Ngintip Lenovo A6000

Artikel ini disubmit oleh: Argha Nindi Premana Pada 13 Maret 2015

Seperti jamur di musim hujan, ponsel-ponsel murah berbekal koneksi 4G LTE mulai bermunculan. Lenovo, sebagai salah satu produsen ponsel yang mendunia, ikut unjuk gigi. Januari 2015 lalu, Lenovo meluncurkan produk baru berjuluk Lenovo A6000 yang desas-desusnya akan dibanderol dengan kisaran harga 1,5 – 2 jutaan. Let’s say big WOW!

Jika biasanya Lenovo seri A dengan 4 digit angka Lazadian jumpai dalam bentuk tablet, lain halnya dengan seri A6000 ini, karena ia adalah sebuah smartphone android berlayar 5 inchi. Daripada penasaran, langsung kita lihat yuk penampakannya.

 

Saya sih suka desainnya, Lazadian bagaimana?

Dengan dimensi 141 x 70 x 8.2 mm dan berat 128 gram, Lenovo A6000 akan cukup nyaman berada di genggaman. Dan layar 5 inchi-nya adalah ukuran ideal layar untuk tren smartphone saat ini. Secara fungsional juga dilengkapi dengan tombol power, tombol volume, port micro USB, lubang jack 3,5mm, tiga tombol sentuh di bawah layar, kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP. Secara bentuk, desainnya cukup clean dan minimalis. Tidak terlalu kotak, namun juga tidak terlalu melengkung di sudut-sudut sisinya. Bazel-nya tipis, meski masih ada sisa ruang di sisi atas dan bawah layar. Over all, okey lah ya!

 

Lazadian tanya kualitas layarnya?

Lenovo A6000 tampil dengan layar IPS 16 juta warna, dengan resolusi 720 x 1280 pixels, dengan kerapatan 294 ppi. Mungkin ada di antara Lazadian yang belum tahu, keunggulan layar tipe IPS (In Plane switching) adalah sudut pandangnya yang lebih baik dari layar tipe TFT, dan tampilan warna putihnya yang lebih natural dari layar tipe AMOLED. Wah, lumayan juga nih layarnya. Untuk kisaran harga yang sudah saya sebut tadi, tergolong istimewa deh. Bakal cocok nih untuk Lazadian yang gemar mengoleksi foto dan video di galeri.
Multitouch? Tentu saja iya! Dan untuk mengotak-atik ponsel ini, Lazadian akan dimanjakan dengan user interface khas Lenovo, dengan seri UI terbaru, Lenovo Vibe 2.0.

 

Ada break, Ada KITKAT!

Android memang primadona-nya operating system di dunia smartphone. Tapi kalau ada smartphone keluaran baru dan versi Android-nya terlalu using tentu nggak asyik juga dong? Untungnya nih, Lazadian, Lenovo A6000 hadir dengan nyawa Android Kitkat versi 4.4.4. Secara kinerja, tentu versi kitkat lebih smooth dari versi-versi sebelumnya. Hayoo, ada yang masih pakai Android versi Ice Cream Sandwich? Atau jangan-jangan masih Gingerbread nih? Saatnya update gadget kamu, Guys!

 

Lazadian suka main game? Boleh, boleh!

Ada gebrakan baru nih dari Lenovo. Kalau biasanya memakai chipset dari Mediatek, kali ini Lenovo membenamkan chipset dari Qualcomm untuk seri A6000 ini. Dan nggak tanggung-tanggung nih, Lazadian, karena chipset Qualcomm yang tertanam pada Lenovo A6000 ini adalah seri terbaru untuk kelas menengah, yaitu Snapdragron 410, dengan CPU Quad Core 1,2 GHz Cortex A-53, yang mendukung arsitektur CPU 64 bit. WOW! Cortex A-53 ini mempunyai performa yang lebih baik dari pendahulunya, Cortex A-7, dan bahkan hampir setara dengan Cortex A-9 yang biasanya disematkan pada smartphone flagship.

Untuk GPU-nya, Lenovo A6000 berbekal Adreno 306, dengan RAM 1 GB dan memori penyimpanan 8 GB. Dan semua itu ditenagai dengan baterai Li-Po berkapasitas 2300 mAh yang masih bisa dilepas. Jadi, untuk keperluan game, sepertinya bakal cukup mumpuni. Saya sempat kepo-in akun twitter @SobatHAPE yang katanya sempat menjajal ponsel ini. Akun itu menyebutkan bahwa tes AnTuTu Benchmark dari Lenovo A6000 ini menghasilkan skor 20412. Bukan hasil yang main-main untuk ponsel kelas 1,5 – 2 jutaan.

 

Internet lelet bikin browsing jadi pusing? Tenang, Lazadian!

Seperti yang saya sebut di paragraf pembuka, Lenovo A6000 ini dibekali koneksi 4G LTE, dengan kecepatan 150/50 Mbps. Di Indonesia sendiri, koneksi 4G LTE masih belum sempurna, tapi juga masih terus berkembang kok. Jadi, punya ponsel 4G LTE nggak bakal rugi deh. Ibarat sedia payung sebelum nari India hujan. Toh, di beberapa kota, 4G LTE sudah berjalan dengan baik.

 

Hangout bareng temen-temen, nggak seru dong kalau nggak foto-foto?

Untuk keperluan foto-foto, kamera belakang Lenovo A6000 yang beresolusi 8 MP 3264 x 2448 pixels, dengan autofocus dan LED flash, sepertinya sudah cukup. Fiturnya cukup lengkap, ada geo-tagging, touch to focus, burst mode, dan face detection. Untuk merekam video juga bisa.
Untuk selfie atau skype? Kamera depan 2 MP milik Lenovo A6000 ini mungkin bukan yang istimewa, tapi tidak terlalu buruk juga. Untuk di luar ruangan, gambar yang dihasilkan kamera 2 MP bisa cukup bagus kok.

 

Musik adalah hidupmu?

Buat Lazadian yang suka mendengarkan musik, ada teknologi Dolby Digital Plus, yang bisa menghasilkan suara surround digital lho di Lenovo A6000. Tidak hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan dual speaker. Kece badai ‘kan? Jadi nih, Lazadian bisa mendapatkan sensasi baru ketika mendengarkan musik atau memutar video.

 

Jadi bagaimana sih Lenovo A600 itu?

Dengan Lenovo A6000, Lazadian bisa mendapatkan ponsel LTE berlayar 5 inchi, ber-otak Quad Core yang mendukung arsitektur CPU 64 bit, kamera belakang 8 MP, kamera depan 2 MP, Android versi Kitkat 4.4.4, audio Dolby Digital Plus, dan baterai 2300 mAh, cukup dengan merogoh kocek 1,5 – 2 jutaan. Masih ragu?

Lazada

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage