Makanan dan Minuman Menyehatkan Kala Berbuka Puasa

Artikel ini di Submit Pada 2015/06/30 Oleh Intan Permata Sari

Makanan dan Minuman MenyehatkanKala Berbuka Puasa — Wahhh…. Akhirnya kita dapat menikmati bulan puasa kembali nih. Semoga semua kegiatan yang kita lakukan selama bulan penuh rahmat ini dapat menuai keberkahan dari Allah SWT ya… Amin.

Berbicara tentang bulan puasa tak lengkap rasanya jika tak membicarakan menu berbuka apalagi setiap tahunnya banyak sekali para penjual dengan berbagai macam menu menjajakan jualan mereka disisi jalan untuk menarik perhatian kita.

Eitssss, tapi jangan sesuka hati dulu untuk membeli berbagai macam menu lalu memasukkannya ke dalam perut kita. Kita juga pasti menyadarinya bukan bahwa selama seharian penuh perut kita tidak terisi apapun sehingga sangat sensitif terhadap jenis makanan. Selain tentunya enak, berikut adalah jenis makanan dan minuman yang menyehatkan untuk berbuka loh… yuk disimak…..

 

1. Buah kurma
Selain memang buah kurma dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai menu berbuka, buah kurma ternyata juga memiliki manfaat yang membuat tubuh kita tak terlalu memiliki nafsu berlebihan kala berbuka tiba. Karena sangan – angan tersendiri pasti terbesit nih di fikiran kita saat waktu berbuka sudah di depan mata bahwa ingin sekali mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan agar perut pun kenyang. Padahal kalau difikir – fikir nih guys, kita juga tak boleh sembarangan memasukkan berbagai jenis makanan sesuka hati mengingat perut kita yang seharian tak diisi apapun. Berbicara tentang manfaatnya, ternyata buah kurma itu dapat mengontrol nafsu saat berbuka puasa. Jadi bagus kan untuk membuat kita tak terlalu berlebihan dalam memasukkan makanan apa saja di perut kita? Karena sesuatu yang berlebihan akan menghasilkan hal yang tidak baik. Juga perlu diingat, cukup beberapa butir saja seperti yang kita ketahui bahwa Nabi Muhammad SAW juga hanya berbuka dengan 3 butir buah kurma saja.

 

2. Bubur kacang hijau
Siapa bilang bubur itu kampungan? Justru banyak sekali orang – orang yang memilih menu ini untuk berbuka. Selain tentunya manis, bubur juga dapat mengenyangkan karena memang sudah terdapat kuah dan tentunya isian itu sendiri. Cukup sekali kan untuk mengisi perut kita setelah seharian menahan haus dan lapar? Mau tahu dong bubur yang enak lagi menyehatkan? Salah satu contohnya adalah bubur kacang hijau. Kacang hijau sendiri memiliki banyak kelebihan bagi kesehatan tubuh kita. Yup, kacang hijau itu mengandung sumber protein, vitamin, kaya serat sehingga dapat berfungsi membantu pencernaan, dan tak lupa bahwa kacang hijau juga dapat membantu pembentukan sel – sel dalam tubuh juga dapat melancarkan aliran darah. Bagaimana? Tertarik untuk memilih menu ini untuk waktu berbuka dong?

 

3. Teh hangat
Weitssssss, jangan under estimate dulu dengan minuman yang satu ini. bukan hanya minuman yang terkesan cocok untuk orang tua seperti anggapan anak muda pada umumnya. Diketahui pula bahwa sebenarnya the adalah minuman yang banyak dikonsumsi loh. Taukah bahwa teh dapat membantu tubuh kita melawan radikal bebasseperti kanker contohnya. Selain itu, mengkonsumsi teh hangat sudah barang tentu dapat menghangatkan tubuh dan tidak menyebabkan sakit perut apalagi saat puasa yang mana perut kita bersih dari makanan dan minuman. Nah dengan memilih teh hangat dapat dipastikan bahwa tubuh kita tak akan terkejut ketika ada cairan lain yang masuk.

 

4. Puding
Tak hanya rasanya yang enak, tidak terlalu manis, banyak juga orang yang setuju bahwa puding memiliki manfaat bagi kesehatan. Pasti menu yang satu ini tak sedikit diinformasikan oleh orang tua kita bahwa puding dapat melancarkan pencernaan? Selain itu kandungan serat dalam puding juga baik bagi kesehatan pencernaan kita.

 

5. Buah – buahan
Nah selamat nih kalau buah – buahan merupakan menu yang kalian pilih untuk berbuka puasa. Buah – buahan sendiri adalah makanan yang mudah dicerna dan merupakan sumber vitamin, sumber air dan juga merupakan antioxidan alami terbesar di dunia loh…. Namun memilih buah – buahan juga harus berhati – hati karena ada beberapa buah yang mengandung lemak dan gula berlebihan. Karena hidup adalah pilihan, maka memilih makanan demi kesehatan tubuh juga sangat penting.

 

Well, selain tentunya manis dan menyehatkan bukan berarti kita dapat seenaknya saja mengkonsumsinya ya….. ingat bahwa segala sesuatunya memiliki batasan alias tak boleh berlebihan. Bukankah Allah SWT tak menyukai segala hal yang berlebihan? Ya, karena bersikap sederhana pasti akan jauh lebih baik bukan? Selain memang dapat menyelamatkan isi dompet kita, kesehatan tubuh juga akan terjaga. Selamat menjalankan ibadah puasa guys…..

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage