Jangan Ragu dalam Memainkan Warna Cat Rumah!

Pada dasarnya rumah yang mempunyai dekorasi yang menarik, namun dapat menciptakan rasa yang nyaman, merupakan idaman bagi semua keluarga. Mendekorasi rumah merupakan salah satu langkah awal yang dapat Anda lakukan dalam menghias sebuah rumah. Dengan adanya dekorasi rumah, baik itu secara kecil-kecilan maupun besar-besaran,  membuat kita mencoba untuk mendandani rumah agar mempunyai penampilan yang lebih baik daripada sebelumnya. Hal tersebut pada umumnya dilakukan karena sikap dasar manusia yang selalu ingin tampil beda dengan manusia lainnya. Faktor terpenting dalam mendekor ulang kembali rumah Anda, salah satunya yaitu “pemilihan warna”. Mengapa? Karena pemilihan warna merupakan salah satu aspek terpenting yang dapat mempengaruhi dekorasi ruangan di dalam rumah.

( Article Courtesy of http://www.anneahira.com/dekorasi-rumah-kecil.htm )

Pemilihan warna cat yang sesuai untuk interior, seringkali dipusingkan dengan banyaknya warna-warna yang tersedia, sehingga hal tersebut membingungkan dan menyulitkan kita sebagai keluarga untuk memilihnya. Dengan banyaknya pilihan warna yang ada saat ini, terkadang membuat kreatifitas seseorang tebatas dalam mendekorasi ulang rumah. Sehingga kerap sering kali, pemilihan warna pun terbatas dengan warna cat yang standart. Oleh karena itu, Anda haruslah memahami terlebih dahulu dan memerhatikan pilihan warna cat yang mencerminkan kepribadian dan gaya hidup sang pemilik rumah, seperti :

  • Ukuran Ruangan, gunakanlah warna-warna terang untuk menimbulkan kesan yang luas.
  • Lokasi Bangunan, pilihlah warna cat rumah yang sejuk atau netral agar membangun perasaan sejuk bagi pemilik rumah.
  • Bahan Cat Rumah, berhati-hatilah dalam memilih bahan cat, karena bisa saja mengandung zat yang berbahaya. Ada baiknya Anda memilih cat yang mengandung 100% arcylic dan bahan yang paling ramah lingkungan.
  • Apabila menggunakan beberapa warna cat rumah, bedakanlah dalam jumlah pemakaiannya. Biarkan satu warna menjadi warna yang dominan, dan warna lain sebagai aksen atau warna pendukung.

Dalam memilih warna cat rumah pun, perlu memanfaatkan kekayaan warna yang ada dengan memilih warna cat yang lebih berani dan lebih kreatif. Hal tersebut berguna agar menghasilkan ruangan yang lebih berwarna, sehingga nyaman dan enak di pandang. Pemanfaatan kekayaan warna yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Mempelajari tata pewarnaan, mengkombinasikan warna, serta karakter dan efek-efek lainnya.
  2. Menentukan tema ruangan yang kuat, sehingga Anda dapat mudah dalam meilih warna cat yang tepat.
  3. Memperbanyak referensi akan desain interior dan ide-ide desain lainnya.
  4. Mengenali fungsi utama dari sebuah ruang, karena dapat memperkuat karakter ruangan tersebut.
  5. Menggunakan warna yang netral untuk ruangan yang dapat dijadikan sebagai ruangan multifungsi.
  6. Apabila warna netral tersebut terlihat terlalu monoton, maka cara lainnya adalah menetapkan konsep warna monokromatik. Juga tentunya ikuti kata hati dan jangan abaikan warna kesukaan Anda.

Peran  warna sangatlah penting bagi dekorasi rumah Anda, karena masing-masing warna tentunya memiliki efek psikologis tersendiri. Berikut kami berikan sedikit info yang menarik mengenai sifat-sifat psikologis warna-warni dalam memandu pemilihan warna cat rumah Anda :

  • Warna Merah : Positifnya warna merah mengandung arti cinta, gairah, berani kuat dan agresif.
  • Warna Kuning : Pilihan warna kuning yang tepat dan penggunaannya yang sesuai, dapat membuat menjadi lebih percaya diri dan menambah semangat.
  • Warna Hijau : Mencerminkan kesehatan, keseimbangan, rileksa dan mengandung kemudahan-kemudahan.
  • Warna Biru : Melambangkan intelektualitas, ketenangan, mencerminkan seorang pemikir dan juga konsistensi dari seorang individu.
  • Warna Ungu : Memberikan efek kemewahan, menunjang kegiatan dalam bermeditasi danberkontemplasi.
  • Warna Putih : Melambangkan warna yang murni, suci, bersih, jujur, sederhana dan juga merupakan warna netral yang dapat Anda padu padakan dengan warna-warna lainnya.
  • Warna Abu-abu : Sering kali banyak dipakai untuk warna-warna elektronik, kendaraan, perangkat dapur dan rumah. Karena warna tersebut tergolong netral atau seimbang.
  • Warna Hitam : Kelebihan akan warna hitam itu yaitu dapat meresap segala energi yang datang. Juga warna ini terlihat elegan, mempesona, kuat dan teguh.

Berdasarkan artikel berupa info-info yang menarik diatas, diharapkan Anda menemukan warna yang tepat sesuai dengan karakter pribadi Anda masing-masing. Selamat mendekorasi rumah secara cermat dan tepat Lazadian!

 


PROMOTION

homepage