Olahraga Sederhana ketika Ramadhan

Artikel ini di Submit Pada 2015/06/27 Oleh Nanda Novianti

 

Olahraga Sederhana ketika Ramadhan — Saat bulan ramadhan rata-rata orang malas atau enggan berolahraga dikarenakan rasa lemas akibat tidak makan dan minum padahal berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh tentunya wajib dilakukan agar tetap fit. Pastikan juga olahraga tidak mengganggu aktivitas beribadah selama ramadhan.

 

Ketika berolahraga selama bulan ramadhan, kita tak perlu repot-repot pergi ke gedung olahraga untuk sekedar bermain sepak bola, bulu tangkis dll. Kita cukup melakukan olahraga ringan di rumah supaya badan menjadi lebih bugar. Berikut beberapa olahraga ringan yang dapat kita coba di rumah:

 

  1. Yoga

Kita tak perlu pergi ke pusat joga cukup manfaatkan ruangan dirumah untuk melakukan yoga dengan gerakan sederhana. Kita bisa memakai kamar, ruang keluarga maupun taman di belakang rumah. Cukup gunakan matras bisa juga memakai karpet sebagai alas, lalu anda bisa memulai gerakan-gerakan yoga sederhana diatas alas yang anda pelajari melalui internet, youtube maupun pusat yoga. Bisa dilakukan sebelum tidur mapun setelah bangun tidur. Ada berbagai macam manfaat yoga yaitu menghilangkan stress atau menenangkan pikiran maupun mencegah depresi, mengendalikan diabetes, menyehatkan jantung dll.

 

  1. Sit Up dan Push Up

Sit up dan push up bisa dilakukan ketika pagi hari setelah sahur untuk menjaga kesehatan tubuh karena olahraga ini tak mengakibatkan kelelahan berlebih. Gunakan matras yang nyaman, anda bisa melakukanya di ruangan manapun di rumah anda asalkan anda merasa nyaman. Tak perlu terburu-buru melakukan sit up maupun push up karena akan mengakibatkan kelelahan hingga cedera. Jadi, lakukan secara santai dan rutin. Ada banyak manfaat olahraga ini yaitu sit up untuk kestabilan gerakan tubuh, menjaga keseimbangan, kesehatan, menjaga pencernaan dan peredaran darah. Sedangkan manfaat push up untuk membentuk otot tubuh, memperkuat otot perut, membantu kekuatan tulang, membentuk perut.

 

  1. Sepeda statis/sepeda fitness

Sepeda statis yaitu alat simulator sederhana berbentuk mirip sepeda yang bisa dikayuh seolah-olah orang sedang bersepeda tanpa harus kepanasan dan kehujanan atau terjatuh ketika menghindari banyak lubang di jalanan. Olahraga menggunakan alat ini sangat santai dan tak membosankan karena kita bisa sambil menyetel musik dan menonton tv sesuka kita dirumah, jika kita mempunyai alat ini di rumah maka gunakanlah ketika pagi hari maupun sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa. Alasan kita harus bersepeda ketika ramadhan ialah meningkatkan kebugaran sekaligus menurunkan berat badan, cocok untuk anda yang sedang diet ketika berpuasa.

 

  1. Treadmill

Treadmill adalah salah satu jenis olahraga yang biasa kita temukan di tempat gym atau bisa disebut pusat kebugaran, alat ini bisa disesuaikan kecepatanya tergantung kebutuhan penggunanya yaitu jogging, berjalan cepat bisa juga berlari cepat. Menggunakan treadmill dirumah kita akan terhindar dari buruknya cuaca diluar rumah, tempat jogging di luar biasanya ramai dan tidak terlalu nyaman tetapi ketika jogging dirumah menggunakan alat ini kita akan lebih aman dan santai bisa dilakukan saat sore hari. Biasanya treadmill ditempatkan di pojok ruangan keluarga maupun di kamar. Beberapa manfaat yang akan kita dapat jika menggunakan alat ini ialah membantu proses diet, penyembuhan sendi, dan menguatkan jantung.

 

Melakukan olahraga pagi setelah sahur dan sore sebelum berbuka tubuh akan tetap sehat dan dan bugar sehingga aktivitas lebih lancar walau sedang puasa. Ketika sahur dan berbuka perbanyak meminum air mineral karena sangat baik untuk kesehatan dan membantu mengeluarkan toksin serta mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh. Jangan sungkan berolahraga ketika berpuasa, Subhanallah! sungguh banyak nikmat dan manfaat ketika kita melakukan olahraga di bulan yang suci ini.

 

lomba-blog-ramadhan_1200x627 (1)

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage