Menjaga keselamatan diri ketika Mendaki Gunung

Pendakian Gunung merupakan salah satu jenis aktivitas olahraga yang berat, yang memungkinkan seseorang untuk berjalan kaki di alam terbuka, seperti daerah-daerah perbukitan, lembah ataupun pegunungan dengan membutuhkan kecerdasan, keterampilan serta daya juang yang tinggi. Dalam melakukan pendakian gunung ini pun Anda diharuskan menggunakan dan membawa alat-alat khusus yang mendukung agar pendaki terhindar dari adanya bahaya yang akan menghadang dalam aktivitas pendakiannya. Selain alat-alat khusus, juga diperlukan kondisi fisik yang sehat, kuat, dan pengetahuan-pengetahuan yang mendasar mengenai gunung yang akan di daki. Pendakian gunung tersebut sebenarnya mempunyai banyak kata yang dapat digunakan untuk menyebutnya, seperti hiking, treking, backpacking, mountaineering trailing dan lain sebagai nya tergantung kepada kondisi alam, daerah atau masing-masing negara yang berorientasi pada perjalanan menggunakan kaki.

 

Pendakian ini pun dapat dimulai dari hill walking, hingga ekspedisi pendakian ke puncak-puncak gunung yang tinggi dan memiliki tingkat kesulitan yang maksimal, hingga memerlukan waktu yang cukup lama, dari memakan waktu beberapa hari bahkan sampai waktu berbulan-bulan. Dalam mendaki gunung tentulah Anda diharuskan memiliki persiapan-persiapan, diantaranya yaitu :

[highlight color=”eg. yellow, black”]1. Membawa alat-alat yang mendukung[/highlight]

Alat-alat khusus disini, adalah ransel, sepatu khusus, alat navigasi (kompas & peta lokasi pendakian), botol air, pisau, senter dan tenda. Ransel disini mempunyai fungsi untuk membawa segala peralatan-peralatan yang dibutuhkan dalam jumlah yang besar. Pemilihan ransel untuk mendaki gunung pun tidak lah mudah, karena tidak semua ransel dapat digunakan dan dibawa untuk mendaki gunung. Sepatu khusus disini pun tentunya yang dapat tahan dalam segala kondisi, yang mempunyai alas yang tebal dan kuat. Sedangkan alat navigasi, mempunyai kegunaan untuk membantu Anda dalam mengetahui posisi secara tepat dalam melakukan perjalanan. Dan botol air, pisau, senter serta tenda merupakan alat-alat pendukung agar Anda dapat bertahan hidup ketika mendaki membutuhkan waktu yang cukup lama.

[highlight color=”eg. yellow, black”]2. Memperhatikan mental dan kondisi tubuh[/highlight]

Saat mendaki gunung, Anda diharuskan memiliki kondisi fisik yang memadai,  yang sehat dan juga kuat. Ada baiknya sebelum melakukan pendakian gunung, di jauh-jauh hari Anda berolahraga kecil secara rutin setiap hari.

[highlight color=”eg. yellow, black”]3. Membawa peralatan medis[/highlight]

Peralatan medis disini dapat digunakan untuk mengantisipasi keadaan fisik Anda yang tiba-tiba melemah saat mendaki gunung. Juga berjaga-jaga bagi para pendaki yang mempunyai penyakit tertentu.

[highlight color=”eg. yellow, black”]4. Mengukur kemampuan diri sendiri[/highlight]

Sebelum mendaki gunung, ada baiknya Anda mengukur kemampuan diri sendiri terlebih dahulu. Karena apabila kita tidak mengukur diri sendiri, kita akan mengalami kesusahan ketika melakukan perjalanan curam saat menghadapi perubahan kondisi alam.

[highlight color=”eg. yellow, black”]5. Mengikuti berbagai organisasi pendakian gunung[/highlight]

Janganlah Anda merasa malu untuk belajar dan berdiskusi dengan kelompok maupun organisasi pecinta alam yang saat ini sudah banyak tersebar di berbagai daerah. Mulai dari kalangan muda hingga kalangan para senior yang sudah lama berlalu lalang di dunia pendakian gunung ini.

 

Berdasarkan saran-saran yang telah kami berikan diatas tersebut, diharapkan Lazadian  mendapatkan keamanan dan kenyamanan ketika melakukan aktivitas pendakian gunung atau hiking. Berikut kami akan memberikan penawaran akan produk-produk dari Lazada agar kegiatan hiking Anda menjadi lebih sempurna.


PROMOTION

homepage