Berencana Ingin Berbelanja Kebutuhan Lebaran di Bulan Ramadhan? Intip Dulu Tips Berikut Ini

Posting Ini Di Submit Oleh: Kunrad Firmantoro – Juli 2014

Berencana Ingin Berbelanja Kebutuhan Lebaran di Bulan Ramadhan? Intip Dulu Tips Berikut Ini — Ramadhan Yaa Karim. Seluruh umat muslim di dunia pasti bergembira dan selalu menantikan yang namanya bulan Ramadhan, yakni bulan yang didalamnya penuh berkah dan karunia dari Allah Subhanahu wata’ala untuk seluruh muslim di seluruh penjuru dunia. Berbicara tentang Ramadhan, selain identik dengan ibadah puasa sebulan penuh lamanya dan juga iringan tarawih ibadah khas bulan Ramadhan yang dikerjakan di malam hari, tentunya ada satu hal lagi yang identik dengan Ramadhan.

Apakah itu? Yang pastinya hari dimana yang paling ditunggu-tunggu umat muslim dalam merayakan hari kemenangannya atas ibadah yang telah dikerjakan di bulan suci Ramadhan, yakni Hari raya lebaran Idul Fitri. Hari raya Idul Fitri atau yang biasa disebut hari raya lebaran merupakan perayaan terbesar umat muslim pada tanggal 1 syawal setiap tahunnya untuk saling silaturahmi dan bermaaf-maafan sesama keluarga, tetangga, kerabat dan sebagainya.

Sehubungan dengan adanya perayaan hari raya lebaran, pasti akan muncul dibenak kita yaitu hal-hal apa saja yang dipersiapkan banyak orang khususnya umat muslim untuk merayakan kemeriahan hari raya lebaran. Kira-kira apa ya? Tentu saja, belanja untuk keperluan hari raya lebaran. Seperti lagu tahun 90-an yang waktu itu masih dinyanyikan oleh Dhea Ananda yang salah satu liriknya kurang lebih seperti ini, “Baju baru, Alhamdulillah. Tuk dipakai di Hari Raya…”

Biasanya banyakNamun bukan baju baru saja yang jadi barang belanja-an banyak orang, tetapi ada barang lain yang dapat dibeli dalam mempersiapkan untuk merayakan hari kemenangan lebaran nanti. Barang-barang tersebut bisa saja elektronik, alat rumah tangga, dan lain-lain. Apalagi selama bulan Ramadhan ini pasti banyak sekali tawaran diskon atau potongan harga yang menggiurkan banyak orang.

Biar belanjanya lebih asyik dan nyaman, saya akan berbagi beberapa tips berbelanja di bulan Ramadhan untuk keperluan lebaran nanti, diantaranya:

1. Anggaran dan Wish List

Buat anggaran dan wish list! Buat anggaran yang sesuai dengan kantong atau budget yang dipersiapkan dan juga jangan sampai kebingungan dalam memprioritaskan barang apa saja yang mau dibeli. Urutkan dulu barang apa saja yang mau dibeli, jangan sampai membeli barang yang nantinya tidak terpakai atau tidak perlu.

2. Tempat Berbelanja Pilihan

Pilih tempat berbelanja yang banyak memasang harga miring dan menawarkan banyak promo. Dengan adanya promo atau diskon, pastinya menghemat pengeluaran kita dalam membeli barang yang kita inginkan. Namun ingat juga untuk tetap teliti dalam mengecek harga barang aslinya dengan harga diskon, kadang kita tidak sadar malah membeli barang yang lebih mahal dari biasanya, walaupun diskonnya terlihat lebih besar. Selain itu juga sekiranya dapat dipastikan bahwa tempat berbelanja tersebut nyaman dan memuaskan pelayanannya.

3. Penempatan Waktu Belanja yang Pas

Ada baiknya untuk tidak berbelanja pada saat weekend atau hari libur. Karena dipastikan banyak orang ikut berbelanja di hari libur. Pilih waktu yang senggang selain weekend atau hari libur. Dan biasakan datang lebih awal ke tempat berbelanja. Selain agar lebih nyaman karena biasanya kalau datang lebih pagi atau lebih awal, tempat berbelanja masih sepi pengunjung dan juga pilihan dan jumlah barang yang ditawarkan pun masih lebih banyak daripada harus datang lebih sore dan disaat ramai pengunjung yang juga ikut membeli barang yang kita inginkan juga, bisa-bisa out of stock atau kehabisan barang dan kita tidak mendapatkan barang yang kita inginkan.

4. Keamanan

Bagi yang senang berbelanja, jangan sampai lupa dengan keamanan disekitar tempat berbelanja. Selalu hati-hati selagi ada ditengah kerumunan banyak orang, kadang ada saja orang yang berusaha mencuri barang yang kita miliki disaat lengah. Jaga selalu barang bawaan kamu dan selalu waspada.

5. Fisik yang Prima

Jangan sampai lupa dengan yang satu ini. Perhatikan selalu kesehatan kita saat ingin berbelanja. Persiapkan fisik dan mental sebelum memburu barang yang kita inginkan. Apalagi saat kita berbelanja pada saat sedang berpuasa, kondisi yang prima selagi kita berpuasa juga sangat dibutuhkan. Fisik yang sehat dan mood yang positif bisa membuat kita lebih lihai dan bersemangat dalam berbelanja lho!

Tips diatas merupakan tips berbelanja di bulan Ramadhan bagi yang suka berbelanja di tempat berbelanja (Mall, Toko, Supermarket, dan semacamnya). Ada lagi solusi bagi kamu yang ingin serba praktis dan simple dalam berbelanja. Online shopping! Ya, itu dia solusinya. Kamu tidak perlu lagi keluar rumah untuk berbelanja atau harus menguras tenaga dalam berbelanja.

Cukup klik, maka barang yang diinginkan akan langsung diantar ke rumah kamu. Membahas yang namanya online shopping atau berbelanja online, saya punya rekomendasi yang tepat nih untuk kamu yang ingin berbelanja dengan praktis dan tidak mau ribet. Lazada.co.id is highly recommended for online shopping. Tinggal klik, transaksi dan tunggu saja pengiriman barang ke rumah kamu. It’s so simple, isn’t it?

Namun ada hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin berbelanja online keperluan lebaran di bulan Ramadhan, yaitu untuk tidak memesan barangnya H-7 sebelum lebaran, dikarenakan adanya kesulitan ekspedisi pengirim barang saat mendistribusikan barang menjelang hari raya lebaran dan juga agak lebih lambat dalam proses pengirimannya.

Demikian tips dari saya yang mudah-mudahan dapat membantu kamu dalam berbelanja keperluan hari raya lebaran di bulan Ramadhan. Insya Allah tips ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Keep your positivity and Happy shopping!

stamp-Blog-Finalist-02

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage