Maksimalkan Aktivitas dan Ibadah dengan Menggunakan Gadget dan Aplikasi di Bulan Ramadhan

Posting Ini Di Submit Oleh: Adhitya Wibawa Putra – Juli 2014

Maksimalkan Aktivitas dan Ibadah dengan Menggunakan Gadget dan Aplikasi di Bulan Ramadhan — Pada saat berpuasa di bulan Ramadhan untuk menjaga diri agar lebih fit dan mendapat pahala, sebaiknya kita harus melakukan aktivitas olahraga dan ibadah secara rutin, baik itu ketika pagi maupun malam.

Ramadhan-2013s

 

Dengan begitu, kita tidak akan cepat lelah dan tentunya bisa menambah amal ibadah dimanapun. Berikut ini cara untuk memaksimalkan aktivitas dan ibadah kita dengan menggunakan gadget dan aplikasi di bulan Ramadhan :

Menggunakan Smartwatch dan Smartband ketika Berolahraga

Dengan menggunakan smartwatch dan smartband ketika berolahraga akan dapat memonitor kita dengan program yang sudah diatur dalam sebuah aplikasi dengan dihubungkan kepada smartphone sehingga kita dapat melihat seberapa jauh berlari, melangkah, kecepatan, hingga kalori yang terbakar. Smartwatch dan smartband pun mampu secara otomatis mengukur statistik kebugaran yang dilakukan penggunanya mulai dari jumlah langkah, jarak, dan kalori yang akan diakumulasi dan dianalisis secara harian, mingguan bahkan bulanan.

Menggunakan Aplikasi yang Terdapat di Smartphone

Selain berolahraga, kita pun dapat menggunakan aplikasi yang terdapat dalam smartphone untuk membantu menunjang aktivitas ibadah dan puasa di bulan Ramadhan ini.

Berikut merupakan aplikasi menarik yang dapat dicoba oleh pembaca untuk rutinitas di bulan Ramadhan ini :

1. Menggunakan Aplikasi Al-Qur’an

Pada saat kita akan melakukan tilawah dan membaca Al-Qur’an dapat dengan praktis menggunakan aplikasi Al-Qur’an yang telah tersedia di smartphone, baik itu untuk platform Android, iOS, Windows Phone, Nokia S40, maupun Blackberry. Biasanya aplikasi Al-Qur’an ini telah dilengkapi dengan surat-surat Al-Qur’an secara lengkap dengan terjemahan latin maupun Indonesia. Bahkan di beberapa aplikasi Al-Qur’an, kita dapat menandai surat dan ayat mana yang telah dibaca.

2. Menggunakan Aplikasi Jadwal Shalat dan Puasa

Dengan menggunakan aplikasi jadwal shalat ini kita dapat selalu mengerjakan ibadah shalat wajib dan sunah dengan tepat waktu karena telah tersedia fitur alarm ketika waktu shalat telah tiba. Selain itu, biasanya terdapat jadwal puasa yang ditambahkan jadwal sahur, imsak, dan waktu fajar telah tiba sehingga dapat mengantisipasi selalu waktu saat berpuasa.

3. Menggunakan Aplikasi Kiblat

Dengan menggunakan aplikasi kiblat ini kita dapat mengetahui dengan benar letak arah kiblat ketika sedang berada di daerah tidak dikenal pada saat perjalanan mudik maupun rapat dengan klien. Biasanya aplikasi kiblat ini berbentuk seperti kompas dan membutuhkan pengaktivasian GPS.

4. Menggunakan Aplikasi Tausiah maupun Hadits

Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat selalu mendapatkan ilmu berharga agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan setiap hari. Selain itu, nilai kebaikan yang didapatkan dapat kita amalkan kepada orang lain.

5. Menggunakan Aplikasi Pencari Masjid

Aplikasi ini dapat membantu penggunanya untuk menemukan masjid terdekat ketika sedang dalam kondisi bepergian, rapat dengan klien, maupun mudik pada daerah yang belum dikenali. Biasanya aplikasi ini akan membantu kita dalam hal navigasi menuju lokasi masjid terdekat dengan menggunakan fitur peta yang telah tersedia di smartphone.

6. Menggunakan Aplikasi Pencari Tempat Makanan Terdekat

Aplikasi ini dapat membantu penggunanya ketika sedang akan berbuka puasa maupun sahur ketika sedang di daerah yang tidak dikenal. Secara cepat, aplikasi ini akan merekomendasikan tempat makan terdekat yang dijamin enak untuk dikunjungi dan juga terdapat komentar-komentar dari pengguna lainnya.

7. Menggunakan aplikasi Resep Makanan

Aplikasi ini membantu kita untuk selalu membuat makanan yang inovatif, menarik, dan berbeda setiap harinya sehingga ketika berbuka puasa tidak akan pernah bosan dan selalu betah untuk makan di rumah. Selain berbuka, aplikasi ini dapat dicoba ketika sahur, lebaran, maupun kondisi sehari-hari.

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage