Fakta Kesuksesan BBM Lintas Platform & Keuntungannya Bagi Blackberry

Fakta Kesuksesan BBM Lintas Platform & Keuntungannya Bagi Blackberry Kesuksesan Blackberry Messenger (BBM) lintas platform telah terbukti. Aplikasi chatting besiutan Blackberry yang beberapa kali sempat diundur kehadirannya ini sekarang telah mencapai jutaan download melalui Google play maupun App Store. Lalu apa langkah Blackberry selanjutnya? Apa keuntungannya bagi Blakcberry? Pertanyaan ini merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Banyak kesimpulan menyebutkan bahwa orang akan makin meninggalkan smartphone BlackBerry karena sudah bisa memakai BBM di iPhone dan ponsel Android. Apalagi kita tahu hingga kini Blackberry tidak hentinya mengkapanyekan perangkat Blackberry 10 seperti Blackberry Q10, Q5, Z10 dan terakhir Z30.

Tentu saja banyaknya jumlah pengguna BBM di Android dan iPhone merupakan keuntungan bagi Blackberry, tinggal masalah waktu bagi Blackberry menemukan cara monetisasi atau menghasilkan uang dari BBM. Meski belum diketahui bagaimana Blackberry akan menyisipkan iklan dalam Aplikasi BBM pada tiap android dan iPhone ataukah menjadikan pengguna BBM membayar pertahun seperti aplikasi Whatsapp, namun pastinya Blackberry akan menemukan cara memanfaatkan pengguna BBM yang mencapai 10 jutaan tersebut.

Sementara kini bentuk komersialisme BBM belum diketahui, para pengguna BBM di iPhone dan android saat ini justru bisa ‘mencicipi’ secercah bagian dari Blackberry 10 melalui aplikasi BBM tersebut. Namun tentunya dibutuhkan lebih dari sekedar BBM for android & iOS untuk menarik pemakai BBM lintas platform ini untuk mulai beralih pindah ke perangkat Blackberry 10 untuk merasakan “The Real BBM.”

FYI, banyak pihak yang beranggapan bahwa membiarkan pengguna merasakan BBM pada iPhone dan Android ini merupakan bagian dari langkah awal dari promosi besar BB10. Tentunya berbeda dari promosi lewat iklan, memperkenalkan “sebagian kecil dari bb10” dengan pengguna mengalaminya langsung diharapkan dapat mengalihkan pengguna iPhone dan Android tertarik kembali menggunakan BlackBerry – dimana Blackberry kini kerap menghadirkan perangkat BB10 High-end terbarunya.

Jika benar begitu adanya, apakah cara promosi ini efektif? Sejauh ini berbagai pihak yang telah mencoba aplikasi BBM di iPhone dan android dan banyak yang mengeluhkan bahwa fitur BBM mereka tidak selengkap fitur yang ada pada perangkat BB asli, belum lagi kejadian message yang sering pending atau crash. Kejadian tersebut, membuat pengguna seringkali membandingkan aplikasi BBM lintas platform dengan BBM pada perangkat asli Blackberry dan tersimpul bahwa “betapa nyamannya chatting di BBM dengan perangkat Blackberry.” Bila sudah terjadi hal ini, bukan tidak mungkin strategi promosi bbm for android & iOs ini berhasil mendongkrak penjualan perangkat BB10 – q10, q5, z10 dan z30.

Perlu anda ketahui, hingga kini akumulasi download aplikasi BBM dari Google Play (android) dan Appstore (iPhone) hampir mendekati 100 juta kali. Makin banyak orang yang merasakan ekosistem BB10 melalui aplikasi tersebut, diharapkan misi BlackBerry untuk mendapatkan kembali pelanggannya bisa saja terjadi.

[button size=medium style=less_round color=blue align=none url=http://www.lazada.co.id/blackberry/?utm_source=officialblog&utm_medium=blog&utm_campaign=blogging_keuntunganblackberry]Kategori Blackberry Terbaru di Lazada.co.id Klik disini[/button]

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage