OnePlus One Review Spesifikasi & Harga

OnePlus One Review Spesifikasi & Harga — Para pemburu smartphone Android berspesifikasi tinggi patut berbahagia, pasalnya smartphone Android OnePlus One tampaknya tidak lama lagi akan masuk secara resmi ke Indonesia. Diliput dari website sertifikasi postel, OnePlus One ternyata telah lolos sertifikasi postel. Artinya tinggal menunggu beberapa tahap lagi untuk idola baru ini tersedia di toko-toko online maupun offline. Buat yang belum tahu ketangguhan smartphone asal Cina ini, berikut kami sajikan review, spesifikasi dan harganya OnePlus One ini.

 

oneplus one

beli sekarang

Setelah pasar Android ramai membincangkan mengenai Nexus 4, Nexus 5, Moto G dan Xiaomi Redmi, kini datang OnePlus One dengan layar 5,5 inci asal negri Cina. Artinya, OnePlus One menambah jejeran smartphone Android dengan spesifikasi tinggi namun harga yang sangat terjangkau. Memiliki spesifikasi tinggi artinya rival yang juga tinggi pula, disinyalir spesifikasi dan kualitas OnePlus One setara dengan ponsel-ponsel premium seperti HTC One M8 dan Samsung Galaxy S5, namun berbanderol harga hampir setengah rival-rivalnya tersebut, sekitar $349-$400 saja. Dengan harga terjangkau bagaimana dengan kualitasnya? Mari kita gali lebih detil.

 

Desain

  • Dimensi: 152.9 x 75.9 x 8.9 mm (6.02 x 2.99 x 0.35 in)
  • Bobot: 162 g (5.71 oz)

Dengan harga 3-4 jutaan, hal pertama yang ingin kita ketahui adalah built quality-nya dan desainnya, apakah sama saja dengan kebanyakan ponsel murah lain atau tidak? Meski hadir dengan harga terjangkau, OnePlus One sama sekali tidak terlihat layaknya ponsel seharga 3 jutaan. Sasis OnePlus One sangat elegan, bahan yang digunakan juga tidak terasa seperti plastik biasa, terasa solid, rapat, tidak ada celah terbuka dan terasa berat layaknya ponsel premium seharga 6-7jutaan. Ketebalan OnePlus One hanya 8.9 mm (0.35 inch), yakni lebih tipis dibanding HTC One M8. Dengan layar 5,5 inci namun dimensi 152.9 x 75.9 x 8.9 mm, jarak layar dengan bezel-bezelnya sangat tipis, membuatnya terlihat sangat modern! Berikut kami sajikan video quality test OnePlus One:

Layar

  • Type Layar: LTPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Pixel: 1080 x 1920 pixels, 5.5 inches (~401 ppi pixel density)
  • Multitouch: Up to 10 fingers
  • Proteksi: Corning Gorilla Glass 3

OnePlus One hadir dengan layar berteknologi IPS LCD seluas 5.5 inci resolusi 1080 x 1920 pixel dengan kerapatan ~401 ppi. Layar lebarnya ini dilindungi dengan dengan kaca yang kuat Corning Gorilla Glass 3. Berkat teknologi panel IPS LCD, OnePlus One memiliki warna layar yang lebih alami dan nyata dibandingkan dengan HTC One M8 dan Galaxy S5. Namun beberapa orang lebih menyukai layar dengan tingkat saturasi yang tinggi seperti Galaxy S5 atau Nexus 5. Jika Anda menyukai tipe layar seperti itu, OnePlus One memiliki firmware yang membuat Anda dapat mengatur tingkat color saturation, intensity dan contrast.

CPU, GPU, OS

  • OS: Android OS, v4.4.2 (KitKat), upgradable to v4.4.4 (KitKat)
  • Chipset: Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801
  • CPU: Quad-core 2.5 GHz Krait 400
  • GPU: Adreno 330
  • Cuxtom UI: CyanogenMod 11S
  • Memori External: 16/64 GB, 3 GB RAM
  • Baterai 3100 mAh

Too good to be true, namun OnePlus One yang berbanderol harga sangat terjangkau ini memiliki jeroan mesin smartphone tercepat yang ada saat ini, sekelas Galaxy S5 dan OPPO Find 7, bahkan lebih cepat!. OnePlus One dipersenjatai dengan 2.45GHz quad-core Snapdragon 801 (MSM8974-AC), 578MHz Adreno 330 GPU dan RAM 3GB. Sampai Snapdragon 805 keluar nanti, chipset yang digunakan pada OnePlus One ini merupakan yang terbaik saat ini. Lalu apa artinya ini untuk Anda? Artinya segalanya berjalan dengan cepat, lancar tanpa ada lag.

Layaknya ponsel premium yang mempertahankan desain yang minim slot atau tombol atau bagian belakang yang mudah dibuka, OnePlus One hadir tanpa slot memory external. Tersedia dua pilihan kapasitas yakni 16GB dan 64GB, perbedaan ini hanya memiliki selisih harga sedikit yakni $50. Tidak seperti smartphone premium lain yang akan menguras kantong $100-$200 untuk device yang berkapasitas lebih besar.

Ketangguhan kinerja OnePlus One ditenagai oleh kapasitas baterai yang besar pula yakni 3100 mAh (non-removeable). Sekedar innformasi, baterai OnePlus ini berkapasitas lebih besar jika dibanding baterai miliki Samsung Galaxy S5 dan HTC One M8. Dikutip dari engadget.com, baterai ini dapat bertahan 14-15 jam, termasuk sangat baik bagi ponsel seharga 4jutaan ini

Konektivitas

  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Bluetooth v4.1, A2DP
  • A-GPS, GLONASS
  • NFC
  • microUSB v2.0, USB Host

Tidak seperti budget phone Cina kebanyakan, One tidak memiliki fitur dual-SIM. Tentunya single sim OnePlus One juga sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE – koneksi internet super cepat yang telah tersedia pada beberapa provider tanah air. Selain itu sederet fitur koneksi juga lengkap tersedia seperti Wifi, hotspot, bluetooth, GPS, NFC dan microUSB.

Kamera

  • Kamera utama: 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED flash
  • Fitur: Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video: 2160p@30fps, 2160p(DCI)@24fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR, stereo sound rec.
  • Kamera Depan: 5 MP, 1080p@30fps

OnePlus One menggunakan kamera utama dengan sensor Sony 13-megapiksel dan memiliki aperture f/2.0 sehingga Anda bisa mendapatkan hasil foto maksimal pada ruangan gelap dan efek “bokeh” yang cantik. Kamera depan juga tidak kalah hebat, 5-megapiksel, sehingga OnePlus One sangat tangguh dipakai untuk foto selfie maupun video call.

Software kamera OnePlus One juga menarik, terdapat 3 tombol utama saat menggunakan kamera, yakni: shutter, toggle to video dan panorama. Pada bagian atas layar terdapat setting, scene dan tombol untuk memilih kamera depan atau kamera belakang.

Fitur perekaman video-nya juga tangguh karena dapat merekam video resolusi 4K dengan bit rate 20 Mbps. Tidak ketinggalan fitur slow motion, OnePlus One bisa merekam video slow motion 60fps pada 1080p dan 120p pada 720p! Sayangnya OnePlus ne belum memiliki optical image stabilization, namun developer telah mengakali hal ini dengan menghadirkan software yang membuat getaran menjadi lebih halus.

Kesimpulan

OnePlus One is too good to be true, harganya terjangkau, memiliki spesifikasi premium yang jauh diatas harganya. Desainnya elegan, terasa sangat solid serta performanya sangat halus. Jeroan mesinnya sama berkualitas, dengan harga yang terjangkau, bahkan Anda mesti mengeluarkan biaya hampir dua kali lipat untuk mendapatkan ponsel bermerek terkenal dengan spesifikasi sama atau dibawahnya.

Pada awal peluncurannya, OnePlus One hadir di 16 negara, diantaranya: Austria, Belgia, Kanada, Denmark, Finland, Prancis, Jerman, Hong Kong, Italy, Netherlands, Portugal, Spanyol, Swedia, Taiwan, Inggris dan AS. Belum diketahui berapa banderol harga OnePlus jika sudah meluncur di Indonesia, semoga tidak jauh dari harga globalnya yakni $299 untuk 16GB dan $349 untuk 64GB.

Black-Button White-Button

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage