Muliakan Waktu Ngabuburitmu

Posting Ini Di Submit Oleh: Manshuri Yusuf – Juli 2014

Muliakan Waktu Ngabuburitmu — Bicara tentang bulan Ramadhan tentu tak bisa dilepaskan dengan tradisi ngabuburitnya. Istilah ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda dengan akar kata “burit” yang artinya sebuah representasi waktu yang menunjukkan mulainya malam hari. Nah, sekarang istilah ngabuburit sudah dipakai oleh semua orang yang mengartikannya sebagai kegiatan mengisi waktu sampai tiba saatnya berbuka puasa.

Trend yang hampir menjadi tradisi di bulan Ramadhan ini, tentu saja diwarnai dengan aktivitas yang sangat beragam, dari kegiatan-kegiatan yang membawa manfaat hingga kegiatan-kegiatan yang mengarah ke hal yang negatif.

Apalagi stigma ngabuburit yang melekat bagi kawula muda ya tidak jauh-jauh dari nongrong, jalan-jalan, hingga main petasan. Jangan sampai ibadah puasa kamu jadi sia-sia, hanya tinggal lapar dan hausnya saja lantaran pahalanya kosong karena salah pilih aktifitas. Nah, supaya waktu ngabuburitmu tidak menjadi sia-sia dan supaya waktu ngabuburitmu menjadi lebih bermakna. Nah, beberapa aktivitas yang pas buat mengunggu bedug maghrib berbunyi diantaranya adalah

1. Tadarusan

Daripada kamu menunggu buka puasa dengan yang tidak-tidak, kenapa tidak mengisinya dengan tadarusan Al-Qur’an saja. Syukur-syukur kalau bisa sampai One Day One Juz, apalagi kalau bisa lebih, supaya bisa khatam 30 Juz pas lebaran nanti.

2. Bantuin Emak Masak

Ini bukan cuman untuk anak cewek aja ya, tapi juga berlaku buat anak cowok. Kasian tuh emak sampai kelelahan masakin makanan buat kamu, tapi kamunya cuek bebek enak-enakan tidur, sambil ngorok pula.

Selain mengurangi beban emak dan menambah suasana kehangatan keluarga, kamu juga bisa sekalian belajar memasak, malu dong masa badan sudah gede tapi masih saja belum bisa masak sendiri.

3. Jualan

Menunggu merdunya adzan maghrib berbunyi sambil mengisi dompet, keren banget kan. Apalagi kalau yang dijual adalah ta’jil, bisa jadi incaran yang bonafit buat dompet kamu. Tapi juga jangan sampai karena keasikan melayani permintaan pembeli, kamu malah jadi lupa buka puasa.

4. Bantu bantu menyiapkan ta’jil di mesjid

Buat kamu yang statusnya seringkali jadi PPT (Para Pemburu Ta’jil), kalau biasa kamu cuman jadi tukang habisin ta’jilnya aja, kini supaya lebih keren lagi kamu bisa berubah menjadi PPPT (Para Pembantu Persiapan Ta’jil).

Selain kamu dapat pahala membantu buka puasa orang lain dan mengisi waktu kosong sembari mengunggu waktu buka puasa, kamu juga berkempesatan mendapatkan bonus ta’jil tambahan dari pak marbot yang baik hati.

Dan masih banyak aktivitas-aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan. So, jangan sampai kamu malah mengisi waktu berbuka dengan hal-hal yang membawa keburukan apalagi kemudhoratan, saatnya segera muliakan waktu ngabuburitmu dengan hal-hal membawa manfaat. Selamat menunggu suara merdu adzan maghrib 🙂

stamp-Blog-Finalist-02


PROMOTION

homepage