Menggapai Keutamaan-keutamaan Diujung Bulan Ramadhan

Artikel ini di submit pada 2015/07/11 Oleh Asep Syaeful Bachri

 

Menggapai Keutamaan-Keutamaan Diujung Bulan Ramadhan — Tak terasa bulan Ramadhan telah sampai pada hari-hari terakhir. Padahal baru kemarin rasanya kita mulai berpuasa. Mungkin cepatnya bulan Ramadhan ini dikarenakan kita menjalankannya dengan suka cita dan berharap semua dosa-dosa kecil tahun lalu dapat terampuni. Karena dibulan ini Allah membuka pintu maghfirah (ampunan). Hal ini senada dengan hadist Nabi yang mengatakan bahwa barang siapa yang berpuasa dibulan Ramadhan dengan iman dan mengharap balasan (dari Allah), maka akan diampuni segala dosa-dosanya ( kecil ) yang telah lalu.

 

Seperti yang kita ketahui sebenarnya  banyak sekali keistimewaan pada bulan Ramadhan, karena menurut Islam bulan Ramadhan adalah bulan yang paling mulia dari bulan-bulan yang lain. Bahkan dalam hadits Nabi juga dikatakan bahwa jika seseorang mengetahui keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan, maka ia akan mengharap seluruh bulan dalan setahun menjadi bulan Ramadhan semua.

 

Keutamaan bulan Ramadhan lengkap dari awal bulan hingga akhir bulan. Mulai dari 10 hari awal, siapa saja yang berpuasa disiang harinya dan menghidupkan malam-malamnya dengan melakukan ibadah kepada Allah, maka ia akan mendapat Rahmah (kasih sayang) dari Allah. Begitu juga pada 10 hari ditengah Ramadan, maka ia akan mendapat Maghfirah (ampunan) dari Allah. Sedangkan pada 10 hari pada akhir Ramadan, maka ia akan dibebaskan oleh Allah dari api neraka. Keterangan ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa awal Ramadhan adalah rahmah, dan tengah Ramadan adalah maghfirah, dan akhir Ramadan kebebasan dari api neraka. Akan tetapi hadits ini menurut para pakar hadits tergolong hadits dha’if  atau lemah dan tidak bisa dijadikan sandaran hukum. Tetapi sebagian ulama ada yang membolehkan hadits-hadits dho’if sebagai sandaran jika hanya berupa “ fadha’ilul ‘a’mal” (keutamaan-keutamaan amal)  agar memotivasi orang lain untuk lebih giat beribadah.

 

Selain itu, keutamaan lain pada akhir bulan Ramadhan adalah kemungkinan besar dapat menemui malam lailatul qadr atau malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Malam yang jika melakukan amalan, pahalanya setara dengan amalan yang dikerjakan selama 1000 bulan. 1000 bulan itu sama dengan 83 tahun lebih. Itulah salah satu keutamaan malam yang mulia tersebut. Akan tetapi pendapat tentang turunya malam lailatul qadr banyak perbedaan pendapat di antara para ulama. Dan sebagian ulama yang sepakat bahwa lailatul qadr  turun pada malam ganjil pada 10 akhir Ramadhan. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “ carilah Lailatul Qadr itupada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir ( bulan Ramadhan). ( H.R Al Bukhari no. 1878).

 

Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam serius pada 10 terakhir Ramadhan dalam melakukan amalan ibadah lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari lain. Ummul Mu’minin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengisahkan tentang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada sepuluh terakhir Ramadan : “ Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila memasuki 10 terakhir Ramadhan, beliau menguatkan ikatan tali sarungnya (yakni meningkat amalan ibadah baginda), menghidupkan malam-malamnya, dan membangunkan istri-istrinya.” Muttafaqun ‘alaihi.

 

Maka dari itu untuk menggapai keberkahan bulan Ramadhan tak afdhal jika tidak mengutamakan 10 akhir Ramadhan. Karena dipenghujung bulan ini semakin banyak keutamaan-keutamaan yang dapat diraih. Jadi kita dapat mengutamakan dan menghidupkan pada 10 malam terakhir Ramadhan dengan menjalankan Sholat tarawih dengan penuh iman, membaca Al-Qur’an dan menghayati  makna-maknanya, memperbanyak doa dan dzikrullah dan berharap menemui malam lailatul qadr. Dan semoga kita bisa termasuk orang-orang yang dapat menggapai keutamaan-keutamaan diujung Ramadhan. Amin. Wallahu a’lam bi showab.

Lazada-blog-finalist125

 

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage