Muda Berkarakter Dengan Kegiatan Ramadhan

MUDA BERKARAKTER DENGAN

KEGIATAN RAMADHAN

Oleh : Mia Fatma Shella

“Dalam bulan biasa, pahala setiap kebajikan dilipatgandakan 10 kali lipat, namun dalam bulan Ramadhan pahala amalan wajib dilipatgandakan 70 kali lipat dan amalan sunah disamakan dengan pahala amalan wajib di luar Ramadhan.”

(HR Muslim)

            Rasullulah telah bersabdah bahwa kebaikan yang dilakukuan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan. Jadi, alangkah baiknya jika kita dapat memanfaatkan Ramadhan ini sebagai ajang lomba dalam kebaikan. Salah satunya menjadikan Ramadhan sebagai ajang silaturahmi.

Silaturahmi dapat mempererat tali persaudaraan. Dengan silaturahmi kita dapat menyebarkan kebaikan, pengetahuan, wawasan, dan pengalaman. Silaturahmi tidak selalu diartikan mengunjungi rumah untuk menemui pemiliknya. Tapi, silaturhmi juga dapat diartikan sebagai ajang saling memaafkan, bekerjasama untuk tujuan kebaikan.

Kerjasama dalam hal kebaikan di bulan Ramadhan erat halnya dengan organisasi bernuansa islami. Contoh organisasi bernuansa islami adalah Remaja Islam atau Remaja Masjid. Didalam organisasi ini remaja dapat mengapresiasikan diri, melatih kerjasama dalam kelompok, serta melatih jiwa kepemimpinan remaja. Karena Allah S.W.T menciptakan manusia sebagai Khalifah fil Ardhi   yaitu pemimpin di muka bumi.

 

Mengaprsiasikan diri

            Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Di bulan ini pahala kebaikan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa: “apabila anak adam mati maka terputuslah amalannya kecuali tiga amalan shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang sholih.”(HR. Muslim). Dalam hal ini seorang remaja dapat menilai kemampuannya dengan mengajarkan ilmu agama yang telah ia ketahui kepada orang lain. Orang lain yang dimaksud dalam konteks ini adalah orang yang lebih muda, atau teman sebaya yang belum mengetahui ilmu tersebut. Jadi, tidak ada kesan mengurui terhadap orang yang lebih tua.

Ilmu yang dapat kita ajarkan kepada adik-adik yang lebih muda adalah ilmu membaca Al-Quran. Kita dapat membuka TPQ Ramadhan setiap sore dan dilanjutkan buka bersama. Jadi, tidak hanya bertadarus di bulan Ramadhan tetapi kita juga dapat menyebarkan agama Allah dengan mengajari adik-adik kita membaca Al-Quran.

 

Melatih Kerjasama dalam Kelompok

Organisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kelompok kerja sama antara orang-orang, yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Penjelasan tersebut mengartikan bahwa sebuah organisasi membutuhkan banyak orang. Oleh karena itu, seseorang harus belajar mengendalikan diri, menerima pendapat orang lain, dan cara bermasyarakat dengan baik.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan dimana Al-Qur’an diturunkan. “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an.”(Al-Baqarah 185). Malam diturunkannya Al-Quran disebut malam Nuzulul Qur’an. Orang-orang muslim biasanya sangat antusias untuk menyambut malam Nuzulul Qur’an. Mereka mengadakan pengajian atau tadarus di malam hari.

Dalam hal ini remaja dapat memanfaatkannya menjadi sebuah sarana yang baik untuk melatih kerjasama. Mereka dapat menjadi panitia dalam acara Nuzulul Qur’an. Mereka dapat mengembangkan sikap bermasyarakat dengan baik. Tidak hanya mendapat keuntungan di dunia. Tetapi, mereka juga mendapat pahala karena telah mengajak orang-orang untuk menjadi lebih baik.

 

Melatih Jiwa Kepemimpinan Remaja

            Telah dijelaskan bahwa di bulan Ramadhan banyak momen yang dapat di gunakan untuk menyebarkan kebaikan. Dalam sebuah organisasi tentu terdapat struktur organisasi. Organisasi yang baik tentu mempunyai para pemimpin yang baik pula. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang adil. “Penduduk surga ada tiga golongan: penguasa yang adil, bersedekah dan mendapat taufik, dan seorang yang pengasih, berhati lembut kepada setiap kerabat dan setiap muslim, seorang yang miskin dan memelihara kehormatannya (merasa cukupdengan apa yang ada), dan memiliki keluarga ”(HR. Imam Muslim). Tidak hanya adil tetapi bertanggung jawab serta jujur.

Jadi, kita dapat memanfaatkan bulan yang penuh berkah ini. Karena di bulan ini banyak terdapat hikmah dan pelajaran yang baik.

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage