Memilih Jenis Kamera Digital Yang Tepat

Semakin modernnya jaman saat ini menjadikan seluruh teknologi sudah berbasis digital, begitu juga dengan bidang fotografi, fotografi saat ini sudah menjadi sebuah tren yang mendunia dan perangkat kamera pun saat ini sudah memakai teknologi digital.

Saat ini kepentingan fotografi semakin beragam dari fotografer yang profesional sampai ke penghasil foto yang mengambil gambar hanya untuk  sekedar di upload ke sosial media seperti instagram ataupun twitter. Untuk itu kita perlu tahu kamera jenis apa dan berspesifikasi apa yang tepat untuk kebutuhan kita, berikut tips dan triknya kami sajikan.

1. Tentukan Jenis Kamera Digital

Berdasarkan bentuk dan fungsinya kamera secara umum adalah sebagai berikut:

  • Kamera Handphone — Kamera yang terdapat pada handphone Anda juga termasuk salah satu alat fotografi dan dapat menghasilkan gambar yang sangat baik apabila tepat penggunaanya, kamera handphone sangat berguna bagi pengguna sosial media, karena Anda tinggal membidik dan dengan koneksi internet Anda dapat upload foto tersebut ke sosial media seperti Facebook, Twitter, dan yang paling popular untuk mengupload foto adalah Instagram. Handphone dengan kamera yang sangat baik contohnya adalah iPhone, iPhone memiliki fitur-fitur aplikasi yang dapat Anda download sehingga dengan mudah Anda dapat mengedit foto yang masih mentah menjadi lebih indah.
  • Kamera Pocket/kamera Saku — Kamera Digital jenis Pocket adalah pilihan yang tepat untuk segala pecinta fotografer karena kamera ini umumnya berukuran kecil dan mudah dibawa, cocok untuk pengambilan gambar sehari-hari, dan saat ini kamera pocket sudah memiliki kualitas gambar yang sangat baik, kebanyakan sudah memiliki resolusi diatas 12 megapiksel, ditambah lagi saat ini sudah banyak kamera pocket dengan jenis Prosumer, kamera jenis prosumer ini memiliki kehebatan fitur-fitur kamera profesional tetapi diperuntukan untuk konsumer pemula, sehingga sangat mudah digunakan.
  • Kamera Mirroless — Kamera yang satu ini adalah sebuah inovasi dari produsen kamera, ukuran dan prinsip kamera mirrorles sama dengan kamera pocket tetapi cermin yang biasanya digunakan untuk memantulkan cahaya yang ditangkap lensa dan diteruskan ke prisma viewfinder ditiadakan dan  meneruskan sinar yang ditangkap lensa ke sensor digital. dan sensor yang digunakan adalah sensor yang digunakan pada kamera slr sehingga kualitas gambar yang dihasilkan menjadi setingkat dengan kamera slr.
  • Kamera SLR — Kamera slr adalah jenis kamera yang paling laris karena kemampuannya tidak perlu diragukan lagi, dari pengguna pemula sampai profesional memiliki kamera slr andalannya masing-masing.

2. Bertanya Rekomendasi

Malu bertanya sesat dijalan, sebaiknya sebelum memilih dan membeli kamera Anda disarankan bertanya kepada orang yang sudah biasa memakai kamera dan bertanta mengenai kamera digital yang tepat, atau membaca review kamera digital di internet.

3. Mengetahui istilah-istilah kamera

Istilah-istilah dalam dunia kamera sangatlah banyak seperti ISO, Aperture, Shutter Speed untuk itu Anda harus mengetahuinya agar tidak kecewa ditengah-tengah hobi fotografer Anda.

4. Cobalah sebelum Membeli
Jangan hanya melihat sebuah brosur dan langsung tertarik membeli sebuah kamera sebaiknya Anda mecoba kamera yang lain terlebih dahulu, atau membandingkan review satu kamera dengan yang lain.

Kesimpulannya adalah, sebelum memutuskan untuk membeli satu kamera digital Anda sebaiknya membandingkan review kamera digital tersebut, jangan sampai Anda kecewa setelah membeli satu kamera dan pastikan kamera yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk review kamera dan koleksi kamera yang lengkap dapat Anda temukan di Lazada Indonesia.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage