Belanja Online??? Siapa Takut!!!!

Artikel ini disubmit oleh: Nur Fitri Kurniawan Pada 2 Desember 2014

Belanja Online??? Siapa Takut!!!! — Pengalaman belanja online saya dimulai sekitar 2 tahun yang lalu ketika saya bekerja di luar pulau Jawa tepatnya di pulau Kalimantan. Pada awalnya sich memang saya takut untuk belanja online, apalagi jika nominal untuk belanja sudah diatas satu juta. Pasti mikir-mikir dong apalagi bagi yang sudah berkeluarga hehehe, kalau tertipu gimana? Pertama kali saya mau belanja online hampir seharian penuh saya didepan laptop browsing-browsing tentang barang yang akan dibeli, kebetulan hari itu lagi libur kerja (tapi tenang saja ya saya masih ingat sama makan dan tugas harian saya koq J)  dan  pada akhirnya saya memutuskan untuk membeli salah satu produk di Lazada padahal, posisi saya waktu itu juga lagi kerja di project pedalaman Kalimantan Tengah.

Dengan perasaan sedikit bimbang, ya uda anggap saja sebagai pembelajaran jika barang sampai ke tangan berarti penjualnya bisa dipercaya, jika tidak berarti harus lebih selektif lagi dalam memilih tempat belanja online atau tidak usah belanja online lagi J. Setelah satu minggu barang pesanan saya sampai dengan selamat. Akhirnya perasaan bimbang dan takut itu jadi hilang. Pengalaman pertama tersebut, membuat saya tertarik lagi untuk belanja lagi di Lazada biarpun kadang bukan dipakai sendiri tapi pesanan dari teman sekerja. Selanjutnya selain Lazada pun saya juga merambah juga toko-toko online yang lain untuk beli buku misalnya atau kebutuhan barang yang lain yang pastinya jika barang tersebut tidak tersedia di Lazada J.

Jadi sekarang jangan takut untuk belanja online. Selain banyak keuntungan dari belanja online seperti, lebih praktis dalam berbelanja, lebih hemat dan juga gak perlu capek muter-muter cari barang, harga juga sudah terpampang tinggal pilih, klik, bayar, lakukan konfirmasi  selanjutnya tunggu barang datang, jadi dech. Dari kegiatan belanja online ini pun ada beberapa hal bermanfaat yang bisa kita peroleh antara lain :

  1. Belajar percaya kepada orang lain

Dalam jual beli online kita gak bertatap muka langsung dengan penjual, rasa saling percaya ini yang sangat penting baik yang kita diluar kota ataupun yang bisa dilayani dengan COD. Memang yang paling aman adalah COD karena kita baru bayar begitu barang diterima, tapi bagi yang luar kota yang tidak tercover dengan sistem COD pasti harus ada rasa percaya dari pembeli terhadap tempat belanja online yang dipilihnya.

  1. Bersabar

Kenapa sabar juga  termasuk, karena kita berlatih untuk menunggu barang pesanan sampai ke alamat yang dituju selain itu kesabaran kita juga diuji pada waktu ada kegiatan flash sale  di Lazada untuk pembelian handphone Xiaomi , dimana kita sudah harus stand by didepan komputer atau siap-siap menggunakan smartphone agar gak tertinggal untuk membeli barang yang diincar dan ketika kita gak dapat barang pada saat flash sale, kita harus menunggu lagi jika ada program flash sale berikutnya. Semua itu butuh kesabaran. Seperti yang pernah saya lakukan untuk pembelian Redmi 1S, gagal di flash sale pertama  dan kedua terus sabar menunggu, dan baru di flash sale yang ketiga saya bisa dapatkan gadget tersebut.

  1. Berpikir positif

Dalam berbelanja bagaimana kita belajar melihat dan membeli sesuatu dengan mengikuti alur yang sudah ditentukan penjual, dan selalu berpikir bahwa barang akan sampai dengan kualitas seperti yang kita harapkan. Makanya dalam belanja online, pilihlah tempat belanja online yang benar –benar dapat dipercaya.

Dengan banyaknya manfaat dari kegiatan belanja online jadi jangan ragu dan takut untuk berbelanja online dan yang paling penting , tetap bijak dalam belanja dan mengatur pengeluaran. Go Online Revolution !! Belanja online?? Siapa takut!!!

Lazada

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage