Menjemput Keberkahan Ramadhan bagi Ibu Hamil/Menyusui

Posting Ini Di Submit Oleh: Siti Latifah – Juli 2014

Menjemput Keberkahan Ramadhan bagi Ibu Hamil/Menyusui — Alhamdulillah tahun ini kita diberi kenikmatan oleh Allah SWT berjumpa dengan ramadhan, bulan dimana pahala dilipatgandakan, dosa-dosa diampuni dan doa-doa diterima. Bulan ramadhan juga bulan diturunkannya Al-Qur’an (Syahrl Qur’an) Banyak kemularriaan yang diberikan pada seseorang yang memperbanyak interaksi dengan Al-Quran baik dengan bertadarrus, menghafal, atau mempelajarinya melalui majelis ilmu.

Doodle-Ibu-mengandung-kuning

Bagaimana dengan ibu hamil/menyusui?

Hamil dan menyusui juga bagian dari perjuangan dan ibadah lho..menjalaninya di bulan ramadhan dengan ikhlas insyaallah akan mendapat banyak keberkahan dari Allah untuk kita, si kecil juga keluarga. Ada beberapa tips yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalalaman menjalani masa kehamilan dan menyusui, diantaranya:

  1. Niat. Segala perbuatan tergantung niatnya. Niatlah menjalani puasa karena Allah. Allah yang memberi kekuatan maka mintalah kekuatan dan kesehatan utk menjalani puasa pada Allah.
  2. Siapkan stamina. Pada kehamilan trimester kedua dan ketiga biasanya ibu hamil cukup kuat menjalani puasa namun tergantung individu masing-masing. Mintalah saran pada ahli kesehatan (bidan/dokter) yang menangani, termasuk vitamin, suplemen dan makanan yang harus dikonsumsi. Hal ini juga berlaku bagi ibu menyusui.
  3. Tetaplah bergerak dan olahraga ringan. Ingatlah, jika ibu semangat maka janin juga ikut semangat. Olahraga penting untuk membuat badan tetap fit. Jangan bermalas-malasan. Istirahatlah pada waktu yang tepat seperti siang hari atau malam hari.
  4. Jangan lewatkan kemuliaan ramadhan. Terutama bagi ibu hamil, banyaklah membaca AL-Qur’an Surat Yusuf dan Maryam. Banyak bertadarrus hingga khatam. Hiasilah mata dengan melihat hal-hal yang baik, seperti melihat tilawah, pengajian, hiasi telinga dengan suara yang baik. perdengarkan bayi/janin kita ayat-ayat Al-Qur’an dan sholawat, hiasi lisan kita dengan Al-Quran dan ucapan yang baik. Terus memuji Allah dan mendoakan kebaikan dan kemuliaan untuk janin/anak kita. Banyaklah berdoa, berdoa, dan berdoa untuk kebaikan bayi suci yang Allah amanahkan untuk kita.
  5. Menurut berbagai riwayat, apabila seorang perempuan mengandung dalam rahimnya, maka beristighfarlahpara malaikat untuknya. Allah SWT mencatatkan baginya setiap hari dengan 1,000 kebaikan dan menghapuskan darinya 1,000 kejahatan. Wanita yang bersalin akan mendapat pahala 70 tahun shalat dan puasa, serta setiap kesakitan pada 1 uratnya Allah SWT mengkurniakan 1 pahala haji.Wanita yang memberi minum air susu (ASI) kepada anaknya dari dirinya sendiri akan mendapat 1 pahala pada tiap² tetes susu yang diberikannya.
  6. Mengkonsumsi madu dan sari kurma juga baik terutama untuk ibu menyusui dan ibu hamil pada trimester terakhir.
  7. Tidak memaksakan diri, untuk kebaikan ibu dan bayi bisa membatalkan puasa dan menggantinya dihari lain. Hal ini saya alami saat bayi saya diare karena begitu nifas selesai saya langsung puasa.
  8. Komunikasikan dengan suami tentang kondisi kita, sebagai ayah/calon ayah suami juga perlu memperbanyak ikhtiar dan ibadah. Anak yang baik lahir dari orang tua yang baik.

Selamat berpuasa, mari menjemput kebaikan dan keberkahan ramadhan. Semoga Allah menerima puasa kita 🙂

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage