Jenis-jenis Suplemen Makanan Bagi Tubuh

Saat ini, banyak pertanyaan dan perdebatan yang muncul mengenai suplemen makanan. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengenal lebih jauh mengenai suplemen makanan. Suplemen makanan atau food supplement secara definisi dapat diartikan sebagai produk kesehatan yang berbentuk kapsul, tablet, bubuk, ataupun cairan yang didalamnya terkandung zat-zat bernutrisi. Suplemen makanan ini biasanya dibuat dan diformulasikan dari bahan-bahan alami. Berbeda dengan obat yang digolongkan sebagai pharmaceutical, suplemen makanan digolongkan sebagai kelompok nutraceutical. Berbeda dengan fungsi obat yang dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit, suplemen makanan bersifat melengkapi bagi orang yang tidak seimbang kadar nutrisinya.

Pada era modern masa kini, dimana segala yang instan menjadi pilihan, banyak masyarakat yang memilih untuk mengkonsumsi makanan siap saji, makanan yang kadar nutrisinya belum tentu baik untuk tubuh. Banyak pula masyarakat yang memiliki banyak aktivitas sehingga tidak memperhatikan dampaknya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, solusi yang akan sangat bermanfaat yaitu dengan mengkonsumsi suplemen makanan. Suplemen makanan yang dikonsumsi akan berfungsi sebagai pengganti nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Baik untuk penambah tenaga, maupun untuk pencegahan penyakit. Berikut macam-macam kandungan yang terdapat pada produk-produk suplemen makanan:

1. Vitamin

Vitamin sangat bermanfaat untuk sumber tenaga dan pelancaran metabolisme tubuh. Bila tubuh mengalami kekurangan vitamin, dapat terjadi efek langsung seperti badan lemas, sariawan, sampai terkena penyakit-penyakit tertentu. Oleh karena itu, besar pengaruhnya kadar vitamin dalam tubuh dalam menjaga kesehatan.

2. Mineral

Mineral adalah senyawa kimia yang dapat berfungsi dalam proses biokimia tubuh sebagai elektrolit dan katalis enzim. Mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses metabolisme tubuh. Contoh mineral yaitu zat besi, selenium, dan kalsium.

3. Asam Amino

Asam amino merupakan senyawa organik yang jika berikatan akan membentuk protein. Contoh asam amino yang digunakan yaitu taurin. Taurin bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh dengan cara mengatur kontraksi jantung dan tekanan darah sehingga tubuh menjadi lebih berstamina.

4. Herbal

Herbal merupakan zat-zat alami berasal dari tumbuhan yang memiliki manfaat-manfaat seperti antioksidan, menurunkan kolesterol, dan sebagainya. Contoh suplemen herbal yaitu aloe vera, ginseng, gingko biloba, dan tanaman herbal lainnya.

Konsumsi suplemen makanan memang merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang memiliki banyak kesibukan setiap harinya. Namun, sebelum memilih suplemen makanan, sebaiknya Anda mengenali kebutuhan nutrisi Anda sehingga dapat memilih produk apa yang akan Anda konsumsi. Setiap manusia memiliki susunan struktur tubuh (organ, jaringan dan sel) yang berbeda-beda. Sehingga, untuk mengoptimalkan kadar kecukupan gizinya pun kebutuhannya berbeda-beda. Agar lebih tepat dan jelas kebutuhan Anda, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter pribadi.


PROMOTION

homepage