Kehadiran Sensasional Blackberry Z10 Terbaru: Review & Spesifikasi

Kehadiran sistem operasi Blackberry 10 adalah sebuah awal baru untuk Research In Motion (RIM) setelah Blackberry sempat kehilangan banyak penggemarnya yang berpindah menjadi fans Apple (iPhone) dan Android (Samsung, HTC, LG). Blackberry kini siap kembali bertempur dengan merilis sistem operasi yang benar-benar baru serta jejeran perangkat yang baru pula.

blackberry z10 lazada indonesia2

Seperti yang sudah pernah Blog Lazada ulas sebelumnya, bahwa sistem operasi Blackberry 10 akan mengusung User Interface yang lebih user friendly dan trendi, yang dapat digambarkan mirip seperti gabungan sistem operasi Android dan Apple iOS. Tentunya bila begitu sistem operasi Blackberry 10 ini akan sangat cocok dengan sebuah perangkat dengan layar full touchscreen, dan memang betul ternyata Blackberry telah siap merilis smartphone terbarunya yang diberi nama Blackberry Z10, yang kabarnya menyatakan Blackberry Z10 akan launching di Indonesia pada bulan Maret 2013 ini.

blackberry z10 lazada indonesia

Blackberry Z10 bukanlah smartphone dengan layar touchscreen pertama dari Blackberry, sebelumnya vendor asal canada ini telah menghadirkan sedikitnya 4 smartphone yang hadir ditanah air dengan model layar sentuh seperti bb Torch dan bb Monza. Lalu apa yang menjadikan Blackberry Z10 kali ini berbeda dan siap menggempur pasar smartphone seperti Apple iPhone dan Android? Mari kita ulas bersama review, harga & spesifikasi Blackberry Z10.

Desain "All-New" Z10

Desain Blackberry seperti kita lihat bersama tidak pernah berubah terlalu jauh, modelnya selalu konsisten dengan potongan yang mirip-mirip dan tuts keypad yang selalu sama. Tetapi berbeda dengan Blackberry Z10, pandangan pertama pada handset ini adalah sebuah Smartphone dengan desain kaku, simple, "sleek" seperti iPhone atau LG Android tetapi kali ini berlogo Blackberry dibagian bawahnya, benar-benar desain yang dipersiapkan untuk bertarung melawan smartphone masa kini, dan telah terbukti bahwa desain tipis kaku dan simple memiliki potensi minat yang tinggi dikalangan pengguna smartphone. Pada bagian belakang  terdapat lambang "BB" ditengah dan kamera yang terletak disebelah kanan yang didampingi dengan sebuah flash LED. Secara keseluruhan Blackberry Z10 mengusung desain dengan material premium berkualitas tinggi serta detail desain yang menabjubkan seperti desain pada iPhone atau HTC.

blackberry z10 lazada indonesia3

Ukuran BlackBerry Z10 adalah 130 x 65.6 x 9mm dan berat 137.5g. Dengan ukuran ini Z10 akan nyaman digenggam dan layar berukuran 4.2 inci bukanlah layar yang terlalu besar untuk Z10 dengan  mudah dinavigasikan menggunakan satu tangan oleh seseorang bertelapak tangan besar, tetapi Z10 akan terasa terlalu besar dan berat untuk seorang dengan tangan mungil seperti seorang wanita.

blackberry z10 lazada indonesia4

Pada bagian atas Blackberry Z10 memiliki tombol power/standby yang berdampingan juga dengan port 3.5mm untuk headphone, tombol volume,mute dan voice command tersemat pada sebelah kanan atas yang memudahkan kita mengatur volume dengan satu jari telunjuk. Speaker eksternal pada Z10 teletak pada bagian bawah seperti pada semua model iPhone. Pada bagian kanan kita akan memiliki dua port yang satu adalah port Micro-USB untuk mensinkronis data di komputer pribadi dan mengisi daya, satu lagi adalah port HDMI yang dapat membantu Anda dalam menyajikan presentasi PowerPoint contohnya atau menikmati film bersama keluarga.

Mesin, Detail Fitur & Layar Z10

Dibalik desainnya yang menabjubkan, Blackberry Z10 dipersenjatai dengan 1.5GHz dual-core processor dengan RAM 2GB. Kita tidak akan mendapatkan pilihan kapasitas internal seperti handset Blackberry yang sudah-sudah, kapasitas internal yang disediakan adalah 16GB dan bila Anda membutuhkan lebih dari itu terdapat juga microSD card slot yang dapat Anda tambahkan kapasitasnya sampai 64GB.

blackberry z10 lazada indonesia8

Z10 memang siap dalam segala hal, termasuk dalam hal konektivitas. Z10 ini menawarkan koneksi 4G LTE dan HSPA+, sehingga apapun jenis koneksi provider kita, handset anyar ini dapat mendukungnya. Dilengkapi juga dengan ual-band Wi-Fi, Bluetooth 4.0, and NFC Blackberry Z10 siap melayani apapun jenis koneksi wireless yang Anda inginkan. Layaknya sebuah iPhone, Blackberry Z10 memiliki banyak sensor didalamnya seperti sensor pergerakan rotasi untuk mendukung GPS dan kegiatan lain seperti bermain game pada Z10. sensor cahaya juga tersemat pada handset anyar ini sehingga tingkat kecerahan layar akan otomatis berubah ketika cahaya sekitar berubah pula.

blackberry z10 lazada indonesia6

Layar pada Blackberry Z10 seperti dikatakan sebelumnya memakai layar sebesar 4.2 inci dan resolusi layar 1280 x 768 dengan kerapatan piksel 355ppi, yang artinya akan menghasilkan gambar tajam seperti handset-handset ayar lain yang ada saat ini (iPhone, Samsung, etc.)

Kamera Dengan Fitur Lengkap

Kamera adalah hal yang sepertinya wajib pada sebuah handset anyar, dan Blackberry Z10 berhasil memenuhinya! Z10 memiliki kamera 8 Megapiksel pada bagian belakang Blackberry Z10 dan Blackberry telah benar-benar menyiapkan seluruh kemampuan yang dapat dilakukan sebuah kamera pada Blackberry Z10 seperti time shift, burst shooting, face recognize, fokus otomatis yang sangat cepat dan banyak lagi. Terdapat masalah pada fokus otomatis saat mengambil gambar yang sangat dekat, tetapi itu adalah masalah yang lazim terjadi pada kamera sebuah smartphone yang mahal sekalipun.

blackberry z10 lazada indonesia kamera

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai juga menjadi pertimbangan yang besar bagi para pengguna smartphone, terkadang kita enggan membeli handset dengan baterai boros dan cepat habis bukan? Disamping seluruh kemampuan mumpuni pada Blackberry Z10 mungkin ini adalah salah satu poin kelemahannya, Z10 memiliki baterai 1800mAh tetapi untuk Anda yang selalu aktif dalam menggunakan sebuah smartphone mungkin Z10 tidak akan bisa menemani Anda sepanjang hari tanpa asupan daya lagi.

blackberry z10 lazada indonesia9
Spesifikasi Blackberry Z10:
Layar: 4.2 inci, Capacitive touchscreen, 16 Juta warna, 768 x 1280 pixels (~355 ppi pixel density), Multitouch

Prosesor:
Qualcomm MSM8960 Snapdragon Dual-core 1.5 GHz Krait GPU Adreno 225

Sistem Operasi:
BlackBerry 10 OS

Ukuran:
130 x 65.6 x 9 mm (5.12 x 2.58 x 0.35 in) | Berat : 137.5 g (4.83 oz)

Kamera:
8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Kamera depan 2 MP, 720p@30fps | Video 1080p@30fps, video stabilization, Fitur Kamera Utama Geo-tagging, continuous auto-focus, image stabilization, face detection

Memori:
Internal 16 GB storage, 2 GB RAM, External microSD, up to 64 GB

Data:
GPRS | EDGE | HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps; LTE, EV-DO Rev. A, up to 3.1 Mbps | Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band | Bluetooth v4.0 A2DP, LE, microUSB v2.0

Baterai:
Li-Ion 1800 mAh battery Waktu bicara 10 jam dan waktu stand by 312 jam

Fitur:
Browser HTML5 | GPS with A-GPS support | Java MIDP 2.1 | HDMI port | BlackBerry Maps | 3.5 mm jack

Indonesia Launching Date :
Maret 2013

Harga: Blackberry Z10 dibanderol berkisar pada harga Rp. 6.800.000 ~ Rp. 7.000.000

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage