Ngabuburit Without Money

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/13 Oleh NURMAWATI

 

Ngabuburit Without Money — Waktu kalau ditunggu terkadang terasa lebih lama,apalagi saat bulan Ramadhan nunggu bedug magrib alias nunggu buka puasa rasanya setengah abad. Dengan begitu orang yang berpuasa supaya tidak terasa nunggu waktu buka ,mereka pada ngabuburit. Ngabuburit pada bulan Ramadhan  memang menjadi trend khususnya di  Negara Indonesia tercinta ini J.

 

Kata /bahasa ngabuburit ini  berasal dari bahasa Sunda, artinya kurang lebih menunggu saat berbuka puasa. kata dasarnya adalah “burit” yang berarti sore,tapi kata burit lain makna ketika datang ke sumatera selatan khususnya lubuklinggau,karena kata burit merupakan kata yang jorok (just info),,tapi kalau untuk kata ngabuburit so semua orang tahu. sebenarnya tidak ada hubungannya dengan puasa jika dikaitkan dengan asal katanya. Burit berarti sore,Ngabuburit berarti menunggu sore, dan tadinya sih tidak harus bulan puasa saja. Karena buka puasa dilakukan di sore hari (maghrib) maka akhirnya ngabuburit pun dipersempit artinya menjadi: menunggu saatnya buka puasa.

 

Momen menanti adzan Maghrib ini dimanfaatkan dengan berbagai aktivitas.seperti jalan-jalan,dan cari tempat untuk buka puasa yang tentunya  menyediakan menu special.   Ngabuburit  pada dasarnya memiliki nilai positif,tetapi kalau ngabuburit Cuma sekedar jalan-jalan dan keliling pakai kendaraan tanpa tujuan yang jelas,itu hanya membuang bensin saja dan sedangkan kita tahu BBM lagi naik,Mencari tempat makanan yang enak atau jajanan untuk buka puasa terkadang mengikuti hawa nafsu perut saja,Beli ini itu tapi alhasil pas buka tidak dimakan dan jatuhnya mubazir.

 

Daripada ngabisin uang untuk beli bensin atau beli makanan yang gak dimakan mending kita ngabuburitnya kepada hal yang bermanfaat sekaligus bisa menghemat uang saku. berikut tips ngabuburit gratis without money/tanpa uang yang bisa dicoba selama Ramadhan ini:

 

  1. Baca Al-quran

Allah telah menjamin bagi siapa yang membaca Al Qur’an dan mengamalkan isi kandungannya tidak akan tersesat di dunia dan tidak celaka di akhirat. Dengan firman-Nya:

“…Maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” (Thaha: 123).

Janganlah seorang muslim memalingkan diri dari membaca kitab Allah, merenungkan dan mengamalkan isi kandungannya. Allah telah mengancam orang-orang yang memalingkan diri darinya dengan firman-Nya:

“Barangsiapa berpaling dari Al Qur’an maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar di hari kiamat.” (Thaha: 100).

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” (Thaha: 124).

Tips yang satu ini bisa dikatakan paling mujarab karena bisa menciptakan kedamaian hati,jika kita membaca alquran pada bulan Ramadhan pahala yang dijanjikan Allah SWT berlipat ganda.

 

  1. Membaca buku

untuk menghilangkan kejenuhan disaat puasa membaca buku juga bisa jadi untuk alternative,tentunya dengan kita membaca buku yang bermanfaat pengetahuan dan wawasan juga akan bertambah.

 

  1. Mendengarkan ceramah/lagu islami/orang ngaji

setelah membaca Al-Quran atau buku bisa diselingi dengan mendengarkan ceramah,lagu-lagu religi atau pun orang yang sedang ngaji dengan begitu kita dapat mendapat siraman rohani.

 

  1. Menulis

jika mempunyai keterampilan menulis apa salahnya sambil nunggu adzan magrib  coba menulis artikel,novel,cerpen,puisi. kemudian di share dimedia social,blog dll.

 

  1. Cari dana/Baksos

Tips terkhir jika kita bosan dirumah tidak ada salahnya jika sekali-kali kita keluar/hangout tentunya bukan sekedar keluar saja. kita keluar dalam rangka mencari dana untuk membantu orang-orang yang ekonominya kurang memadai. pertama-tama kita cari teman/organisasi yang akan membantu rencana kita.setelah teman dan dana terkumpul baru kita melakukan baksos atau buka bersama dengan anak yatim.

 

oke itulah tips ngabuburit gratis/without money,cukup simple dan mudah dilakukan kan..Semoga bermanfaat dan menjadi insfirasi bagi pembaca.

 

Lazada-blog-finalist125

 

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage