Mengaplikasikan konsep Eco-Friendly Toilet pada rumah Anda? siapa takut!

[dropcap]K[/dropcap]amar mandi merupakan bagian terpenting yang secara mutlak terdapat di dalam sebuah rumah. Mengapa demikian? Karena ruangan tersebut mempunyai fungsi dan kegunaan bagi setiap orang untuk membersihkan anggota tubuh. Pada jaman modern seperti saat ini, kamar mandi sudah dapat terbagi ke dalam dua jenis, yaitu kamar mandi basah dan juga kamar mandi kering. Kamar mandi basah kini sering dapat Anda jumpai di Indonesia, terutama di daerah pedalaman. Sedangkan kamar mandi kering pun kini sudah bisa Anda temukan di banyak rumah dengan menyediakan tempat khusus untuk mandi, salah satu caranya menggunakan shower atau bathup. Namun kamar mandi kering seperti yang dikatakan diatas, paling banyak ditemukan di negara-negara Barat karena aliran air di negara Barat sudah lebih terjamin jika dibandingkan dengan di Indonesia. Dan sebagai pengetahuan tambahan, bahwa kamar mandi kering ini sebenarnya mempunyai kelebihan untuk lebih menghemat dalam penggunaan air.

Penghematan dalam penggunaan air ini, biasa disebut dengan istilah Eco-Friendly Toilet. Karena eco-friendly mempunyai arti dalam bahasa Inggris, yaitu “Ramah Lingkungan” dan toilet yang eco-friendly ini merupakan toilet yang mempunyai tingkat keramahan akan lingkungan cukup tinggi, sehingga dapat mengurangi penggunaan air kurang lebih hingga 60%. Selain itu, terdapat pula beberapa manfaat-manfaat lain dalam menerapkan eco-friendly toilet di dalam rumah Anda, seperti:

1. Menghemat keuangan

Inilah salah satu keuntungan terbaik dari menerapkan eco-friendly toilet, karena peralatan mandi yang digunakan pun sangat bersahabat dengan bumi dengan cara menghubungkan titik-titik tertentu sehingga air pun dapat lebih ditekan kembali penggunaannya.

2. Terlihat menarik dan unik

Mempunyai kamar mandi dengan gaya yang modern tentulah menjadi kebanggan tersendiri bagi tiap keluarga.

3. Memberikan contoh kepada lingkungan sekitar mengenai kehidupan yang baik di masa mendatang

Dengan mengaplikasikan eco-friendly toilet berarti Anda menggunakan perlengkapan kamar mandi yang bertema-kan go-green, karena Anda setidaknya telah melakukan sesuatu yang lebih mengenai krisis bumi yang sedak kita hadapi saat ini. Secara langsung sumber daya alam kita telah menurun, sehingga kita perlu melakukan segala macam upaya agar dapat melestarikan bumi kita yang sedang mengalami krisis, setidaknya untuk generasi yang akan datang.

Degradasi lingkungan yang tidak terkontrol, sumber daya yang semakin langka dan adanya penurunan tingkat konsumsi air lah yang menjadi perhatian besar bagi para peneliti yang berusaha keras dengan giatnya mencari tahu bagaimana cara untuk menghentikan pemborosan air di dunia ini, salah satunya adalah dengan menggunakan toilet ramah lingkungan. Pada umumnya eco-friendly toilet memiliki bentuk yang hampir sama dengan toilet lain, seperti pada kloset duduk dan kloset jongkok. Toilet yang menerapkan “go-green” ini secara sederhana menggabungkan antara sistem pembilasan atau biasa dikenal dengan istilah flushing, yang menggunakan tekanan udara untuk dapat mengalirkan limbah toilet ke dalam tangki penampungan. Dan juga sistem sanitasi, yang menggunakan proses penguraian limbah dengan mengaplikasikan jalur pengisian mikrobakteri. Eco-friendly toilet ini biasanya mempunyai tangki penampungan yang di dalamnya  terdapat bahan organik yang berfungsi sebagai penyaring limbah secara padat.

Dengan eco-friendly toilet, kita dapat mampu mengurangi konsumsi air menjadi 0,8 galon per harinya. Juga kelebihan lain yang Anda dapatkan adalah kualitas udara yang segar dan alami di dalam ruangan. Oleh karena itu, pengaplikasian eco-friendly toilet ini sangat lah penting bagi Anda yang menginginkan kesegaran udara, penghematan biaya, dan khsusnya bagi para pecinta lingkungan hidup yang sangat memperhatikan kondisi bumi kita yang kian lama semakin menurun.

Ayo Lazadian! Mulai sekarang kita dukung “go-green” untuk melestarikan bumi sebagai tempat tinggal kita dengan menggunakan peralatan kamar mandi yang telah menggunakan konsep eco-friendly. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan peduli?.


PROMOTION

homepage