Ngabuburit Bermanfaat Saat Liburan Sekolah di Bulan Ramadhan

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/08 Oleh Mayang Intan Triastuti

 

Ngabuburit BEermanfaat Saat Liburan Sekolah di Bulan Ramadhan — Bulan Ramadhan bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Kenapa? Karena bulan ini merupakan kesempatan emas buat memperbanyak ibadah. Terutama buat mereka-mereka yang selama ini kurang ibadahnya, eh? Kenapa kesempatan emas? Karena kalau kamu ngelakuin hal-hal baik di bulan ini maka pahalamu bisa dilipatgandakan. Kan lumayan tuh buat tabungan masuk surga.

 

Well, bulan ramadhan ini tentu identik dengan puasa wajibnya kan ya. Nah yang jadi masalahnya tuh kadang anak-anak muda jaman sekarang suka mengeluh dengan puasa. Ya meskipun nggak semuanya, tapi kebanyakan bagi mereka yang tidak biasa puasa memang suka nggak tahan. Jadi mereka pasti cari-cari cara biar puasanya nggak terasa, tiba-tiba udah adzan magrib gitu. Masih mending kalau pas hari sekolah, kan berangkat pagi pulang sore, istirahat bentar terus udah magrib deh. Nah kalau pas udah hari liburan sekolah? Apalagi kalau liburannya nggak bisa keluar jauh dari rumah gara-gara nggak ada kesempatan yang pas. Pasti bosan banget kan ya, waktu terasa begitu lama.

 

Nah ini ada beberapa hal yang patut kamu coba saat ngabuburit biar ramadhanmu berkesan, nggak ngebosanin, dan pastinya bermanfaat ^_^

 

  1. Tadarus

Ramadhan saat yang tepat buat mengkhatamkan 30 juz Al-Quran, apalagi kalau pas hari libur sekolah. Memang 30 juz itu kelihatan banyak banget, tapi nggak susah kok kalau kamu benar-benar niat. Biar terasa ringan kamu bisa mencicilnya dengan membaca beberapa halaman tiap selesai sholat wajib. Jadi nggak perlu ngoyo, sob. Nah biar kamu makin semangat, kamu bisa berlomba dengan temanmu buat lebih dulu mengkhatamkan Al-Quran. Kan bagus juga kalau berlomba-lomba dalam kebaikan. Tapi ingat niat utamanya bukan buat gaya-gayaan, tetap buat ibadah ya guys.

 

  1. Belajar

“Puasa badan lemes, libur sekolah enaknya males-malesan”. Terkadang kalimat seperti itu juga ada yang mampir di pikiran para remaja loh. Tapi buang jauh-jauh deh pikiran seperti itu. Dengan adanya liburan sekolah kan waktu ngabuburit kita semakin banyak, nah itu bisa jadi waktu yang tepat buat kalian belajar yang santai. Belajar sendiri atau kelompok, sesuaikan dengan gaya belajar yang pas buat dirimu ya. Lumayan kan kalau pas udah masuk sekolah lagi bisa tambah ilmunya, entah itu ilmu pelajaran sekolah ataupun ilmu agama. Yang jelas ilmu yang bermanfaat ya!

 

  1. Nyalurin Hobi

Nah yang satu ini cukup menarik juga buat kalian yang punya hobi. Ramadhan yang bertepatan dengan liburan sekolah ini bisa jadi waktu buat nyalurin hobimu. Misalnya aja buat kamu yang hobi masak, kamu bisa bereksperimen nyiapin menu berbuka puasa yang pas buat keluarga dan teman. Dan buat yang hobi menulis, kamu bisa kirim tulisan-tulisan kamu di event-event menulis, cerita kamu menjalani puasa ramadhan bisa jadi topik yang pas buat kamu ikutin lomba. Hobi-hobi yang lain juga tetap bisa berkesan dilakuin pas ramadhan kok guys. Pintar-pintarnya kita bikin situasi yang nyaman ya!

 

  1. Berbagi dengan Sesama

Ini hal yang terkadang jarang dilakuin namun sebenarnya kalau dilakuin pahalanya besar banget loh! Yups, berbagi dengan sesama. Kita hidup nggak sendirian sob. Rejeki yang kita punya tuh juga titipan dari Allah. Alangkah baiknya kalau kita bagi dengan mereka yang kurang beruntung. Biar berbagimu lebih berkesan, kamu bisa mengajak teman-temanmu juga ya. Berbagi bukan hanya uang loh, kamu bisa berbagi takjil, makanan berbuka, dan makanan sahur ketika ramadhan ini. Memberi makan orang yang berpuasa itu baik banget loh di mata Allah.

 

Nah beberapa cara di atas bisa kamu coba ya guys. Selamat mencoba ! ^_^

 

Lazada-blog-finalist125

 

 

 

 

 

 

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage