Nah! Ini Dia 5 Kiat Semangat Pagi bagi Pegawai di bulan Ramadhan

Artikel ini di Submit Pada 2015/06/30 Oleh Andi Zulfikar

 

Nah! Ini Dia 5 Kiat Semangat Pagi bagi Pegawai di bulan Ramadhan — Berpuasa di bulan Ramadhan bukanlah alasan untuk malas-malasan bekerja. Bahkan sebaliknya, berpuasa seharusnya menjadi alasan untuk tetap produktif. Produktif dalam arti kita berupaya bekerja dengan sebaik-baiknya tanpa meninggalkan ibadah-ibadah yang diperintahkan.

 

Pagi hari adalah hal yang paling sulit bagi pegawai untuk memulai bekerja. Alasannya kebanyakan karena masih merasa merasa lelah dan mengantuk. Kebiasaan yang berubah hingga jam tidur yang berkurang, bisa jadi menjadi alasan untuk malas-malasan bekerja. Hal itu bisa berakibat kurang baik. Bisa jadi kita dimarahin bos karena malas bekerja, pekerjaan yang tidak selesai, atau malahan target-target kantor malah tidak tercapai.

 

Oleh karenanya, penulis akan berbagi kiat agar tetap semangat di pagi hari selama bulan Ramadhan. Sudah tidak sabar untuk mengetahuinya bukan? Nah, ini dia 5 kiat tetap semangat pagi bagi pegawai di bulan ramadhan :

 

  1. Jangan tidur setelah shalat subuh

Tidur setelah shalat subuh adalah kebiasaan yang tidak dianjurkan baik dari segi agama maupun dari segi kesehatan. Dari segi ajaran agama, tidur setelah shalat subuh akan mengakibatkan kita kehilangan keberkahan di pagi hari dan menyebabkan kemalasan. Bahkan menurut Ibnul Qayyim Al Jauziyah tidur di pagi hari adalah salah satu sebab penghalang rezeki.

Bagi kesehatan, tidur pagi ternyata berakibat buruk. Bila telah menjadi kebiasaan, hal ini dapat mengakibatkan kita terserang beragam penyakit. Penyakit-penyakit tersebut misalnya diabetes, obesitas, depresi dan penyakit jantung. Dengan menghindari tidur pagi, insya Allah imunitas tubuh kita akan lebih terjaga.

 

  1. Berolahraga ringan

Sebelum berangkat ke kantor, ada baiknya kita melakukan olahraga ringan. Olahraga yang dimaksud adalah pemanasan, stretching ataupun menikmati udara pagi sambil berjalan-jalan. Asalkan tidak berlebihan, olahraga ringan ini akan membuat kita lebih semangat menjalani pagi.

 

  1. Berangkat lebih pagi ke kantor

Bayangan pekerjaan kantor yang berat akan membuat semangat kita berkurang apabila kita terlambat sampai ke kantor. Berangkat pagi adalah solusinya! Dengan berangkat pagi kita mendapatkan banyak keuntungan.

Keuntungan tersebut misalnya terhindar dari macet dan terburu-buru di jalan. Jalan yang macet membuat kita sangat frustasi hingga semangat bekerja berkurang. Semakin pagi kita bekerja, maka kemacetan akan semakin berkurang. Jalan pagi tanpa kemacetan akan membuat pikiran lebih segar. Keuntungan lainnya dari berangkat lebih pagi adalah kita bisa meluangkan waktu pagi di kantor sebelum jam kerja untuk melakukan beragam aktivitas yang bermanfaat. Aktivitas tersebut misalnya membaca buku, koran ataupun bersosialisasi dengan teman kantor.

 

  1. Persiapkan daftar dan target pekerjaan

Agar kita merasakan semangat di pagi hari, maka sebelum bekerja kita harus membuat daftar dan target pekerjaan. Daftar dan target pekerjaan tersebut bisa kita tempelkan di meja kerja sebagai pengingat. Perlu sedikit tambahan keceriaan dalam daftar dan target pekerjaan tersebut. Misalnya kita membuat daftar dan target pekerjaan dengan kertas yang berwarna-warni. Kita juga bisa menuliskan kalimat motivasi sebagai penyemangat di kertas tersebut.

Daftar dan target pekerjaan tersebut dimulai dari yang paling prioritas. Pekerjaan yang belum selesai kemarin, harus segera diselesaikan. Pekerjaan yang mempunyai jangka waktu harus menjadi prioritas sehingga tidak membuat kita terburu-buru waktu. Pekerjaan yang paling berat juga harus menjadi prioritas, karena pekerjaan tersebut bila semakin lama ditunda akan semakin berat.

 

  1. Yang paling penting, niatkan bekerja sebagai ibadah

Bekerja sesungguhnya adalah ibadah bila diniatkan dengan mengharapkan pahala dari Allah Azza wa Jalla. Bekerja keras dalam mencari nafkah halal adalah hal yang disukai oleh Allah dan Rasul-Nya. Beberapa hadits mengabarkan tentang keutamaan bekerja terlebih lagi bila itu untuk menafkahi keluarga. Nabi Muhammad Shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang maknanya kurang lebih sebagai berikut : “Satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, dibandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar.” Insya Allah, bila pekerjaan diniatkan ibadah maka semangat kita akan tetap terjaga di pagi hari.

 

Itu dia lima kiat semangat pagi bagi pegawai di bulan ramadhan. Semoga dengan mempraktekkannya dan menganggap pekerjaan sebagai amanah, maka kita akan akan mendapatkan kemudahan di dunia dan akhirat. Semoga pula kita mendapatkan predikat bertakwa sebagai hal yang kita harapkan. Amin!

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage