Kelebihan Tidur Bagi Orang yang Berpuasa di Bulan Ramadhan

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/01 Oleh Mukhamad Arief Husada

 

Kelebihan Tidur Bagi Orang yang Berpuasa di Bulan Ramadhan — Ramadhan bak tamu istimewa bagi muslim di seluruh dunia. Anak-anak dan dewasa penuh sukacita mempersiapkan diri dalam menyambutnya. Bersilaturahmi saling memaafkan. Yang muda mengunjungi yang tua, yang tua memaafkan yang muda.

 

Selain itu tidak sedikit pula yang memiliki cara tersendiri dalam menyambut ramadhan. Di beberapa daerah di Indonesia dikenal istilah padusan. Tradisi mandi beramai-ramai di umbul atau sumber air sebagai prosesi mensucikan diri. Banyak juga yang memilih sungai, kolam renang, atau pantai. Beberapa yang memiliki hasrat eksibisionis tinggi akan menerobos hutan belantara untuk mandi di bawah air terjun ataupun gelapnya goa agar dapat mandi di mata air purba di dalam goa. Cara demikian memang lebih digemari di era yang semakin kekinian. Terlebih dengan kemajuan teknologi yang semakin mempermudah manusia saat ini.

 

Ramadhan memang bulan penuh berkah. Bahkan tidurnya orang yang berpuasa di bulan ramadhan pun diriwayatkan bernilai ibadah. Inilah yang mendorong munculnya kaum kelebihan tidur yang dapat kita jumpai di masjid-masjid ketika siang hari. Bermaksud agar tidak merasakan lapar dan dahaga, membunuh siang hingga maghrib menjelang, dan menghindari perbuatan maksiat.

 

Sebagian dari kaum kelebihan tidur ini adalah para jomblo fakir asmara. Mereka yang mulai sadar akan kesetiaan bantal yang selalu memberi tempat untuk bersandar. Bersanding dengan bantal tenggelam dalam mimpi, memimpikan balikan sama mantan. Agaknya mereka perlu diingatkan. Bahwa seindah apapun mantan mimpi nyelekit juga pas sadar kalo udah milik orang lain cuma bunga tidur. Eh? Maksdunya bahwa esensi dari puasa adalah menahan diri. Menahan diri dari masamnya terpaan bullying karena tak kunjung laku? Bukan. Menahan diri dari segala perbuatan yang membatalkan dan merusak.

 

Yang membatalkan puasa itu ialah segala tuntutan jasmani seperti makan, minum, dan hubungan dengan suami/isteri. Di luar Ramadhan, semua perbuatan tersebut adalah halal. Sedangkan perbuatan yang merusak ialah segala perbuatan yang merjurus kepada dosa seperti menggunjing, menipu, memfitnah, dan perbuatan tidak terpuji lainnya. Semua perbuatan tersebut adalah haram bukan ketika Ramadhan melainkan setiap saat. Dengan menahan diri, kita belajar mengendalikan segala bentuk nafsu sehingga terhindar dari perilaku yang akan menjerumuskan kita pada derajat yang rendah dan hina.

 

Puasa juga mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Perintah puasa diturunkan ketika Rasulullah telah berada di kota Madinah sekitar satu setengah tahun selepas hijrah. Kondisi masyarakat saat itu terdapat banyak fakir miskin sedangkan sebagian lainnya hidup dalam kecukupan bahkan kemewahan. Di tengah kondisi seperti itu Allah menurunkan perintah puasa sebulan penuh selama Ramadhan. Selama berpuasa kita dapat merasakan lapar dan dahaga. Bagaimana bekerja dengan perut kosong dan tenggorokan kering. Dengan begitu akan timbul empati diantara kita sehingga terwujud solidaritas dalam masyarakat.

 

Sampai disini dapat kita simpulkan, bahwa tujuan hakiki dari puasa tidak akan tercapai apabila dalam waktu berpuasa (sehabis imsak hingga menjelang maghrib) justru kita habiskan dengan tidur. Sebagaimana tidur membatalkan wudhu karena melumpuhkan sementara kesadaran, tubuh tidak akan merasa lapar dan dahaga ketika tidur.

 

“Bukankah bagi orang yang berpuasa, tidur bernilai ibadah?” Exactly.

 

“Matinya orang yang sedang menuntut ilmu pun sahid.” Tentunya kita tidak akan memahaminya sebagai anjuran untuk segera mati, namun sebagai keutamaan menuntut ilmu (yang bermanfaat).

 

Sudahlah, lagipula ini bukanlah larangan untuk bobok-bobok siang pas puasa. Hanya saja hati-hati jangan sampai pas bangun basah di bawah.

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage