Cider: Aplikasi Apple Bakal Kompatibel Untuk Gadget Android

Aplikasi Apple Bakal Kompatibel Untuk Gadget Android — Benarkah kabar gembira bahwa aplikasi Apple dapat berjalan di perangkat Android akan segera menjadi kenyataan?

Featured41

Selama ini sistem operasi seringkali menjadi salah satu faktor keputusan konsumen untuk membeli sebuah gadget. Namun sebuah software bernama Cider yang dikembangkan oleh ilmuwan Amerika Serikat dikabarkan akan memungkinkan aplikasi Apple dapat dipakai lewat perangkat Android dan sebaliknya.

Meski belum meluncur resmi namun tim riset Cider menyatakan bahwa aplikasi ini sudah dalam proses pengembangan dan sudah ada dalam bentuk prototipe. Meski begitu mereka menambahkan bahwa belum ada rencana untuk membuat produk tersebut menjadi aplikasi komersil.

Jika Cider telah hadir, artinya sebuah sistem operasi khususnya Android dan iOS sudah tidak memiliki keterbasan dan hal ini sangat menguntungkan bagi kita para konsumen elektronik. Senada dengan penyataan para peneliti Cider, mengatakan mereka mengembangkan aplikasi tersebut untuk menembus keterbatasan perangkat ponsel pintar. Menurut mereka, gagasan utamanya adalah memudahkan pengguna.

Masih diliput dari BBC Indonesia bahwa untuk memungkinkan sebuah aplikasi diakses oleh banyak sistem operasi, para peneliti menggunakan teknik yang biasa disebut visualisasi. Sedang masalah yang biasa terjadi pada proses visualisasi bisa dipecahkan para peneliti dengan menggunakan pendekatan yang berbeda untuk sistem inti operasi Android.

Sebagai tambahan, para pengembang Cider juga berusaha memperbaiki performa beberapa aplikasi Apple yang melibatkan kamera ponsel, sistem pelacak posisi lewat satelit GPS, dan Bluetooth.

About the Author

Fariz Ilman Sr. Content Marketing di Lazada Group

PROMOTION

homepage