Mau Sehat? Gampang, Yuk Berpuasa

Posting Ini Di Submit Oleh: Abdul Hasan Al Asyari – Juli 2014

Mau Sehat? Gampang, Yuk Berpuasa — Waktu mengalir begitu cepat. Tak terasa kini kita telah memasuki akhir dari minggu pertama di bulan suci Ramdhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang memiliki keistimewaan dan perbedaan dengan bulan yang lainnya. Apa yang membedakan bulan Ramadhan dengan bulan yang lain? Salah satunya adalah berpuasa selama satu bulan penuh lamanya. Banyak sekali hal menarik yang dapat kita gali jika berbicara mengenai puasa. Apa itu puasa?

Puasa berarti menahan diri dari segala macam hal yang dapat membatalkan puasa (makan, minum, dan lainnya) dimulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan bagi setiap muslim. Mungkin bagi sebagian orang masih bertanya-tanya, adakah manfaat yang akan kita dapatkan jika kita berpuasa? Jawabannya adalah tentu banyak. Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika kita berpuasa. Salah satunya dapat kita lihat dari kacamata kesehatan/medis.

Dari kacamata kesehatan, puasa memiliki dua manfaat yakni sehat secara jasmani dan rohani. Berbicara mengenai sehat jasmani, tentunya dengan berpuasa kita dengan mudah bisa mendapatkannya. Mengapa? Karena faktanya setiap kali kita berpuasa maka tubuh akan membuang racun yang ada. Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, puasa juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menyingkirkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Mengapa? Karena saat berpuasa, tubuh akan membakar glukosa untuk menghasilkan energi.Sedangkan jika glukosa tersebut habis, maka tubuh akan membakar lemak yang ada di otot.

Manfaat puasa lainnya yang bisa kita dapatkan adalah dengan berpuasa kita dapat memperbaiki pola makan. Mengapa? Karena dengan berpuasa kita dapat mengontrol kebiasaan makan kita untuk memilih makanan sehat yang akan di konsumsi. Selain itu, dengan berpuasa berarti kita telah membiarkan saluran percernaan kita istirahat sejenak. Organ-organ yang biasa bekerja keras untuk mencerna makanan, ketika berpuasa organ-organ tersebut beristirahat sejenak dengan memperlambat sekresi cairan pemecah zat makanan.

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari puasa dilihat dari kesehatan jasmani. Lalu, bagaimana manfaat berpuasa jika dilihat dari kesehatan rohani. Bukan hanya kesehatan jasmani yang penting bagi tubuh, namun kesehatan rohani pun harus baik pula. Karena sehatnya jasmani itu bergantung juga dengan sehatnya rohani. Puasa dapat mendidik seseorang untuk menjadi seseorang yang sabar dan menahan diri. Dengan berpuasa, tentunya kita harus menahan dorongan atau nafsu untuk makan dan minum yang berlebihan. Puasa juga mendidik kita untuk dapat mengontrol emosi. Seperti yang kita ketahui bahwa emosi yang tidak terkontrol dengan baik dapat menjadi sebuah permasalahan yang sulit diselesaikan. Dan yang terakhir, puasa juga mendidik kita untuk menjadi orang yang dermawan.

Mengapa? Karena dengan berpuasa kita akan merasa hal yang sama dengan yang lainnya. Rasa lapar dan haus menjadikan diri kita untuk berempati sosial dengan memberikan sebagian rezeki kita baik berupa makanan, minuman ataupun uang bagi orang lain.

Sungguh, banyak sekali hal yang akan kita dapatkan jika kita berpuasa. Walau secara kasat mata dengan berpuasa kita merasa lapar dan haus, ternyata dengan berpuasa kita akan mendapatkan kesehatan yang optimal baik jasmani maupun rohani. Anda mau sehat? Gampang, yuk berpuasa!!

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage