Perang Pasifik: Perang Asia Timur Raya

Perang pasifik atau yang juga dikenal dengan sebutan Perang Asia Timur Raya merupakan perang yang terjadi di Samudra Pasifik, pulau-pulaunya dan di Asia. Konflik ini terjadi antara tahun 1937 dan 1945, namun peristiwa-peristiwa yang lebih penting terjadi setelah 7 Desember 1941, ketika Jepang menyerang Amerika Serikat serta wilayah-wilayah yang dikuasai Britania Raya dan banyak negara lainnya.

Perang ini dimulai lebih awal dari Perang Dunia II yaitu pada tanggal 8 Juli 1937 oleh sebuah insiden yang disebut Insiden Jembatan Marco Polo Peristiwa tersebut menyulut peperangan antara Tiongkok dengan Jepang.Konflik antara Jepang dan Tiongkok dan beberapa dari peristiwa dan serangannya yang penting juga merupakan bagian dari perang tersebut. Perang ini terjadi antara Jepang dan pihak Sekutu (yang termasuk Tiongkok, Amerika Serikat, Britania Raya, Filipina, Australia, Belanda dan Selandia Baru). Uni Soviet berhasil memukul mundur Jepang pada 1939, dan tetap netral hingga 1945, saat ia memainkan pernanan penting di pihak Sekutu pada masa-masa akhir perang.

Thailand, setelah dijajah pada 1941, dipaksa bergabung dengan pihak Jepang. Jerman Nazi dan Italia juga adalah sekutu Jepang, dan angkatan laut mereka beroperasi di Samudra Pasifik dan Hindia antara tahun 1940 dan 1945.

Antara tahun 1942 dan 1945, terdapat empat wilayah otorita Sekutu yang berperang melawan Jepang: Tiongkok, wilayah Samudra Pasifik, Asia Tenggara dan wilayah Pasifik Barat Daya.

Perang Pasifik berakhir pada 15 Agustus 1945 dan perjanjian menyerahnya Jepang ditandatangani oleh wakil dari sekutu yaitu Jendral Douglas McArthur dan Jepang diwakili oleh Mamoru Shigemitsu di atas kapal USS Missouri

Sinopsis buku Perang Pasifik
Mendadak ketenangan di pagi hari Minggu, 8 Desember 1941, dirobek oleh ledakan-ledakan bom, torpedo, senapan mesin, dan deru lebih dari 300 pesawat yang terbang menyambar-nyambar. Teriakan dan jerit kematian, lidah-lidah api yang menjulang, asap hitam bergumpal-gumpal melanda kawasan Pearl Harbour. Buku ini adalah satu-satunya buku dalam bahasa Indonesia yang komprehensif mengupas Perang Dunia II di Kawasan Asia Pasifik, yang dimulai dengan serangan Jepang terhadap Pearl Harbour, hingga menyerahnya Dai Nipon di geladak Kapal Missouri. Bagaimanakah kisah Perang Pasifik selengkapnya? Seberapa besarkah peranan kekuatan udara dan kapal induk dalam pertempuran tersebut? Dapat Anda simak selengkapnya dalam buku ini yang bisa Anda dapatkan disini.

Label:

Tags: ,


About the Author

Fariz "Wawa" Ilman adalah SEO Officer di Lazada Indonesia dan juga seorang yang humoris dan senang tertawa...



Back to Top ↑