Nokia Kenalkan Dua Lumia Terbaru

Nokia Kenalkan Dua Lumia Terbaru —┬áBertempat di New York pukul 09:30 waktu setempat, Nokia dan Microsoft menggelar konferensi pers untuk mengumumkan hadirnya perangkat Nokia terbaru yang telah mengadopsi Windows Phone 8 (WP8). Adalah Lumia 920 dan Lumia 820 yang sebelumnya sempat bocor ke dunia maya kini telah diperkenalkan secara resmi. Berikut spesifikasi kedua ponsel tersebut.

Nokia Lumia 920
Nokia Lumia 920 hadir dengan dimensi 13.0 x 7.08 x 1.07 cm dan berat 0.185 kg yang membuatnya sedikit lebih besar serta lebih berat dibandingkan dengan pendahulunya, Nokia Lumia 900. Handphone yang awal rilis hadir dengan pilihan 5 warna (kuning, merah, putih, abu-abu & hitam) ini memiliki penampang layar selebar 4.5 inci dengan kerapatan 720 x 1280 piksel berkedalaman 16 juta warna. Dilengkapi pula dengan teknologi PureMotion HD+ yang disebut ‘memberikan pengalaman yang lebih dari sekedar layar dengan resolusi HD’. Selain itu, teknologi Nokia ClearBlack juga ikut melengkapi tampilan layar agar tampil jernih walau berada di bawah paparan sinar matahari. Layar berteknologi IPS TFT kapasitif ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass sehingga layar tidak akan tergores dengan mudah.

Lensa Carl Zeiss masih setia menemani kamera Nokia Lumia 920 dengan kekuatan 8 MP ditemani oleh LED flash serta memiliki fitur autofokus, optical image stabilization, juga teknologi PureView. Sama seperti Nokia Lumia 900, 920 juga memiliki kamera kedua dengan besaran 1 MP yang dapat digunakan untuk mengambil gambar serta video call.

Hadir sebagai ponsel pertama yang dijalankan dengan OS Windows Phone 8, banyak orang menantikan bagaimana kinerja dari OS ini serta apa saja pengembangan dan peningkatan dari versi sebelumnya, Microsoft Windows Phone 7.8.

Ponsel yang mempercayakan prosesor kepada Qualcomm MSM8960 Snapdragon Dual-core berkekuatan 1.5 GHz ini sejatinya mampu berjalan pada jaringan 4G LTE 800/1800/2600/900/2100, namun belum ada kepastian apakah Nokia juga akan merilis Lumia 920 tanpa jaringan 4G untuk negara-negara yang belum mendukung jaringan 4G. Kecepatan yang mampu dicapai diantaranya HSDPA, 42 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; LTE, Cat3, 50 Mbps UL, 100 Mbps DL. Tersedia pula koneksi NFC untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dengan cepat dan akurat.

Nokia Lumia 920 juga memiliki keistimewaan tersendiri. Ponsel ini mampu mengisi daya tanpa menggunakan kabel yang dihubungkan dari sumber listrik ke port daya pada ponsel. Pada bagian dalam casing belakang ponsel sudah ditanamkan chip untuk melakukan Wireless Charging. Adalah teknologi Qi (dibaca: chee) yang mengintegrasikan daya ke dalam ponsel untuk mengisi daya. Qi dikembangkan oleh konsorsium yang didukung oleh banyak perusahaan untuk membuat Qi menjadi standar charging nirkabel bagi banyak perangkat di masa depan. Untuk saat ini, baru Virgin Atlantic dan The Coffee Bean & Tea Leaf yang telah siap menyediakan bantalan pengisi daya di setiap outlet mereka.

 

Nokia Lumia 820
Ponsel kedua yang diperkenalkan oleh Nokia adalah Nokia Lumia 820. Ponsel dengan berat 0.16 kg ini mengusung layar berukuran 4.3 inci dengan kerapatan 480 x 800 piksel berkedalaman 16 juta warna. Teknologi yang digunakan pada layarnya adalah AMOLED kapasitif dilengkapi dengan teknologi Nokia ClearBack yang mampu membuat layar mampu ditatap saat sedang berada di bawah sinar matahari.

Kamera yang ditanam sudah berkekuatan 8 MP menggunakan lensa Carl Zeiss Tessar dilengkapi dengan dual LED flash dan fitur autofokus serta dapat digunakan untuk merekam video beresolusi 1080p @ 30fps. Berbeda dengan Lumia 800, Lumia 820 telah dilengkapi dengan kamera depan walaupun masih beresolusi VGA. Kamera ini dapat digunakan untuk mengambil gambar serta melakukan video call. Semua hasil gambar dan video tersebut dapat disimpan ke dalam memori internal sebesar 8 GB yang telah dilengkapi dengan dukungan kartu memori eksternal yang dapat ditingkatkan hingga maksimal 32 GB.

Ponsel yang juga mengalami peningkatan dari segi prosesor ini menggunakan Qualcomm MSM8960 Snapdragon Dual-core berkekuatan 1.5 GHz. Berjalan dengan OS Windows Phone 8, nantinya ponsel ini akan hadir dengan beragam warna seperti hitam, abu-abu, merah, kuning, putih, biru dan ungu.

Campur Tangan Synaptics
Nokia dan Microsoft juga memperkenalkan teknologi terbaru yang ditanamkan pada layar kedua ponsel WP8 mereka, Synaptics ClearPad Super Sensitive Touch. Teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan Synaptics ini membuat ponsel Lumia mengenali dengan tepat setiap sentuhan walaupun pengguna menggunakan sarung tangan atau kuku jari mereka untuk mengoperasikan ponsel.

Teknologi ini dipastikan akan membuat mereka yang memiliki aktivitas di tempat dingin dan harus mengenakan sarung tangan tidak lagi kerepotan mambuka sarung tangan saat harus menjawab panggilan telepon. Begitu pula dengan mereka yang memiliki kuku panjang, tidak perlu melakukan gerakan aneh saat mengeksekusi ponsel dengan sentuhan jari.

“Kami sangat bersemangat ikut berpartisipasi dengan Nokia saat mereka memperkenalkan ponsel Windows Phone 8 mereka yang menggunakan teknologi terdepan. Synaptics dan Nokia telah bekerjasama sejak beberapa tahun silam dan kami sangat senang melanjutkan inovasi dengan diperkenalkannya ponsel ini.” seru Kevin Barber sang Senior Vice President dan General Manager dari Synaptics Handheld Division saat ditanya mengenai kerjasamanya dengan Nokia.

Hingga saat ini belum ada rilisan resmi dari Nokia berkaitan dengan hadirnya dua ponsel pertama yang mengusung Windows 8 tersebut. Pun belum ada waktu pasti kehadiran Lumia 920 dan 820. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda menanti kehadiran kedua ponsel ini? Tunggu kehadiran dua ponsel ini di sini.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage