Mampukah Komputer Lama Anda Menjalankan Windows 8?

Anda pasti sudah sering mendengar desas desus mengenai sistem operasi terbaru dari Microsoft, yaitu Windows 8. Peluncuran Windows 8 sendiri untuk wilayah Asia berlangsung pada hari kamis pada tanggal 25/10/2012. Iklan Windows 8 ini juga sudah banyak tersebar di televisi dan media informasi lainnya. Dengan segala kelebihan dan fitur terbaru dari sistem operasi Windows 8, banyak orang yang sudah tidak sabar untuk menngunduh dan meng-install sistem operasi ini. Tetapi sebelum Anda bergegas untuk membeli Windows 8, sebaliknya Anda cek dulu spesifikasi komputer Anda.

Nah, tahukah Anda persyaratan minimal untuk menjalankan sistem operasi Windows 8 ini? Untuk Anda yang memiliki laptop atau komputer keluaran terbaru pastinya tidak akan menjadi masalah untuk mengaplikasikan Windows 8, Tetapi bagaimana dengan pemakai komputer lama? Menurut pimpinan Windows dan Windows Life, Steven Sinofsky, spesifikasi minimal / minimum sebuah komputer untuk menjalankan windows 8 adalah, komputer dengan prosesor atom dan RAM 1GB sudah dapat menjalankan sistem operasi windows 8.

Selanjutnya, sistem operasi Windows 8 terdapat dalam dua versi yaitu 32-bit dan 64-bit, masing-masing versi ini memiliki system requirment yang berbeda-beda. Untuk Windows 8 versi 32-bit disarakan untuk memakai RAM minimal sebesar 1GB dan untuk Windows 8 dengan versi 64-bit lebih baik menggunakan RAM 2GB. Kedua syarat ini umumnya telah dapat dipenuhi oleh komputer lawas milik Anda. Namun untuk Anda yang membutuhkan kecepatan komputasi yang tinggi, disarankan untuk menggunakan RAM diatas 2GB. Perbedaan antara versi 32-bit dan 64-bit adalah kemampuan pemanfaatan RAM. Versi 32-bit hanya mendukung RAM hingga 3,5 GB dan versi 64-bit bisa lebih besar dari 4 GB.

Spesifikasi yang dibutuhkan selanjutnya adalah, media penyimpanan komputer Anda harus memiliki kapasitas minimal 16GB untuk dapat menjalankan Windows 8 versi 32-bit dan untuk versi 64-bit, Anda harus menyiapkan media penyimpanan hingga 20GB. Tentunya ruang kosong sebesar 20GB untuk instalasi windows 8 ini tidak terlalu menjadi masalah untuk komputer lama Anda, karena umumnya ukuran hard disk komputer-komputer ini sudah diatas 80GB.

Windows 8 membutuhkan kartu grafis dengan fitur DirectX9 atau lebih tinggi, yang mana syarat ini juga sudah dapat terpenuhi oleh kebanyakan komputer-komputer lama. Persyaratan yang terakhir adalah, untuk menjalankan Windows 8 dengan baik, Anda memerlukann sebuah monitor dengan resolusi minimal 1366 x 768. Persyaratan ini cukup sulit bagi pemiliki komputer-komputer lama, karena kebanyakan komputer lama hanya memiliki resolusi 1024 x 768 pixel.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage