, tetapi iPhone akan menghadapi sistem operasi Android, seperti kita tahu sistem operasi Andoid ini sangat laris dipasar smarphone, tidak seperti iOS, Android umumnya dapat dijalankan diberbagai merk Smartphone seperti Samsung, HTC, LG, dan banyak lagi.

iphone galaxy lazada indonesia2 Perbandingan: Apple iPhone 5 VS Samsung Galaxy S3

Kedua Smartphone teranyar ini telah beredar dipasaran, iPhone 5 dan Galaxy S3 akan meneruskan persaingannya di 2013. Apabila Anda berencana untuk membeli salah satu dari kedua Smartphone ini,  apapun yang Anda pilih nantinya, Anda tidak akan salah pilih karena keduanya adalah pilihan terbaik dan memiliki perangkat keras, software, spesifikasi terbaik. Diatas kertas spesifikasi antara keduanya hampir mirip-mirip, tidak berbeda jauh. Berikut ini akan disajikan review kedua smartphone.

iphone galaxy3 lazada indonesia1 Perbandingan: Apple iPhone 5 VS Samsung Galaxy S3

Jelas dua perusahaan besar ini memiliki sudut pandang yang berbeda, Samsung lebih mememntingkan kenyamanan dari lebarnya layar Galaxy S3, sedangkan iPhone 5 menyediakan ukuran layar lebih kecil yang nyaman untuk penggunaan smartphone dengan satu tangan. Layar yang sangat lebar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S3 membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mementingkan browsing dan menonton video atau film di youtube pada sebuah smartphone, karena layar besar akan membuat Anda puas menikmati layar lebarnya. Sedangkan iPhone 5 tetap mempertahankan layar yang tidak begitu besar, hanya bertambah panjang sedikit ini tetap bertujuan sama dari pendahulunya iPhone 4S yaitu layar iPhone dirancang untuk mudah dan nyaman digunakan satu tangan.

Desain iPhone 5 vs. Samsung Galaxy S3

*iPhone 5 – Ketebalan 7.6mm, casing metal, baterai tidak dapat dilepas
*Samsung Galaxy S3 – Ketebalan 8.6mm, casing plastik, baterai dapat dilepas-ganti

Apple telah membuat garakan agresif pada ukuran iPhone 5 dengan membuatnya setipis mungkin, lapisan kaca pada belakang pada iPhone 4S telah tidak ada, Slot Sim-card menggunakan ukuran nano (nano-SIM) dan banyak lagi, hasilnya ketebalan iPhone 5 adalah 7.6mm. Samsung Galaxy S3 memiliki ketebalan 8.6mm, dengan ketebalan ini dan lebar layar 4.8″, Samsung Galaxy S3 terasa tipis namun lebar ketika Anda genggam. iPhone 5 dengan belakang aluminium menjadikan iPhone 5 lebih licin dibanding iPhone 4S, namun terasa lebih kokoh, berkualitas dan  sebuah desain smartphone premium.

Aksesoris iPhone 5 vs. Samsung Galaxy S3

*iPhone 5 – Headset dengan Desain terbaru (Earpod), Lightning power connector
*Samsung Galaxy S3 – Kabel microUSB, Samsung noise isolating IEM earphones, adapter

Dalam kemasan Apple iPhone 5 Anda akan mendapatkan sebuah earphone dari Apple dengan desain yang benar-benar baru yang disebut dengan “Earpod”, Earpod bukan sebuah earphone biasa, bukan juga sebuah earphone dengan teknologi noise isolation. earpod sangat kecil, dibuat dari bahan plastik dan didesain untuk kenyamanan dan fit untuk setiap kuping setiap orang. Perubahan aksesoris pada iPhone 5 juga terjadi pada kabel charger, Apple mendesain sebuah kabel konektor yang baru dan lebih kecil, yang disebut dengan “Lightning”. Samsung Galaxy S3 hadir dengan aksesoris yang standard yaitu kabel microUSB untuk mengisi daya sehingga konektornya lebih mudah digantikan karena kabel microUSB mudah dicari, Anda juga mendapatkan earphone bermerk Samsung yang mengeluarkan suara berkualitas tinggai dan memiliki teknologi IEM noise isolating.

Layar iPhone 5 vs. Samsung Galaxy S3

*iPhone 5 – 4inci IPS, Resolusi 1136 x 540
*Samsung Galaxy S3 – 4.8inci Super AMOLED, Resolusi 1280 x 720

Setiap generasi iPhone sejak pertamakali kehadirannya pada tahun 2007 memakai ukuran layar yang sama yaitu 3.5 inci. Berbeda pada iPhone 5, iPhone ini memiliki widescreen selebar 4-inci dengan piksel sebesar 1136 x 640, dengan perubahan ini iPhone 5 menawarkan layar yang lebih besar tanpa membuat ukuran handset lebih lebar. Pixel density masih sama dengan iPhone 4S, aspect ratio iPhone 5 akan membuat Anda lebih nyaman pada saat menonton video. Samsung Galaxy memiliki layar lebar 4.8-inci dan sangat nyaman untuk Anda menonton video pada youtube, dan membuat Anda puas bermain game karena lebarnya layar Galaxy S3. Galaxy S3 juga dapat memutar video Full HD karena resolusinya 1280 x 720 piksel.

Kedua smartphone ini memiliki tipe layar yang berbeda, Samsung S3 memiliki layar Super AMOLED sedangkan iPhone 5 memiliki layar IPS yang juga dipakai pada iPad. Super AMOLED menawarkan warna hitam yang sangat baik dan warna vivid yang menabjubkan, sedangkan layar IPS mempertahankan tampilan warna lebih natural. Pada kondisi sinar matahari yang sangat terik iPhone 5 menawarkan warna layar yang lebih reflektif dan tingkat brightness yang maksimal sehingga memberikan layar yang lebih mudah dilihat pada kondisi cahaya yang berlebihan. Pada ruang yang gelap, Galaxy S3 tampil dengan warna lebih menawan sehingga AMOLED lebih unggul pada kondisi gelap.

Software iPhone 5 vs. Samsung Galaxy S3

*iPhone 5 – iOS 6
*Samsung Galaxy S3 – Android 4.0 Ice Cream Sandwich (4.1 incoming), TouchWiz UI

Pertarungan Antara sistem operasi iOs dengan Android telah terjadi sejak tahun 2008. Android menawarkan fitur intregasi yang lebih fleksibel dibandingkan dengan iOS. Dengan Android bahkan Anda dapat merubah bagaimana smartphone Anda merespon pada fungsi dasar contohnya homescreen pada Android dapat Anda atur sendiri sesuai kebutuhan Anda, contohnya menampilkan satu sosial media di homescreen untuk Anda pantau atau meletakan kalender atau jam agar lebih mudah melihat waktu, hal ini membuat Anda dapat lebih dapat mengontrol bagaimana Smartphone Anda terlihat dibanding dengan layout iOS yang tidak dapat utak-atik. Dengan iOS Anda akan merasakan kecepatan dan kehalusan sebuah user interface yang sangat mudah dan nyaman untuk digunakan dan menu yang mudah diingat.

Sayangnya Apple Maps merupakan suatu bencana untuk iPhone semenjak iPhone berhenti memakai Google Maps. Apple Maps baru tidak bekerja dengan sangat baik karena ada beberapa nama kota yang salah, nama jalan yang salah maupun peta yang tidak update. Sedangkan Galaxy S3 memakai Google Maps yang kita telah tahu bersama bekerja dengan sangat baik sekali.

Power iPhone 5 vs. Samsung Galaxy S3

*iPhone 5 – 1GB RAM, A6 processor, power TBC
*Samsung Galaxy S3 – 1GB RAM, Exynos 4412, Quad-core 1.4GHz

Samsung Galaxy S3 menggunakan teknologi yang canggih Exynos 4412 chip yang memiliki empat buah core (Quad-core) dan bekerja pada 1.4GHz. Disisi lain, Apple tidak menjelaskan dengan detail informasi teknis tentang CPU yang digunakannya, informasi yang kita ketahui hanya iPhone 5 lebih cepat sampai dua kali dibanding dengan chip 4S yang memakai dual-core 1GHz CPU and PowerVR SGX543MP2, mungkinkan iPhone 5 ini juga memakai teknologi Quad-core? Namun beberapa “tes” kecepatan pada yang dapat Anda temukan di YouTube.com salah satunya video dari Pocketnow, terlihat kemampuan membuka webpage lebih cepat iPhone 5 dibanding dengan Galaxy S3, begitupun dengan streming youtube iPhone lebih unggul, membuka aplikasi kamera pun iPhone unggul lebih cepat.

Koneksivitas iPhone 5 vs. Samsung Galaxy S3

*iPhone 5 – new proprietary 8-pin connector, non microSD, microSIM
*Samsung Galaxy S3 – microUSB, microSD, mic

iPhone menciptakan kabel konektor baru yang disebut dengan “lightning”, kabel ini digunakan untuk mengisi daya dan meng-sinkronis data dengan komputer Anda, berbeda dengan konektor pendahulunya, Lightning lebih kecil dan dapat dicolokkan walaupun dengan berbagai sisi, karena sisi atas dan bawahnya sama saja, tidak seperti konektor microUSB biasa.

Pada segi konektivitas Samsung Galaxy S3 cukup banyak memiliki perbedaan dengan iPhone 5. Galaxy S3 memungkinkan Anda menggunakan kartu microSD dan menggunakan standar microUSB. Dengan mudah Galaxy S3 juga memiliki kemampuan untuk output video HD dengan audio surround sound ke port HDMI bila digunakan dengan kabel yang tepat. Tidak seperti iPhone, Samsung tidak bergantung pada perangkat lunak sinkronisasi untuk mentransfer file secara langsung, Anda dapat drag dan drop file ketika Samsung S3 dicolokkan ke komputer melalui USB.

Kamera iPhone 5 vs. Samsung Galaxy S3

*iPhone 5 – 8MP, LED flash
*Samsung Galaxy S3 – 8MP, LED flash

Masih menggunakan kamera 8 megapiksel dengan LED Flash seperti pendahulunya iPhone 4S, dengan apperture f/2.4. iPhone 5 juga menawarkan pengambilan gambar dengan mode panorama yang sangat hebat. hanya dengan membidik dan menggeser iPhone Anda akan mendapatkan gambar panorama sampai dengan 28 megapiksel. Samsung Galaxy S3 juga memiliki kamera 8 megapiksel termasik image stabilization, touch focus, merekam video 1080p dan flash LED sama dengan kemampuan kamera pada iPhone 5. Kualitas gambar Antara iPhone 5 dan Galaxy S3 dapat dikatakan setara.

Berikut ini akan akan kami sajikan untuk Anda perbandingan performa Antara iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3 dalam bentuk video dari Pocketnow.

[youtube id="P1UEraHDoAQ" width="600" height="350"]

Bila membandingkan dua Smartphone ini tidak akan ada habisnya karena sama saja dengan membandingkan iOS dan Android atau membandingkan Apple dengan Google. Samsung Galaxy S3 lebih fleksibel dan unggul dengan memori yang dapat Anda upgrade sendiri begitu juga dengan sistem operasi Android yang begitu fleksibel, Sedangkan iPhone 5 unggul dengan bodi metal aluminium yang pasti siapapun yang menggenggamnya pasti merasakan iPhone 5 jauh lebih premium, desain lebih bersahabat untuk tangan Anda yang tidak terlalu besar, lagipula dengan iPhone 5 dengan layar 4incinya tidak akan terlalu terlihat kecil dibandingkan dengan Galaxy S3. Tergantung pada pilihan Anda, apapun pilihan Anda kedua Smartphone ini tetap pilihan terbaik. Untuk Spesifikasi, harga dan pemesanan Apple iPhone 5 dan Spesifikasi, harga dan pemesanan Galaxy S3 dapat Anda temukan di Lazada Indonesia.

HP Android Samsung Terlaris di Lazada:

samsung galaxy grand lazada indonesia3 Perbandingan: Apple iPhone 5 VS Samsung Galaxy S3
samsung coconut1 Perbandingan: Apple iPhone 5 VS Samsung Galaxy S3

Label:

Tags: , ,


About the Author

Fariz "Wawa" Ilman adalah SEO Officer di Lazada Indonesia dan juga seorang yang humoris dan senang tertawa...



Back to Top ↑