Memperkenalkan, Windows Phone 8

Walaupun Windows Phone 8 (WP8) sudah diperkenalkan sejak bulan Februari beberapa waktu silam, namun baru malam tadi di New York, Nokia memperkenalkan dua handset terbaru mereka yang sudah menggunakan WP8. Bagaimana rupanya dan apa yang baru? Apakah lebih baik dibandingkan dengan Windows Phone 7.8 Tango?

1. Start Screen Baru
Masih menggunakan tema antar muka Metro, tampilan layar awal kini mendukung beragam bentuk notifikasi dan warna yang dapat disesuaikan dengan besar layar dan keinginan pengguna.

2. Multi Prosesor
Semakin berkembangnya smartphone, pastinya dibutuhkan prosesor yang mumpuni untuk mendukung kinerja ponsel. WP8 sudah mendukung untuk kinerja yang membutuhkan prosesor Dual-core maupun Quad-core.

3. Notifikasi Saat Layar Terkunci
WP8 kini mendukung notifikasi untuk tampil walaupun layar ponsel terkunci sehingga Anda dapat melihat notifikasi tanpa harus membuka kunci layar.

4. Resolusi Layar Lebar
WP8 juga telah mendukung layar dengan rasio 15:9 dan 16:9 dengan resolusi 1280 x 768 dan 1280 x 720, tidak lagi hanya mampu berjalan di resolusi 800 x 480 piksel.

5. NFC dan Wallet Hub
Hardware baru ini sudah mampu menjalankan fitur NFC sehingga pengguna dapat memaksimalkan ponsel sebagai dompet digital atau untuk bertukar data.

6. Skype dan VOIP
Teknologi VOIP dikembangkan secara maksimal sehingga komunikasi dapat berjalan dengan lancar. VOIP ini tidak hanya berjalan dengan Skype namun juga dengan beragam aplikasi lain.

7. Nokia Maps
Nokia Maps telah mengalami pengembangan hingga pengguna akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan telah mendukung peta offline.

8. Internet Explorer 10
IE 10 untuk WP10 memiliki kode pemrograman yang sama dengan IE 10 untuk PC serta memiliki fitur keamanan yang tinggi.

9. Memori Tambahan
Kalau dalam WP7 tidak ada slot microSD dan sejenisnya, tidak dengan ponsel WP8 karena telah mendukung slot kartu memori hingga 64 GB.

10. Screenshot
Sementara Google butuh waktu lama untuk menambahkan fitur ini dalam ponsel Android mereka, WP8 mampu melakukan screenshot seperti pada ponsel besutan Apple, yaitu dengan menekan tombol Home dan Lock.

11. Fitur Kamera
Tidak ada lagi garis pemandu untuk Zoom In/Out saat hendak mengambil gambar, karena di WP8 fitur tersebut digantikan dengan fitur mencubit layar.

12. Nokia Maps + Augmented Reality
Peningkatan juga terjadi di Nokia Maps. Kini Nokia Maps mendukung Aufmented Reality dan akses peta secara offline.

Karena ponsel WP8 baru diperkenalkan dan belum dirilis, masih butuh waktu untuk OS ini untuk membuktikan kepada khalayak tentang bagaimana performa mereka di tangan para pengguna.

Bagaimana menurut Anda, apakah Windows Phone 8 ini lebih baik dari pendahulunya?

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage