Mengisi waktu libur dengan KURMA (Kebaikan untuk Rayakan Ramadhan)

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/04 Oleh Andre Novian Megantara

Mengisi waktu libur dengan KURMA (Kebaikan untuk Rayakan Ramadhan) — Mengisi waktu libur dengan KURMA (Kebaikan untuk Rayakan Ramadhan) — Assalamu’alaikukum wr.wb. Marhaban ya Ramadhan! Alhamdulillah, atas rahmat dan karunia dari Allah SWT. sampai saat ini kita masih diberikan umur untuk berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan dan diberikan kesehatan untuk dapat menjalankan puasa di bulan suci yang penuh akan keberkahan ini.

Seperti yang kita semua ketahui, khusus di bulan Ramadhan ini banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk menebar kebaikan demi menuai pahala yang berlipat ganda. Selain menjalankan kewajiban seperti berpuasa, zakat, dan sholat 5 waktu, umat muslim juga menjalankan amalan sunnah seperti sholat tarawih di masjid dan hal-hal kebaikan lainnya. Dengan segala amalan dan kebaikan yang dilakukan itulah yang membuat bulan Ramadhan terasa istimewa di setiap tahunnya.

 

Namun ada yang berbeda di tahun 2015 (1436 H) ini, tidak hanya terasa istimewa, Ramadhan kali ini juga terasa sangat spesial bagi para pelajar di Indonesia. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bulan Ramadhan yang bertepatan dengan waktu liburan mereka yang sangat panjang. Mereka merasa senang dengan momen seperti ini dikarenakan dapat menjalankan satu bulan puasa penuh di rumah dan menghabiskan waktu Ramadhan dengan keluarga tercinta hingga waktu kemenangan (hari Idul Fitri) tiba.

 

Namun selain merasa senang, kadangkala momen seperti ini juga dirasa kurang sesuai dengan harapan mereka. Mereka merasa sedikit kecewa karena tidak dapat bermain sepuasnya dengan teman-teman selama seharian penuh demi menghemat tenaga hingga waktu berbuka puasa tiba. Selain itu, mereka cenderung melakukan hal yang itu-itu aja tiap harinya. Seperti menonton televisi, tidur, nge-game, dan bersosial media yang kurang bermanfaat. Hal inilah yang hanya dapat mereka lakukan untuk menghalau rasa bosan mereka.

 

Bukankah mereka lebih baik melakukan hal-hal yang positif? Mengingat saat ini merupakan bulan Ramadhan, mereka semua hendaknya mengejar keberkahan yang berguna bagi orang di sekitarnya. Nah, bagi kamu yang sekarang sedang menikmati masa libur dan merasa bosan, berikut saya menawarkan salah satu tips yang patut kalian coba untuk mengisi waktu libur kalian dengan KURMA. Apa itu KURMA? Semacam buah yang rasanya manis sebagai pembuka hidangan waktu berbuka puasa? Hehehe. Jangan mikir makanan dulu ya soalnya waktu berbuka puasa masih lama 😀

 

Sebenernya KURMA merupakan singkatan dari Kebaikan untuk Rayakan Ramadhan. KURMA ini merupakan semacam komunitas yang dibentuk pada bulan Ramadhan dengan tujuan agar para anggotanya melakukan segala bentuk kebaikan untuk merayakan Ramadhan. Nah, pas banget kan bagi kamu yang merasa bosan dengan waktu liburanmu? Iya kan? Oleh karena itu alangkah baiknya apabila kamu juga mengajak teman seusiamu yang berada di sekitar lingkungan tempat tinggalmu untuk saling bekerja sama dalam membentuk komunitas KURMA ini dan menjalankannya secara bersamaan. Bukankah kalau banyak temen itu tambah seru?

 

Agar dapat terorganisasi dengan baik, tentu komunitas KURMA ini memiliki sejumlah kegiatan kebaikan yang akan dilakukan selama bulan Ramadhan. Dan mengingat dalam setiap kegiatan pasti membutuhkan sejumlah dana, kamu dan temenmu bisa saling iuran sebagai biaya anggota untuk kebutuhan komunitas KURMAmu ini sebagai langkah awal. Namun selain iuran anggota, kamu juga bisa mengadakan semacam bazar yang bernama ZAM-ZAM (Bazar Murah, Bazar Meriah). Jadi bagi kamu dan temenmu yang punya barang yang sudah tidak digunakan, daripada mubazir lebih baik dijual saja di bazarmu ini. Barang yang disediakan harus masih memiliki nilai ekonomis dan dijual dengan harga yang pantas. Mungkin saja ada orang yang tertarik untuk membeli barang lamamu itu dan kamu pun bisa mendapat sejumlah uang.

 

Nah, setelah semua uang terkumpul itulah yang disebut sebagai dana komunitas KURMA yang digunakan untuk biaya dalam menjalankan program nantinya. Langkah selanjutnya adalah merencanakan terlebih dahulu apa saja yang ingin kalian lakukan untuk menebar kebaikan kepada orang lain di bulan Ramadhan ini. Kalian harus bisa menyesuaikan uang yang didapat dengan program kebaikan yang akan kalian jalani nantinya. Berikut beberapa program kegiatan yang mungkin dapat dijadikan sebagai referensi bagi kalian untuk program KURMA yang akan dijalankan nantinya. Program kegiatan kebaikan tersebut antara lain:

 

  • CADAR (Ceramah dan Tadarus Bersama). Ingin membuat suasana masjid menjadi rame di setiap waktu Ramadhan? Mungkin kamu bisa mengundang semua orang di lingkungan tempat tinggalmu untuk ikut ceramah dan tadarus bersama. Kamu bisa jadikan program kegiatan kebaikan ini sebagai program rutin dalam bulan Ramadhan setiap harinya. Tentu banyak keuntungan yang bisa didapat dengan mengikuti ceramah dan tadarus bersama ini. Selain bisa saling bersosialisasi dengan sesama warga, program ini juga dapat menghindarkan telinga dan lidah kita dari hal-hal yang tidak berguna di bulan Ramadhan ini.
  • LAZADA (Lomba Adzan dan Dakwah). Ingin mengadakan acara yang seru? Mungkin salah satunya adalah dengan ngadain lomba adzan dan dakwah buat anak-anak kecil di sekitar lingkungan tempat tinggalmu. Kamu bisa jadikan masjid di tempat tinggalmu sebagai tempat berlomba. Dalam setiap perlombaan pun tentu ada reward yang diberikan. Untuk itu kamu dan temanmu bisa menggunakan dana komunitas KURMA untuk membeli semacam hadiah yang sekiranya berguna bagi para peserta lomba. Mungkin juga sebaiknya kamu bersosialisasi dengan ketua RT/RW tempat tinggalmu mengenai rencana lomba yang diadakan ini agar dapat dukungan darinya baik berupa dukungan materiil atau yang lain.
  • GITARIS (Bagi Takjil Gratis). Ingin melakukan kebaikan sebelum waktu berbuka puasa? Mungkin kamu bisa rencanain untuk bagi-bagi takjil gratis kepada warga yang membutuhkan. Rencanakan dengan temanmu tempat mana yang akan dijadikan pos pembagian takjil. Kamu bisa pilih tempat yang ramai dimana orang berlalu lalang seperti di alun-alun, masjid besar, atau pinggir jalan. Untuk takjil, selain dengan beli pake dana komunitas KURMA, kamu juga dapat menerima bantuan dari orang lain yang mau menyumbang takjil kepada program yang sedang kamu lakukan ini.
  • SALAM (Sedekah untuk Selamanya). Lebaran merupakan saat-saat yang ditunggu oleh semua orang? Iya kan? Biasanya banyak orang yang mempersiapkan segala hal di waktu hari kemenangan tiba. Seperti baju baru, perlengkapan sholat baru, dan segala macam jenis kue. Namun seperti fakta yang ada, tidak semua orang beruntung untuk bisa merayakan lebaran dengan segala hal yang baru. Nah, dengan momen seperti ini kamu dan temenmu bisa menyumbang baju, sarung, atau peci lamamu yang sudah tidak terpakai lagi untuk kamu sedekahkan kepada orang lain yang membutuhkan. Kamu dan temenmu juga bisa mengajak orang lain di sekitar tempat tinggalmu untuk ikut menyumbang. Kamu juga bisa menggunakan dana komunitas KURMA untuk disedekahkan kepada mereka yang kurang beruntung. Dari seluruh hasil sedekah yang didapat, kamu bisa bagikan kepada orang lain yang membutuhkan atau ke panti asuhan yang ada di daerah wilayahmu agar mereka juga turut berbahagia merayakan Lebaran dengan barang yang kamu beri. Insyaallah apabila kamu ikhlas bersedekah dan membuat orang lain senang, kamu akan mendapat banyak keberkahan di bulan Ramadhan ini.

 

Mungkin hal-hal diatas merupakan segelintir kegiatan kebaikan yang dapat kamu lakukan dengan komunitas KURMAmu ini. Kamu juga bisa memakai pemikiran ide kreatifmu untuk menciptakan program kebaikan yang baru. Asalkan program itu tidak merugikan orang lain, maka lakukan saja program itu di bulan Ramadhan ini.

 

Nah, bagi kamu yang sedang menikmati masa liburan, tertarik untuk menjadi pelopor pembentuk komunitas KURMA di daerahmu? Jika iya, ayo segera wujudkan hal ini dan rundingkan dengan temenmu. Harapannya, semoga komunitas KURMA ini dapat menjadi salah satu langkah kebaikan untuk orang lain menuju persiapan hari kemenangan tiba dan bikin kamu dan temenmu mendapat pahala di bulan Ramadhan ini. Semoga apa yang kita lakukan selama bulan Ramadhan ini selalu mendapat berkah dari Allah. Amin ya rabbal alamin.

Wassalam.

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage