Berbagai Hal Asyik Untuk Ngabuburit

Posting Ini Di Submit Oleh: Yogi Ariwibowo – Juli 2014

Berbagai Hal Asyik Untuk Ngabuburit — Prennn..hal apa saja sih yang biasa kamu lakuin saat Ngabuburit? Pernah gak kalian merasa mati gaya bingung mo ngapain saat Ngabuburit? Atau kalian merasa apa yang kalian lakukan saat ngabuburit ini malah kurang bermanfaat dan membosankan?

Ngabuburit kata yang sudah tidak asing lagi di telinga. Berasal dari Bahasa Sunda yang kata dasarnya adalah “Burit” yang berarti keadaan di mana matahari sudah terbenam atau Maghrib. Sedangkan imbuhan “Nga” setara dengan imbuhan “me” pada Bahasa Indonesia yang berarti melakukan suatu pekerjaan/aktivitas.

Jadi Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan untuk menuju datangnya matahari terbenam/Maghrib. Di kampung halaman saya Bandung, kata Ngabuburit sering diplesetkan menjadi “Ngabubur Beurit” yang artinya “membuat bubur tikus”ini sebuah candaan yang biasa dilontarkan pada teman-teman sebaya yang menunjukkan keputus asaan (lebay dikit bahasanya) kalau kita tidak memiliki agenda khusus yang akan dilakukan untuk mengisi Ngabuburit ini alias Ngabuburit kita “garing”.

Tentu, kita tidak mau mati gaya karena Ngabuburit kita “garing” bukan?. Berikut beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi penulis agar Ngabuburit kita asyik dan bermanfaat.

1. Beraktivitas Sehat di Taman Kota Bersama Sahabat & Keluarga

Yup, puasa bukan berarti kita stop untuk melakukan olahraga yang menyehatkan. Kita masih bisa berolahraga namun tentunya dengan kapasitas yang lebih ringan. Berjalan santai di taman kota atau ruang-ruang terbuka menghirup udara segar bisa menjadi pilihan. Apalagi jika melakukannya bersama sahabat atau keluargaselain menyehatkan, tentu bisa menjalin hubungan emosional yang lebih baik.

2. Memperluas Jaringan

Bengong di rumah selama ngabuburit? Tentu bukan merupakan pilihan bijak. Menambah relasi pertemanan atau jaringan juga bisa dilakukan saat ngabuburit ini. Sering sekali komunitas-komunitas yang ada di dunia maya seperti komunitas penulis blog, pecinta kuliner, penggiat yoga atau komunitas profesional kantor seperti komunitas HRD, pengusaha dan lain-lain mengadakan acara buka puasa bersama yang sifatnya terbuka bagi siapa saja yang dibalut dalam acara seminar, diskusi dan sebagainya. Tak ada salahnya kita ikut “nimbrung” di acara tersebut untuk menambah jaringan pertemanan dan wawasan kita. Bahkan ada beberapa yang mengadakan kegiatan tersebut secara gratis. Tentunya kita harus aktif mencari informasi seperti ini di dunia maya. Bagi rekan-rekan penulis blog tentu akan mudah mendapatkan informasi seperti ini.

3. Menambah Wawasan Budaya

Inilah saatnya bagi kita untuk mulai mencintai budaya sendiri dengan mempelajarinya langsung. Ngabuburit dapat diisi dengan kegiatan yang menambah wawasan di bidang budaya. Di Bulan Ramadhan sering juga diadakan berbagai event yang berkaitan dengan budaya ini. Bagi teman-teman yang berada di Kota besar seperti Jakarta, Bandung atau Jogja tentu akan mudah menemukan event-event ini. Sebut saja pagelaran angklung anak-anak yang diselenggarakan oleh Saung Angklung Udjo di Bandung atau Pertunjukkan gamelan di Kraton Jogja, Belajar membuat batik, berbagai event yang diadakan di Taman Ismail Marzuki Jakarta serta berbagai event pameran lainnya.

4. Belajar Memasak

Ini juga bisa menjadi pilihan. Mungkin selama ini kita tidak sadar bahwa ternyata kita memiliki bakat memasak. Hanya saja kita tidak tahu dan tidak pernah mau mencoba. Memberanikan diri mencoba membuat suatu masakan untuk berbuka keluarga atau teman di kost adalah hal yang mengasyikkan. Untuk resep dan cara memasak kita tidak perlu sulit mencarinya. Kini hanya dengan search di Google kita bisa mendapatkan berbagai resep yang kita inginkan, baik masakan daerah ataupun masakan asing. Kalau belum puas kita juga bisa men-download berbagai video peragaan memasak di Youtube. Siapa tahu dari sekedar mencoba-coba ini, kita bisa meraup rejeki dengan menjual masakan kita di depan rumah selama puasa ini. Mau coba, Yuk!

5. Belajar Bahasa Seru

Di Facebook ada suatu komunitas grup unik namanya Polyglot. Mereka adalah orang-orang yang mempunyai ketertarikan untuk belajar bahasa. Tidak saja bahasa-bahasa yang lazim seperti Bahasa Inggris, Jepang atau Perancis, banyak diantara mereka yang juga belajar bahasa-bahasa yang jarang kita ketahui seperti Bahasa Urdu, Bahasa Ibrani dan lain-lain. Belajar bahasa bisa jadi salah satu pilihan kita mengisi ngabuburit. Tak perlu mahal-mahal kursus, sekali lagi cukup download tutorial dari Youtube kita bisa belajar bahasa yang kita inginkan. Tentunya, alangkah baik kita belajar bahasa yang kemungkinan kita pergunakan baik itu di dunia kerja, sekolah ataupun bisnis.

6. Belajar Sejarah

Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno pernah bilang “Jas Merah” kepanjangan dari “Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah”. Ya bangsa yang baik adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Sebagian dari kita menganggap bahwa sejarah itu membosankan, bikin ngantuk. Ini mungkin karena cara mengajar sebagian guru kita di bangku sekolah dulu tidak membuat kita senang. Padahal, sejarah itu asyik lho. Dan, belajar sejarah tidak hanya melulu membaca buku. Kita bisa jalan-jalan mengunjungi berbagai tempat bersejarah yang ada di kota kita.

Di Jakarta, terdapat segudang tempat yang merupakan peninggalan sejarah salah satunya mesjid yang cocok kita kunjungi karena bisa sekalian beribadah selama Bulan Ramadhan seperti Masjid Istiqlal, Masjid Cut Meutia, Masjid Sunda Kelapa, Masjid Jami Kebon Jeruk atau Masjid Kampung Bandan Tanjug Priok. Selain mesjid, banyak juga berbagai tempat bersejarah lain yang menarik dikunjungi seperti Monas, Museum Prasasti, Museum Bank Mandiri, Museum Bahari dan lain-lain. Oh ya, di Jakarta sekarang ada yang namanya “Komunitas Historia” sebuah komunitas bagi pecinta sejarah yang sering mengdakan acara-acara seru bertemakan sejarah seperti napak tilas, pemutaran film dan lain-lain. Kita bisa ikut rame-rame acara mereka. Ngabuburit kita pasti akan seru dan wawasan sejarah kita pun akan bertambah.

7. Memperdalam Agama

Oke, selain pilihan-pilihan aktivitas yang dipaparkan di atas, kita juga jangan sampai melupakan aktivitas yang berkaitan dengan Agama selama Ramadhan ini. Pahalanya berlipat lho bagi siapa saja yang beribadah dan memperdalam agama selama bulan puasa. Kita bisa mengikuti acara-acara diskusi keagamaan yang diadakan masjid di lingkungan kita, pesantren kilat atau menonton berbagai video ceramah dan bahasan keagamaan lain melalui Youtube. Berbagai masukan yang berkaitan dengan rohani tentunya akan membantu kita menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar acara Ngabuburit kamu tidak “garing” dan bermanfaat. Sekian dan selamat mencoba.

stamp-Blog-Finalist-02


PROMOTION

homepage