Ide Kreatif dan Unik yang Bermanfaat Saat Ngabuburit

Artikel ini di Submit Pada 19 Juni 2015 Oleh: Widi Kurniawan

 

Ide Kreatif dan Unik yang Bermanfaat Saat Ngabuburit — Saat Ramadhan tiba, banyak orang pun fasih menyebut kata ‘ngabuburit’. Istilah yang berasal dari Bahasa Sunda, Jawa Barat, yang dimaknai secara umum sebagai kegiatan menunggu waktu berbuka puasa.

 

Walaupun sebenarnya dalam Islam tidak mengenal istilah ‘ngabuburit’, tetapi sebagai bagian dari budaya masyarakat, maka ngabuburit, boleh-boleh saja dilakukan sepanjang berisi kegiatan positif yang tidak melanggar aturan agama serta nilai-nilai dalam masyarakat. Bahkan ngabuburit bisa menjadi waktu yang baik untuk memanen pahala saat Bulan Ramadhan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain.

 

Tentu sebagian besar dari kita pun selama ini antusias melakukan kegiatan ngabuburit. Tapi apakah kegiatan itu berwujud sesuatu yang unik atau kreatif serta bermanfaat? Nah, berikut ini beberapa ide kegiatan ngabuburit unik dan kreatif yang bisa dicoba, dan pastinya memberikan manfaat yang positif.

 

1 Safari Ramadhan Versi Baru

Bila mendengar istilah ‘Safari Ramadhan’ biasanya kita teringat kegiatan yang dilakukan oleh para pejabat untuk berkeliling mengunjungi berbagai daerah dan ikut beribadah di daerah itu. Namun, sebenarnya siapapun bisa melakukan Safari Ramadhan, tentu dengan versi kita masing-masing. Misalnya tiap sore berkunjung ke masjid yang berbeda, duduk di dalam masjid, berdoa, ngaji, sholat hingga tiba waktu Maghrib.

Mengunjungi masjid yang berbeda akan membuat kita makin merasakan keagungan Allah, karena tiap masjid memiliki suasananya sendiri serta arsitekturnya sendiri. Tapi kegiatan ini jangan diartikan sebagai mencari takjil gratis untuk berbuka ya. Justru alangkah lebih baik jika saat berkunjung ke masjid-masjid itu kita pun ikut menyumbang takjil bagi jamaah yang hendak berbuka.

 

2 Menulis Jurnal Ramadhan

Bagi yang suka menulis, kegiatan ini patut dicoba. Cukuplah sehari satu tulisan dan dilakukan saat ngabuburit, maksimal 30 tulisan bakal jadi selama sebulan penuh. Wah, bisa jadi buku nih.

Temanya bisa saja tentang Ramadhan, yakni segala sesuatu yang kita alami dan rasakan selama menjalani ibadah puasa. Atau bisa pula tema lain yang menarik untuk dibuat jurnal.

Dengan perkembangan berbagai jenis media, tulisan kita pun bisa langsung kita tayangkan melalui blog atau media sosial lainnya. Bikin secara berseri, siapa tahu teman atau pembaca tulisan kita tertarik untuk selalu mengikuti. Berarti akan menjadi kegiatan yang bermanfaat pula bagi orang lain bukan?

 

3 Menggelar Acara Baca Buku Gratis

Bagi yang punya koleksi buku banyak, alangkah bermanfaat tatkala tiap sore menggelar acara membaca buku gratis bagi orang-orang di lingkungan kita. Kita pun bisa menggandeng teman-teman untuk ikut menyumbang buku yang hendak dibaca secara gratis tiap sore.

Daripada buku menumpuk di rumah, lebih baik kita keluarkan dan memberi kesempatan bagi orang lain untuk ikut membacanya. Tempatnya bisa di mana saja, teras rumah, lapangan olahraga, atau di taman-taman.

 

4 Bukan Sekedar Hunting Foto

Punya minat dan hobi foto? Mending ngabuburit diisi dengan mengasah kemampuan dan kepekaan fotografi. Temanya sudah pasti tentang suasana Ramadhan. Bisa suasana di masjid, tempat keramaian penjualan takjil, pasar tradisional dan lain-lainnya.

Tidak punya kamera SLR? Hmm, jaman sekarang bukan halangan bagi yang hobi foto-foto. Cukup pakai kamera smartphone kita bisa berkreasi untuk menghasilkan foto keren. Tengoklah di situs belanja online terbesar Lazada.co.id, tersedia beragam smartphone yang memiliki fitur kamera mumpuni dan mampu menghasilkan foto memuaskan.

Bahkan keunggulan memakai kamera smartphone di antaranya selain lebih praktis, juga langsung bisa digunakan untuk mengunggah hasil jepretan kita di media sosial.

 

5 Belanja Online dan Jadi Guru Belanja Online

Ramadhan identik dengan banyaknya kebutuhan rumah tangga yang harus dibeli, apalagi menjelang lebaran. Mengisi ngabuburit dengan belanja online sebenarnya sangat menguntungkan daripada kita capek-capek jalan berdesakan di pusat perbelanjaan. Apalagi di kala kita berpuasa, pastilah akan menguras tenaga.

Sesungguhnya, menelusuri situs belanja terbesar Lazada.co.id bisa diibaratkan kita menjelajahi pusat-pusat perbelajaan. Namun, bisa dipastikan belanja online di Lazada.co.id akan lebih mudah dan praktis dalam menemukan barang yang kita butuhkan ketimbang memasuki satu demi satu toko di dalam pusat perbelanjaan.

 

Di saat ngabuburit, tidak ada salahnya juga kita menjadi seorang guru belanja online.

“Hah, apa pula itu?”

Yup, meski jutaan orang Indonesia sudah mengenal belanja online, tetapi masih banyak pula yang belum kenal, tidak mengerti, takut atau ragu-ragu melakukan transaksi belanja online. Nah, dari hal itu kita bisa menawarkan bantuan untuk mengajari tahapan-tahapan belanja online kepada saudara, tetangga, teman atau orang tua yang belum memahami.

 

Lakukanlah dengan memberi contoh dan memperlihatkan ketika kita berbelanja online di Lazada.co.id. Saat barang pesanan sudah datang, beri tahu kerabat kita tersebut sehingga ia percaya bahwa belanja online sangatlah mudah, praktis, aman dan terpercaya. Bantulah ia ketika kemudian akan membeli barang kebutuhan Ramadhan atau Lebaran. Selanjutnya pastilah akan sangat menyenangkan melihat kerabat kita sudah bisa bertransaksi belanja online secara mandiri.

 

Lazada blog finalist

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage