Enid Blyton: Pengarang yang Paling Dicintai

Enid Blyton (1897-1968) dijuluki sebagai Ratu Tukang Cerita. Pengarang cerita anak paling produktif, yang juga dikenal dengan nama Mary Pollock,  ini telah menulis sekitar 700 buku selama hidupnya. Beberapa hasil karyanya telah diterjemahkan ke dalam 129 bahasa. Namanya dicantumkan dalam daftar UNESCO 1975 sebagai pengarang wanita kedua di dunia yang bukunya paling banyak diterjemahkan. Beliau telah menulis berbagai cerita anak berdasarkan berbagai macam karakter dari berbagai macam umur. Hasil karyanya sukses di manapun juga di dunia, dan telah terjual lebih dari 400 juta eksemplar.

Enid Blyton yang lahir di Dulwich London, gemar membaca sejak kecil. Pada usia 18 tahun ia telah banyak menerbitkan puisi dan cerita pendeknya, namun bakat istimewanya sebagai pengarang cerita anak baru tampak setelah ia menjadi guru. Tahun 1922, buku pertamanya Child Whispers diterbitkan.  Salah satu karakternya yang terkenal adalah Noddy, yang ditujukan untuk pembaca yang masih tahap awal, atau anak-anak berumur 4-7 tahun. Bagaimanapun juga, pembaca utama bukunya adalah anak-anak yang tidak memerlukan bimbingan dalam membaca untuk masuk ke petualangan yang diciptakan oleh beliau.

Dalam golongan pembaca yang ini, banyak buku berseri yang sangat populer didunia, diantaranya adalah Lima Sekawan (terdiri dari 21 buku, 1942-1963, cerita berdasarkan empat anak dan seekor anjing), Pasukan Mau Tahu ( terdiri dari 15 buku, 1943-1961, dimana lima anak yang sedang berlibur sering bermasalah dengan polisi lokal), begitu juga dengan Sapta Siaga (terdiri dari 15 buku, bercerita tentang tujuh anak yang memecahkan berbagai misteri).

Ternyata, selain mengarang novel, ia juga menerbitkan majalah Sunny Stories dan pada akhirya ia mulai menerbitkan majalah yang bernama Enid Blyton’s Magazine. Lewat majalah inilah, Enid Blyton memulai pendirian Klub Lima Sekawan.

Enid Blyton meninggal pada usia 71 tahun. Walaupun kini telah tiada, ia meninggalkan kenangan manis bagi seluruh anak di dunia, berupa buku-bukunya yang telah ditulisnya.


PROMOTION

homepage