Kartu Ucapan Imlek? Bisa Bikin Sendiri Lho!

Kartu Ucapan Imlek? Bisa Bikin Sendiri Lho! — Sebentar lagi kita akan merayakan Tahun Baru Cina atau juga sering disebut sebagai Imlek. Perayaan hari besar Imlek ini adalah perayaan yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa setiap tahunnya. Tak hanya berlangsung di Cina, perayaan Imlek juga dirayakan oleh masyarakat Tionghoa yang ada hampir di seluruh negara di dunia dengan tradisi yang unik di setiap negara.

 

tahun baru cina

 

Perayaan Imlek diantaranya adalah perayaan sembahyang bersama di kelenteng, berkumpul bersama keluarga untuk makan makanan khas Imlek seperti kue keranjang dan mie panjang umur, memakai baju khas Imlek yakni Cheongsam, hingga pemberian angpao yang serba bernuansa merah. Merah diyakini masyarakat Tionghoa jaman dahulu dapat mengusir makhluk jahat bernama Nian dan dipercaya membawa keberuntungan dan kebahagiaan untuk setahun kedepan. Perayaan Imlek juga menjadi salah satu momen berkumpul bersama keluarga, memberi angpao kepada anak-anak dan keponakan serta tak lupa juga memberikan kartu ucapan Imlek kepada keluarga dan kerabat-kerabat.

(Baca juga: Makna dan Sejarah Seputar Tahun Baru Imlek)

 

Macam- Macam Kartu Ucapan Imlek

Kartu ucapan Imlek juga bisa kamu berikan untuk orang yang dituakan, seperti orang tua, tante, om, dan lainnya. Kartu Ucapan Imlek memang terlihat biasa saja, tetapi orang-orang yang mendapatkan kartu ucapan akan senang saat kamu menunjukkan sedikit perhatian dengan memberikan kartu ucapan imlek. Apalagi kamu membuatnya dengan tangan kamu sendiri atau handmade. Membuatnya dengan sederhana saja, yang penting niat kamu tulus memberikan kartu ucapan Imlek. Nah, untuk itu, kamu perlu tahu apa saja yang harus kamu ketahui sebelum menyediakan bahan-bahan membuat kartu ucapan Imlek.

 

  1. Yang pertama, kamu harus tahu tahun 2016 adalah tahun bershio apa. Perlu kamu ketahui, 2016 adalah tahun bershio monyet api. Shio monyet api bisa kamu jadikan sebagai ide untuk membuat kartu ucapan Imlek kamu.
  2. Kamu harus list siapa saja yang akan kamu berikan kartu ucapan Imlek agar kamu bisa memperkirakan seberapa banyak bahan-bahan yang akan kamu butuhkan.
  3. Setelah kamu selesai mengecek siapa saja yang akan mendapat kartu ucapan kamu, kamu perlu menggolongkannya. Misalnya kartu ucapan untuk orang yang dituakan dan kartu ucapan untuk teman-teman terdekat.
  4. Mencari desain-desain kartu ucapan Imlek untuk menambah kreatifitas kamu dalam membuat kartu ucapan Imlek.

 

Nah, setelah persiapan diatas sudah kamu lakukan. Saatnya mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan desain yang menjadi patokan kamu. Nah, ini dia dua desain shio monyet api 2016 yang bisa kamu gunakan.

 

shio monyet

 

Nah setelah mendapatkan inspirasi dari desain-desain diatas, kamu harus segera menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Ini dia bahan-bahan yang harus kamu sediakan untuk membuat kartu ucapan Imlek:

 

  • Kertas karton merah
  • Gunting
  • Lem
  • Spidol berwarna / Crayon
  • Hasil print shio monyet Api

Setelah menyiapkan bahan-bahan diatas, berikut langkah-langkah membuat kartu ucapan Imlek. Check it out!

 

  • Langkah pertama, kamu memotong kertas karton menjadi 20 x 20 cm. Usahakan kertas yang kamu gunakan kertas karton berwarna merah, ya. Setelah itu, kamu lipat menjadi dua bagian sama panjangnya.

kartu ucapan imlek

  • Setelah dilipat, lipat lagi bagian yang terlipat sepanjang 0.5 – 1cm.

kartu imlek

  • Lalu kamu mengguntingnya secara diagonal (Sepanjang lipatan 0.5 – 1cm)

kartu ucapan imlek shio monyet api

  • Lalu rakit seperti pada gambar berikut.

ucapan imlek

  • Setelah itu, kamu bisa menuliskan Selamat Tahun Baru Imlek 2016 dengan spidol berwarna dan tempelkan shio monyet api di tempat yang kamu inginkan. Jangan lupa beri pesan di dalam kartu ucapan tersebut.

kartu ucapan Imlek 2016

 

Selesai! Kamu juga bisa lihat video membuat kartu ucapan Imlek disini:

 

Nah, itu dia salah satu cara membuat kartu ucapan Imlek. Kamu juga bisa membuatnya dengan cara-cara lainnya. Selamat mencoba dan Selamat Tahun Baru Imlek 2016! Gong Xi Fat Cai!

About the Author

Septi Riyani Maulida ; Lazada Indonesia

PROMOTION

homepage