Bikin Suasana Semakin Imlek dengan Lagu Berikut

Bikin Suasana Semakin Imlek dengan Lagu Berikut! — Tahun Baru Imlek adalah hari raya terbesar bagi masyarakat Tionghoa. Dalam budaya Chinese, Imlek merupakan perayaan tahunan bagi masyarakat Tionghoa yang berkaitan dengan penyambutan untuk musim semi, yakni musim yang paling disenangi dan  merupakan musim yang tepat untuk melakukan penanaman bibit-bibit pertanian pangan seperti jagung, padi, gandum, dan kacang-kacangan.

Orang-orang pun berdoa dan berharap agar hasil panen setahun kedepan berlimpah, sehingga muncul ritual-ritual atau perayaan khas Tahun Baru Imlek. Seperti penggunaan aksesoris lampion dan perlengkapan Imlek lainnya yang berwarna merah yang dipercaya mengusir makhluk Nian yang mengganggu keamanan masyarakat Tionghoa zaman dahulu dan warna merah yang dapat membawa keberuntungan setahun kedepan.

(Baca juga: Makna dan Sejarah Seputar Tahun Baru Imlek)

 

Tak heran saat perayaan Tahun Baru Imlek, tempat-tempat umum seperti kafe, mall, dan restaurant menghias semua sudut ruangan dengan pernak-pernik Imlek berwarna merah agar suasana Imlek semakin terasa. Tetapi tak hanya itu, lagu-lagu bernuansa Imlek juga diperdengarkan agar lebih menyemarakkan Tahun Baru Imlek. Nah, mau tahu lagu-lagu Imlek yang akan menjadikan tahun baru Imlek anda lebih terasa? Let’s check it out!

 

Timi Zhuo – Gong Xi Gong Xi

 

Lagu ini merupakan lagu yang biasa dinyanyikan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Gong Xi Gong Xi sendiri mempunyai arti selamat atau congratulations. Menurut beberapa sumber, lagu ini merupakan lagu yang di tulis oleh Chen Gexin untuk merayakan berakhirnya perang Sino – Japanese di tahun1945. Lagu ini juga dinyanyikan oleh beberapa penyanyi asal Cina, salah satunya Timi Zhuo atau juga sering disebut Zhou Yi Ting.

 

Zhou Yi Ting – Be Happy For Another Year

 

Selain menyanyikan lagu Gong Xi Gong Xi, Zhou Yi Ting atau Timi Zhou ini juga menyanyikan ratusan lagu Mandarin lainnya. Penyanyi asal Taiwan kelahiran tahun 1981 ini memang sudah terkenal dan memulai karirnya di bidang entertain sejak kecil.  Be Happy For Another Year ini adalah album Timi Zhou “Good Spring” pada  tahun 2009. Lagu ini berisi harapan-harapan untuk kebahagiaan setahun selanjutnya.

 

M-Girls – Xin Nian Kuai Lei

 

Xin Nian Kuai Lei sendiri mempunyi arti selamat tahun baru. Lagu ini juga dinyanyikan oleh beberapa penyanyi Cina dan salah satu penyanyi yang menyanyikan lagu ini adalah Zhou Yu Ting atau Timi Zhou. Selain itu, lagu ini juga dibawakan oleh M- Girls.

 

Zhuo Yi Ting – Gong Xi Da Jia Guo Xing Nian

 

Lagu Gong Xi Da Jua Guo Xing Nian ini juga dinyanyikan oleh Zhou Yi Ting atau Timi Zhou. Timi Zhou memang dikenal sebagai penyanyi asal Cina yang sangat popular menyanyikan lagu-lagu mandarin yang dinikmati oleh orang-orang keturunan Tionghoa di seluruh belahan dunia. Tetapi lagu ini juga dinyanyikan oleh U-Best, yakni penyanyi solo pria asal Cina yang terkenal.

 

Zhuo Yi Ting – dadi huichun man ting fang

 

Salah satu lagu terkenal lainnya yang dinyanyikan oleh Zhuo Yi Ting adalah Dadi Huichun Man Ting Fang. Lagu ini juga sering terdengar saat perayaan Imlek. Tak hanya di rumah-rumah keturunan Tionghoa, tetapi juga di tempat-tempat umum seperti mall.

 

Nah, itu dia beberapa lagu-lagu Mandarin yang akan menyemarakkan Tahun Baru Imlek anda. Anda bisa memutar list lagu-lagu Imlek diatas saat bersama keluarga sehingga Anda bisa bernyanyi dan bisa merasakan kehangatan keluarga saat perayaan Imlek. Selamat Tahun Baru Cina!

About the Author

Septi Riyani Maulida ; Lazada Indonesia

PROMOTION

homepage