Larangan Berlebih-lebihan Dalam Berbuka Puasa, Akibatnya dan Tips Menghindarinya

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/09 Oleh Dewi

 

Larangan Berlebih-lebihan Dalam Berbuka Puasa, Akibatnya dan Tips Menghindarinya — Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan oleh orang muslim. Hal ini sebagaimana Firman Allah SWT. dalam QS. Al-Baqarah: 183.

 

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183).

 

Saat berbuka puasa, dianjurkan untuk segera berbuka ketika waktunya telah tiba, tidak ditunda-tunda sampai terlihat bintang, seperti yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Dianjurkan pula untuk berbuka puasa dengan kurma yang matang di pohon. Jika tidak ada, maka dengan kurma kering, dan jika tidak ada, maka berbukalah dengan beberapa hisapan air, seperti yang diriwayatkan dari Anas bin Malik.

 

Hal lain yang perlu diperhatikan juga yaitu tidak berlebih-lebihan saat berbuka puasa karena pada dasarnya segala sesuatu yang berlebih-lebihan itu tidak baik seperti Firman Allah di dalam QS. Al-A’raaf: 31 di bawah ini:

 

Artinya: “ Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31).

 

Selain itu, ada pula hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi yang artinya “Tidakkah seseorang memenuhi wadah yang lebih buruk daripada perut. Cukuplah bagi seseorang anak Adam makan makanan yang dapat menggerakkan tulang pungunggnya. Jika tidak boleh tidak, maka isilah sepertiga perutnya untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk napasnya.” Lebih dari sepertiga perut maka dimakruhkan karena mewariskan malas dan banyak tidur dan hal itu membuat pikiran beku dan kerasnya hati.

 

Jika memang memiliki rejeki yang lebih untuk berbuka, akan lebih utama untuk disedekahkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Orang yang memberi makanan untuk berbuka puasa akan mendapatkan pahala yang besar dan kebaikan yang banyak. Seperti yang diriwayatkan Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah yang artinya “Barang siapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.”

 

Adapun beberapa akibat dan penyakit yang bisa muncul akibat berbuka puasa yang berlebih-lebih antara lain:

  1. Rasa kantuk meningkat dan lesu karena konsumsi karbohidrat yang berlebihan.
  2. Obesitas yang disebabkan karena tidur setelah berbuka puasa akibat konsumsi karbohidrat berlebih.
  3. Gastroenteritis
  4. Muntah dan diare yang dapat menyebabkan kram perut.
  5. Sakit perut akut
  6. Radang perut akut

 

Untuk menghindari berbuka puasa secara berlebihan, ada beberapa tips yaitu:

  1. Awali dengan minum segelas air putih
  2. Menyantap sedikit takjil
  3. Sholat maghrib setelah minum air putih dan takjil untuk memberi jeda ke perut
  4. Setelah sholat maghrib, makan makanan utama dengan porsi secukupnya
  5. Tidak terlalu banyak menyantap makanan yang manis karena makanan manis mengandung serotonin yang membuat kita sulit membatasi keinginan makan manis.

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage