Ini Dia Penjelasan Bagaimana GPS Bekerja

GPS atau Global Positioning System bukan hal baru. Namun, kemudahan dalam menggunakan fitur-fiturnya kini semakin banyak dicari orang. Bagi Anda yang sulit membaca peta konvensional, selamat datang di era peta digital.

How It Works?

GPS menerima sinyal dari satelit kemudian melakukan perhitungan sehingga Anda dapat mengetahui posisi Anda sekarang dalam koordinat lintang dan bujur, kecepatan, jarak serta perkiraan waktu yang ditempuh. ‘Posisi’ yang ditampilkan adalah sistem referensi geodetik WGS-84 sementara ‘Waktu’ yang ditampilkan adalah sistem referensi USNO (U.S. Naval Observatory Time).

How It Tracks Position?

Dalam menentukan posisi, GPS device menerima sinyal yang telah ditransmisikan oleh satelit GPS. Setidaknya dibutuhkan 3 satelit untuk ‘membaca’ posisi 2 koordinat (lintang dan bujur), dan dibutuhkan 4 satelit untuk ‘membaca’ posisi 3 korrdinat (lintang, bujur dan ketinggian). Untuk mendapatkan beberapa sinyal tersebut, GPS device harus berada di tempat terbuka agar lebih mudah terbaca. Apabila GPS device berada di dalam ruangan atau dikelilingi oleh bangunan tinggi, sinyal akan sulit untuk diterima, akibatnya penentuan posisi semakin tidak akurat.

Where It Used?

Namun pada dasarnya, GPS terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu Aviation GPS (udara), Marine GPS (laut) dan Land GPS (darat). Karena perbedaan wilayah tersebut, maka dapat dipastikan apabila model dan bentuk GPS akan berbeda tergantung dari pengunaannya. GPS yang digunakan dalam sistem navigasi pesawat pastinya berbeda dengan sistem penentuan lokasi pertanian, misalnya.

Car GPS?

GPS yang banyak tersedia untuk mobil merupakan perangkat umum yang digunakan sebagai sistem navigasi sipil. Perangkat yang terpasang pada mobil disebut GPS Receiver karena ia menerima sinyal GPS. Bekerja dengan menghitung lama waktu oleh tiga atau lebih satelit dalam mengirimkan sinyal, GPS Receiver akan memperoleh koordinat di mana dia berada. Hal ini membutuhkan waktu sekitar sepersekian detik sehingga data tetap dapat diterima oleh GPS Receiver walaupun mobil yang dikendarai berjalan dalam kecepatan tinggi.

Karena informasi yang diterima berupa nomor koordinat, GPS Receiver akan memroses lagi data yang diterima tersebut agar dapat ditampilkan dalam bentuk peta digital untuk memudahkan para pengguna.

Selain menampilkan dalam bentuk peta digital, beberapa model telah dilengkapi dengan sensor seperti drivetrain, gyroscope juga accelerometer untuk memberikan informasi yang lebih detail dan rinci. Teknologi terbaru bahkan menyertakan tampilan 3D agar pengguna mengetahui bangunan apa saja yang berada di sekitarnya, hal ini dapat membantu pengguna untuk mendapatkan lokasi dengan lebih akurat.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap melakukan perjalanan dibantu oleh GPS asisten?

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage