OnePlus X – Layar Lebih Kecil, Harga Termurah dan Perfoma Sangar!

OnePlus X Review — Melanjutkan aksinya di pasar smartphone Android, Oneplus luncurkan line-up terbaru mereka, yaitu OnePlus X. Kali ini yang jadi perhatian ialah kenyataan bahwa OnePlus X merupakan line-up termurah dan termungil yang pernah mereka produksi.

 

oneplus x mini harga spesifikasi review (1)

 

Berkat bentuk mungil namun performa seperti OnePlus 2, OnePlus X juga dikenal dengan nama OnePlus Mini. Berikut kami sajikan harga, spesifikasi dan ulasan OnePlus X selengkapnya.

 

OnePlus X : Harga dan Ketersedian

Seperti kita tahu bersama, sejak pertamakali kehadirannya OnePlus telah dikenal menawarkan harga terjangkau dengan spesifikasi jauh diatas harga tersebut. Tidak terkecuali line-up terbaru mereka ini, OnePlus X dibanderol seharga £199, atau masih berada pada kisaran dibawah Rp 3 juta jika dirupiahkan.

Pada kisaran harga ini pasti banyak yang tertarik untuk memilikinya, namun seperti penjualan yang sudah-sudah, hanya yang mendapatkan undangan yang dapat memilikinya.

Untuk ketersediaanya di Indonesia ada kabar gembira, pasalnya ada bocoran bahwa OnePlus X terbaru ini akan menggandeng lazada.co.id sebagai salah satu partner jualan mereka di tanah air dalam waktu 1-2 bulan kedepan ini. Makin penasaran? Sebelum lebih dalam membahasnya, berikut kami sajikan spesifikasi teknis OnePlus X.

 

OnePlus X : Spesifikasi Teknis

  • OxygenOS based on Android 5.1.1 Lollipop
  • 2.3GHz Snapdragon 801, quad-core
  • Adreno 330
  • 3GB LPDDR3 RAM
  • 16GB, plus up to 128GB microSD
  • 5in full-HD (1920×1080, 441ppi) AMOLED, Gorilla Glass 3
  • 13Mp rear camera, f/2.2 aperture, 1080p video/120fps slo-mo at 720p
  • 8Mp front camera, f/2.4 aperture
  • accelerometer, gyroscope, proximity, ambient light, hall sensor
  • 2,525mAh non-removable lithium-polymer battery
  • Micro-USB charging port
  • dual-Nano-SIM (one SIM slot can be used for microSD card)
  • 2.4GHz 802.11b/g/n Wi-Fi
  • Bluetooth 4.0
  • GPS
  • GLONASS
  • bottom-facing speaker
  • dual-mics with noise cancellation
  • 3.5mm headphone jack
  • FM radio
  • 140x69x6.9mm
  • 138g (Onyx), 160g (Ceramic)

 

OnePlus X : Desain Elegan

Dari segi desain, One Plus X memiliki desain yang apik dan tidak terlihat seperti smartphone dengan harga murah sama sekali.

OnePlus tampaknya sangat memperhatikan tampilan desain dan sentuhan pada produk One Plus X. Didesain dengan kerangka frame metal serta layar depan dan bagian belakang dengan material kaca membuatnya terlihat stylish dan memberikan kenyamanan  dalam genggaman dengan desain di setiap sisinya yang dibuat sedikit miring.

Dengan material metal dan kaca, One Plus X tetap memiliki desain yang tipis dan terasa ringan (6.9mm dan 138g) jika dibandingkan dengan OnePlus 2 yang berbobot lebih berat.

OnePlus X memiliki model black glass namun ada juga versi ceramic edisi terbatas jika Anda tak keberatan untuk membayar lebih mahal dan merasakan beban yang lebih berat (160g).

 

OnePlus X : Performa Tinggi

OnePlus X dapat dikatakan sebagai versi mini dari OnePlus 2 dan dengan harga yang juga lebih murah tentunya memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan OnePlus 2. Namun OnePlus sepertinya melihat mangsa pasar yang banyak menginginkan perangkat dengan ukuran compact dengan merilis One Plus X yang memiliki desain layar yang lebih kecil.

Resolusi kamera yang ditawarkan masih mengusung kualitas full HD yang tentunya dengan kerapatan pixel yang tinggi. OnePlus X juga sudah menggunakan teknologi layar Amoled yang memberikan tampilan tajam dengan kualitas full HD. Layar tetap nyaman untuk digunakan meski menggunakan brightness pada level terendah.

OnePlus X memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 801 yang sayangnya tergolong sudah lama dengan tidak menggunakan chip 64-bit yang sudah banyak digunakan oleh kebanyakan smartphone kini. Namun OnePlus X menutupi kekurangannya dengan mengusung memori RAM yang berkapasitas 3GB sehingga dapat di operasikan dengan performa yang cukup baik.

Baterai yang ditawarkan dari OnePlus X ini memiliki kekuatan 2525mAh dan hasil benchmark 4 jam 57 menit serta skor 2656 tidak menunjukkan hasil terbaik dari baterai. Hasil ini sama dengan Sony Xperia Z5 Compact dan perlu dicharge setiap malam.

OnePlus X menawarkan kapasitas memori internal sebesar 16GB yang memungkinkan Anda untuk menginstall sekitar 11 aplikasi setelah diisi oleh software yang sudah ditanamkan pada hp sebelumnya yang tentunya membuat kapasitas internal 16GB berkurang. Namun tersedia juga slot micro SD yang mampu menampung hingga 128 GB.

Meski OnePlus X mengusung fasilitas dual sim, hal ini tetap tidak memungkinkan untuk Anda menggunakan kedua sim serta memory card sekaligus karena slot micro SD merupakan slot yang sama untuk sim.

 

OnePlus X : Konektivitas High-end

Dengan harga tidak terlalu tinggi yang ditawarkan, tentunya ada beberapa kelemahan. Jika disandingkan dengan OnePlus 2, OnePlus X tidak memiliki scanner fingerprint ataupun USB reversible tipe-C. Hal yang cukup disayangkan juga adalah OnePlus X tidak memiliki 11ac WiFi dan sensor NFC.

 

OnePlus X : Kamera

Kamera yang ditawarkan adalah kamera dengan resolusi 13 MP dengan LED flash. OnePlus X menangkap gambar dengan default ratio 4:3, begitu juga dengan kamera depan. Meski tidak memiliki fitur untuk menstabilkan gambar, kamera OnePlus X mengusung fitur auto focus. Hasilnya pun cukup baik namun tidak terlihat sebaik kamera lainnya yang juga memiliki resolusi 13 MP. Kamera depan memiliki resolusi 8MP namun hasil yang ditampilkan tidak terlalu tajam layaknya resolusi 8MP.

 

OnePlus X : Kesimpulan

OnePlus X merupakan smartphone dengan harga terbaik. Desain premium dan compact membuatnya tak kalah dari produk OnePlus lainnya. OnePlus menanamkan software yang baik dan Anda juga dapat merasakan tampilan layar yang tajam. Namun dengan harga menengah tentunya terdapat beberapa kekurangan seperti tidak adanya fitur NFC, 11ac WiFi, serta fitur fingerprint scanner dan USB tipe-C yang sudah diusung oleh OnePlus 2. Kinerja baterai terbilang standar dan kamera juga tidak memberikan hasil terbaik di kelasnya. Namun OnePlus X merupakan smartphone pilihan yang baik dalam pasar smartphone harga menengah keatas.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage