Fitri dalam Ramadhan

Artikel ini di Submit Pada 2015/07/04 Oleh Shella Aisiyah Diva

 

“Pergi ke Jakarta beli kelapa

Surfing di internet nemu Lazada

Tidak terasa Ramadhan kembali hadir menyapa

Luruskan niat cari barokah”

 

Agaknya pantun di atas kembali mengingatkan akan cepat waktu bergulir tanpa terasa sama sekali. Rasanya baru kemarin kita berharap bisa kembali bertemu dengan bulan Ramadhan, ternyata Allah masih berbaik hati dan kembali mempertemukan kita dengan bulan Ramadhan. Alhamdulillah….

 

Seperti yang kita ketahui bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan umat muslim di seluruh penjuru dunia. Bahkan sesusah apapun tantangan mereka untuk bisa berpuasa, mereka akan jalani dengan sepenuh bilamana mengingat ganjaran apa yang akan diberikan Allah SWT kepada umatnya yang berpuasa dengan ikhlas Lillahi Ta’ala amat begitu besar.

 

Dari Abu Said Al-Khudri secara marfu’:

Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah kecuali karenanya Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka sejauh 70 tahun perja­lanan. (HR. Al-Bukhari)

Sungguh luar biasa ganjaran yang diberikan Allah kepada kita atas puasa dan segala amal yang kita kerjakan di bulam Ramadhan bulan suci penuh ampunan dengan hati yang ikhlas Lillahi Ta’ala. Bulan Ramadhan adalah bulan yang akan kembali memfitrikan hati kita. Mengapa?

Tidak dapat dipungkiri di seluruh umat muslim di penjuru dunia pasti berlomba-lomba untuk mencari keridhoan Allah dengan mengerjakan banyak amalan-amalan yang sebelumnya ia tidak pernah lakukan kecuali pada saat Ramadhan. Belum lagi pada saat berpuasa di bulan Ramadhan, kita diajarkan untuk berpuasa seluruh tubuh dan jiwa, Artinya belajar menahan diri dan hawa nafsu untuk segala sesuatu yang sangat dibenci oleh Allah.

 

Itulah yang dikatakan Allah SWT dalam firmannya yang berbunyi:

“Tiadalah yang diucapkannya itu (al-Quran dan al-Hadist) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepada-Nya)” (QS an-Najm [53]: 3-4)

 

Maka dari itu bulan Ramadhan akan mengajarkan kita untuk kembali fitri. Fitri hati, Fitri perbuatan dan Fitri segala yang ada dalam diri dan jiwa kita agar kita dapat menjadi pemenang yang sejati di hari yang Fitri nanti. Tidak pun harus menunggu hari yang Fitri itu datang, bulan Ramadhan sudah membuat kita belajar untuk lebih Fitri lagi. Oleh sebab itu, jangan lewatkan sedikit pun momen Ramadhan di hidup kita karena umur manusia tiada yang tahu kalau bisa manfaatkan momen Ramadhan yang saat ini ada untuk belajar membuat diri kita menjadi lebih Fitri.

 

Sungguh ganjaran besar dari Allah berupa Surga yang telah dipersiapkan bagi kita orang-orang yang memaknai Ramadhan dengan sepenuh hati dan belajar menjadi lebih Fitri lagi adalah Surga yang mengalir di dalamnya sungai yang tiada pernah berhenti, buah-buahan yang enak-enak dan dilayani oleh para bidadri dan bidadarawan yang cantik dan tampan jelita dan yang ada hanya keabadian serta wajah yang tiada pernah menua. MahaBenar Allah dengan segala Firman-Nya. Kiranya kita bisa menjadi lebih Fitri lagi dalam Ramadhan kali ini dan semoga akan menjadi lebih ke depannya. Aamiin.

 

Lazada-blog-finalist125

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage