Melewati Ramadhan Dengan Lebih Hemat!

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/07 Oleh fatimah

 

Melewati Ramadhan dengan lebih hemat! — Wah wah.. Kalau sudah memasuki bulan Ramadhan tentu semua umat muslim merasa gembira sekali, bagaimana tidak? Soalnya pada saat bulan Ramadhan itu berarti kita memasuki bulan yang penuh berkah, bulan penuh rahmat, bulan penuh kemaafan, bulan memperbanyak ibadah, pada bulan ini tiap kita membuat 1 kebaikan saja maka berkali lipat pahala yang kita dapat lho! Bahkan diamnya kita ketika di bulan Ramadhan juga mendapat pahala.

 

Diantara kemuliaan Ramadhan ialah para iblis dan syaithan di belenggu, pintu nereka ditutup, mereka yang di azab kubur akan diistirahatkan, begitu sekali Allah memuliakan bulan Ramadhan, dan begitu besarnya kasih sayang Allah hingga menghadiahkan bulan Ramadhan itu kepada kita. Lalu jika iblis dan syaithan dibelenggu atau dirantai, mengapa masih saja ada orang yang berbuat jahat? Mencuri? Membunuh? Wah kira-kira kenapa ya? Mari sebelumnya kita kenali 5 musuh mukmin:

 

  1. Orang mukmin yang hasad dengki.
  2. Orang kafir yang memerangi.
  3. Orang munafik.
  4. Syaithan yang menyesatkan.
  5. Nafsu yang selalu mengajak kepada kejahatan.

 

Nah Sudah taukan sekarang? Namun sayang banyak sekali orang yang lebih semangat memerangi musuh yang kelihatan dimata saja, malang nya mereka karena lemah berperang melawan musuh bathinnya yaitu nafsu dan juga syaithan. Sebenarnya musuh kita bukan manusia, tapi nafsu dan syaithan yang sangat jahatnya, bahkan Rasulullah sendiri yang mengatakannya.

Ketika itu Rasulullah dan para sahabat baru saja pulang dari peperangan pertama mereka , yaitu perang badar. Rasulullah bersabda:

 

“Kita baru saja pulang dari peperangan yang kecil, dan akan menuju peperangan yang besar.”
Para sahabat yang masih merasa letih karena telah melewati peperangan dahsyat sangat terkejut mendengarnya, para sahabatpun bertanya:
“Peperangan apakah itu ya Rasulullah?”
“Yaitu peperangan melawan nafsu.”

 

Begitulah penggambaran betapa pentingnya kita melawan nafsu. Nah kini kita memasuki tips hemat selama bulan Ramadhan, apa saja ya?

 

1. Ayo bikin rancangan keuangan selama bulan Ramadhan!
Nah sebaiknya sebelum memasuki Ramadhan, kita harus mulai menyisihkan uang untuk selama dibulan Ramadhan.

 

2. Kurangkan berbuka puasa di luar.
Nah untuk menyiasati ini yuk bikin daftar menu selama 30 hari! Dan ini juga saat yang tepat untuk menunjukkan kemampuanmu dalam memasak kepada seluruh anggota keluarga yang kamu cintai. Ayo keluarkan semua resep yang ingin kamu coba!

 

3. Belanjalah langsung untuk kebutuhan selama sebulan kedepan.
Harga sembako biasanya pada bulan Ramadhan akan meningkat, hal itu juga dapat berpengaruh pada besarnya pengeluaran kita, namun walau bagaimanapun kita akan membutuhkan sembako dan bahan-bahan yang lain itu. Oleh itu agar lebih hemat sebaiknya kita langsung membeli bahan yang tahan lama dalam jangka sebulan kedepan, selain hemat uang hemat waktu juga.

 

4. Ayo dapatkan uang tambahan dengan cara berbisnis.
Bulan Ramadhan juga banyak peluang bisnis yang menguntungkan, jadi jangan sia-siakan kesempatan ini.

 

5. Membuat kue lebaran sendiri
Karna banyak harga yang naik, sudah tentu para penjual kue pun akan menjual kue lebaran dengan harga yang tinggi, lebih baik kita membuat sendiri.

 

Nah hasil dari berhemat tadi maka kita dapat berbagi, bersedekah bahkan berbelanja baju lebaran. Jika sudah berbicara hal belanja hati-hati ya! Jangan terlalu bernafsu, bisa-bisa jadi boros lagi, pandai-pandai lah memilih harga yang tak terlalu mahal namun tetap berkualitas! Mau berbelanja hemat uang, hemat waktu dan hemat tenaga namun berkualitas? Ayo belanja rame-rame di Lazada.co.id !

 

Segala kebutuhan lebaran lengkap disana! Bisa bayar ditempat, biaya kirim gratis dan jaminan barang dikembalikan jika tidak cocok. Apalagi kita bisa berbelanja sambil masak, atau sambil sibuk bersih-bersih rumah, bahkan sambil tadarus. Lazada.co.id merupakan salah satu alternatif buat belanja jika sedang puasa, puasa lancar belanja juga ga ketinggalan.

 

Semoga bermanfaat ya artikelnya!

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage