Fakta Ramadhan: 7 Manfaat Kurma

Fakta Ramadhan: 7 Manfaat Kurma — Banyak yang bilang buah kurma memiliki berbagai khasiat ajaib. Bukan sekedar isapan jempol, namun memang buah kurma memiliki khasiat yang istimewa bagi yang mengkonsumsinya. Maka dari itulah fakta mengenai buah kurma ini sangat menarik untuk dibahas. Inilah fakta-fakta menariknya yang dihimpun dari Weill Cornell Medical College di Qatar.

khasiat manfaat fakta kurma puasa ramadhan lazada indonesia

Fakta 1: Kurma Dalam Kitab Islam

Buah berwarna gelap yang legit dan manis ini bukanlah buah biasa. Dalam Al Quran,  kurma disebut sebanyak 24 kali, menunjukkan bahwa kurma memiliki kelebihan dari buah-buahan yang lain.

“Di bumi ada buah-buahan dan ada pohon kurma yang memiliki kelopak mayang.” (Q.S. Ar-Rahman: 11).

Selain di Al Qur an, berbagai manfaat kurma juga disebutkan di berbagai hadis, antara lain Rasulullah SAW bersabda,

“Kurma itu menghilangkan penyakit dan tidak membawa penyakit. Ia berasal dari surga. Dan di dalamnya terkandung obat.”

Umat Islam juga dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa, Nabi Muhammad SAW, seperti yang diriwayatkan Salman bin Amir,

“Apabila salah seorang di antara kamu berpuasa, hendaklah berbuka dengan kurma, bila tidak ada kurma, hendaklah dengan air (H.R.: Ahmad dan At-Tirmidzi).

Fakta 2: Tanaman Purba yang tangguh

Berdasarkan bukti-bukti sejarah, pada tahun 4.000 SM, kurma mulai dibudidayakan di Mesopotamia. Kurma baru mendunia dan dikenal di Eropa dan Asia pada abad 18.

Pohon kurma dapat disebut sebagai tanaman yang tangguh karena, di tanah yang kering dan tandus seperti Jazirah Arab, pohon kurma (Phoenix dactylifera Linn) dapat tumbuh subur.

Fakta 3: Kandungan Gula yang Mudah Dicerna

Menurut Dr Anwar El Multi dari Mesir, kurma mengandung glukosa 70%. Glukosa ini mudah dicerna dan mudah dibakar oleh tubuh sehingga menghasilkan energi tinggi namun tanpa mempersulit tubuh untuk mengolah, mencerna dan memanfaatkan kurma untuk kebutuhan tubuh.

Fakta menarik lain tentang kandungan kurma ditemukan oleh Dr David Conning, Dirjen British Nutrition Foundation:

Segelas air yang mengandung glukosa akan diserap dalam waktu 20 – 30 menit. Karena kandungan seratnya yang tinggi, gula dalam kurma baru habis terserap dalam tempo 45 – 60 menit. Karena itu, mengonsumsi kurma pada waktu sahur akan membuat badan kita menjadi segar dan tahan lapar.

Fakta 4: Kandungan Mineral yang Sangat Baik

Kurma sering diistilahkan sebagai manjam (barang tambang) karena mengandung banyak unsur mineral, seperti fosfor, kalsium, magnesium, besi, sodium, sulfur, dan klorin. Mineral adalah zat anorganik yang terdapat di alam dan mineral diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses metabolisme dan melindungi fungsi organ tubuh, seperti:

  • Kalsium, berfungsi  membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi.
  • Fosfor,   bersama kalsium Fosfor berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi.
  • Magnesium berfungsi membantu fungsi enzim, otot dan saraf.
  • Kalium  berfungsi mempertahankan fungsi normal otot jantung, menjaga keseimbangan tingkat asam basa cairan tubuh, transmisi saraf dan sintesis protein.
  • Natrium/Sodium berfungsi mempertahankan tekanan osmosis dan keseimbangan air dalam tubuh, mempertahankan permeabilitas sel, membantu mempercepat transmisi rangsangan saraf dan keseimbangan asam basa.
  • Zat besi terdapat dalam darah sebagai hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel dan kembali membawa karbondioksida untuk dilepaskan di paru-paru.

Fakta 5: Menjaga Kurma Tetap Awet & Sehat

Kurma tanpa pengawet yang ada di sebuah toko akan tahan selama 9-10 bulan jika disimpan di tempat bersuhu 6-10 derajat Celsius, seperti pendingin (chiller) atau kulkas.

Sebelum dimasukkan ke dalam pendingin, terlebih dahulu kurma dibalut dengan plastik khusus  yang tidak menimbulkan hawa panas sehingga kurma tidak menjadi berkeringat dan terjaga kadar kelembapannya.

Jika suhu tempat penyimpanan di atas 24 derajat Celsius, dikhawatirkan akan tumbuh jentik atau kutu. Kurma yang sering keluar masuk kulkas pun akan cepat rusak atau membusuk. Jadi jika kita ingin makan lima buah, cukup keluarkan secukupnya saja.

Jika tekstur kurma lengket, sudah tidak legit, serta terasa ada gumpalan-gumpalan kecil (grindil-grindil), berarti kurma sudah tidak prima. “Apalagi jika warnanya tidak mulus dan kulitnya sudah berbintik-bintik putih. Jangan ragu, segera buang ke tempat sampah, karena sudah tidak layak dikonsumsi.”


PROMOTION

homepage