Mengenal Jenis Kaca Gadget Anda (Corning Gorilla Glass, Dragontail Glass, dll)

Mengenal Jenis Kaca Gadget Anda (Corning Gorilla Glass, Dragontail Glass, dll) — Bagi pengguna gadget portabel seperti tablet atau smartphone tentunya sudah tidak asing lagi mendengar kata Corning Gorilla Glass, Oleophobic Coating atau Scratch Resistant Glass. Kalimat tersebut kerap kita lihat pada spesifikasi layar sebuah gadget, nama-nama ini adalah bahan perlindungan layar pada gadget Anda.

GorillaGlass

Tidak hanya tahan akan goresan, perlindungan layar ini diklaim juga mampu melindungi kaca akan benturan sehingga tidak mudah pecah. Salah satu jenis screen protector yang paling terkenal adalah Corning Gorila Glass yang banyak dipakai pada ponsel saat ini. Namun, tidak hanya Corning Gorila Glass, masih banyak jenis-jenis pelindung layar lainnya yang sering digunakan. Berikut ini penjelasannya.

Corning Gorilla Glass

Corning Gorilla Glass mulai populer pada tahun 2010 dimana pada saat itu Gorilla Glass telah diaplikasikan pada 20% gadget portabel diseluruh dunia. Pada tahun 2013, perusahaan ini merilis Corning Gorilla Glass 3 yang memiliki ketebalan lebih tipis serta diklaim memiliki kekuatan 3x lipat lebih kuat dibanding pendahulunya. Menariknya lagi, Corning Gorilla Glass juga ramah lingkungan, yakni berbahan yang mudah terdaur ulang. Hampir semua brand populer kini memakai Corning Gorilla Glass dan menjadikannya sebagai keunggulan yang dapat dijual.

Dragontrail Glass

Dragontrail Glass merupakan produk dari Asahi Glass. Dragontrail boleh dibilang teknologi anti gores yang sangat kuat karena Dragontrail mampu menahan beban sampai dengan 60 kg dengan ketebalan kaca yang hanya 1 mm. Dragontrail ini juga memiliki kekuatan 6 kali lebih tangguh dibandingkan layar ponsel kebanyakan. Beberapa merk cina menggunakan layar Dragontail seperti Xiaomi Redmi 1S.

Salah satu bukti keampuhan Dragontrail Glass yang diaplikasikan pada Xiaomi Redmi 1S (knife scratch test):

Scratch-Resistant Glass

Scratch-resistant glass adalah pengertian dari sejenis lapisan yang melindungi layar dari goresan-goresan ringan. Dan sesuai dengan namanya, lapisan tersebut akan membantu mengurangi efek goresan pada permukaan layar sehingga cukup menolong supaya layarnya tidak mudah tergores.

Oleophobic Coating

Oleophobic Coating adalah sejenis lapisan yang ditambahkan pada permukaan kaca agar tidak mudah tertempel minyak atau kotoran dari jari. Tipe ini juga tahan terhadap goresan.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage