Jepang Akan Penjarakan Pengunduh Ilegal

Bagi Anda yang sering mengunduh melalui internet, ada baiknya untuk membaca artikel berikut.

Jepang baru saja memberlakukan undang-undang yang efektif mulai berlaku pada hari ini, 01 Oktober 2012 menyangkut pengguna internet yang ketahuan mengunduh secara ilegal. Mereka akan dikenakan sangsi 2 tahun penjara atau denda sebesar 2 Juta Yen, sekitar IDR 246.276.000 (Dua ratus empat puluh enam juta dua ratus tujuh puluh enam ribu rupiah). Sementara mengunggah, justru mendapatkan hukuman yang lebih berat yakni hukuman penjara maksimal 10 tahun serta denda 10 Juta Yen atau sekitar IDR 123.138.000 (Seratus dua puluh tiga juta seratus tiga puluh delapan ribu rupiah).

Secara teori, pembajakan merupakan salah satu hal yang dapat menyeret Anda ke penjara, sebagai contoh, saat Anda mengunduh video dari YouTube dan menyimpannya ke dalam komputer Anda, hal itu bisa dikategorikan tindakan ilegal.

Sebenarnya mengunduh berbagai material yang dilindungi merupakan tindakan ilegal di Jepang sejak tahun 2010, namun belum diberlakukan tindakan tegas. Hukum ini sendiri disahkan setelah adanya pengaruh dari Recording Industry Association of Japan. RIAJ bukan tanpa dasar menghendaki pelegalan hukum tersebut. Sebuah studi pada tahun 2010 memuat jumlah pengunduhan ilegal di negara tersebut berbanding terbalik dengan pengunduhan secara legal yakni 10 banding 1.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia?

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage