Dualcore vs Quad Core: Tidak Semua Core Prosesor Berkualitas Sama!

category-banner_intel_28112013

Tidak Semua Core Prosesor Berkualitas Sama! — Bicara tentang dunia komputer, kita seringkali menemukan istilah-istilah teknis yang kurang familiar di telinga. Maka, pada blogpost kali ini, kami akan membahas perihal mengapa kita mestinya lebih cenderung memilih prosesor dual-core Intel dibandingkan perangkat dengan quad-core merk lain.

intel prosesor

Banyak Core Tidak Tentukan Performa Prosesor

Kita ketahui bahwa prosesor memiliki satu atau lebih komponen yang disebut dengan core (inti), namun perlu diketahui semakin banyak core belum tentu kemampuan prosesor tersebut semakin tinggi. Seringkali kita salah kaprah dalam menilai kemampuan sebuah prosesor, seringnya kita menilai kemampuan prosesor semata-mata hanya dari banyaknya core yang dimiliki. Terlebih ketika kita membicarakan antara prosesor Intel dengan prosesor Non Intel.

Dual Core Intel Setara dengan Quad Core non-intel

Sebagai contoh, Intel Core 2 Duo T9900 (dual core) memiliki Chip Clock Speed 3,06 MHz dibandingkan prosesor quad-core Non Intel yang memiliki kisaran sekitar 2,30 MHz saja. Begitu pula dengan keunggulan lainnya dimana prosesor dual-core Intel memiliki durasi baterai dan Thermal Design Power yang setara dengan prosesor quad-core Non Intel.

Prosesor Intel Memiliki Konstruksi Lebih Besar

Prosesor Intel dengan konstruksi core yang lebih besar, memungkinkan performa lebih tinggi dibandingkan prosesor Non Intel. Hal ini dibuktikan dari pengujian prosesor secara langsung oleh tim PC Media di mana perangkat notebook berbasis Intel Core i3-2310M (2.5 GHz, dual core) mampu mengungguli perangkat notebook berbasis Prosesor Non Intel (1.6 GHz, quad core) dengan pengujian aplikasi PCMark 7.

Intel Optimalkan Aktivas Komputasi Anda

Dengan demikian kita dapat melihat bahwa tidak semua kualitas core dapat dinilai hanya dari jumlah core yang dimiliki. Bahan dasar dari core tersebut cukup menentukan performa yang dimiliki. Ibarat ketika kita membandingkan mesin pesawat dengan 4 baling-baling yang tidak selalu terbang lebih cepat dari pesawat dengan 2 mesin jet. Intel dual core dengan kualitas sekelas mesin jet tentunya melampaui prosesor Non Intel quad core berkualitas baling-baling. Jangan ragu untuk memilih prosesor terbaik untuk memaksimalkan aktivitas Anda!

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage