Manfaat Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Tubuh (INFOGRAPHIC)

Manfaat Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Tubuh (INFOGRAFIS) — Setiap ibadah wajib maupun sunah yang telah diperintahkan Allah SWT untuk umat nya pastilah memiliki manfaat bagi yang menjalankannya, tidak terkecuali ibadah Puasa Ramadhan.

 

Di teliti dari segi medis ternyata ibadah yang satu ini mempunyai berbagai dampak positif bagi kesehatan tubuh. Di lansir dari berbagai sumber terpercaya, berikut manfaat ibadah puasa Ramadhan bagi tubuh dan kesehatan yang di rangkum dalam infografis sehingga mudah di pahami dan di bagikan oleh seluruh umat muslim yang menjalankannya. Amiin ya Rabbal’alamiin. Wallahualam bishawab.

infographic ramadhan 1 full size (1) compressed

 

Manfaat Ibadah Puasa Ramadhan bagi Tubuh dan Kesehatan:

 

#1 OTAK: Merangsang peningkatan autofagi saraf atau proses penyingkiran struktur di dalam saraf otak yang tidak diperlukan lagi. Mengurangi risiko stroke, trauma dan depresi. Mengurangi risiko terjadinya penyakit Huntington dan Alzheimer.

 

#2 JANTUNG: Meningkatkan HDL, apoprotein alfa1 dan penurunan LDL. Adrenalin akan memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pebuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah rterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner dan stroke.

 

#3 PARU-PARU: Membersihkan paru-paru seseorang yang terbiasa merokok. Selain bahan terapi dan latihan, puasa juga mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

 

#4 USUS & LAMBUNG: Organ-organ tubuh seperti usus dan lambung mempunyai waktu cukup untuk beristirahat. Sehingga racun yang berada di dalam tubuh dapat terdektosinasi alias dibuang secara maksimal.

 

#5 GINJAL: Fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air yaitu ketika berpuasa. Memberikan perlindungan tersendiri terhadap fungsi ginjal. Menambah prostaglandin yang nantinya dapat memacu fungsi dan kerja sel darah merah.

 

#6 TULANG: Meningkatnya kemampuan sel penetral (pembasmi bakteri) dengan membaiknya radang sendi penyebab encok.

 

#7 PANKREAS: Konsumsi gula dan makanan berlemak dapat lebih terkontrol dan dikurangi. Mengurangi resiko obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit kelebihan nutrisi lainnya.

 

#8 SEKSUAL: Menurunkan nafsu seksual dan menurunkan hormon testoteron. Namun ini bersifat sementara, Bahkan setelah beberapa hari siklus puasa dijalankan, produksi hormon testosteron dan performa seksual tersebut justru meningkat pesat.

 

#9 POLA PIKIR: Masalah rasa lapar adalah masalah kelanjutan hidup sehingga rasa lapar akan memaksa kita untuk berpikiran lebih tajam dan kreatif.

 

Sumber 1 | Sumber 2 | Sumber 3 | Sumber 4 | Sumber 5

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage