Belanja Cerdik dan Ramah Lingkungan

Artikel ini disubmit oleh: Dwi Suparno Pada 4 Desember 2014

Belanja Cerdik dan Ramah Lingkungan — Hobi masyarakat Indonesia terutama yang berkantong tebal apabila mendekati di penghujung tahun adalah berbelanja.Bila kita perhatikan di berbagai situs internet bertebaran aneka macam promosi dan diskon yang ditampilkan untuk memikat kita untuk berbelanja di situs mereka. Berbagai toko offline apalagi toko online sudah jauh-jauh hari mempromosikan kegiatan ini dengan beraneka macam diskon yang menarik dengan tambahan amunisi promosi kredit dengan cicilan tanpa bunga dari perbankan melalui kartu kredit.

Saat ini aktivitas belanja secara online pun semakin mudah dilakukan.Penetrasi smartphone yang gencar melakukan promosi penjualan dan kemudahan untuk mendapatkannya telah sedikit mengubah kebiasaan lama belanja masyarakat kita.Serta kemudahan akses internet melalui smartphone turut mendongkrak kelebihan dan kemudahan dari aktivitas belanja online. Ditambah adanya layanan jasa pengiriman barang yang bisa diantar hingga di depan pintu,klop dengan kebutuhan belanja masyarakat masa kini.

Terus apa saja yang kita butuhkan untuk bisa melakukan aktivitas belanja online secara cerdik?

  1. Email,ya kita harus mempunyai email yang valid.Email ini di ibaratkan alamat resmi kita di dunia maya.Toh sekarang banyak tersedia email gratisan di berbagai situs terkenal. Dengan email ini pula kita gunakan untuk login ke situs toko online tujuan kita.Selain itu segala bentuk konfirmasi belanja serta transaksi pembayaran semua dilakukan melalui email.Jadi mempunyai email ini hukumnya wajib.

  2. Akses internet. Mau belanja online gak punya akses internet ya sama saja boong.Kalau mau murah biaya akses internetnya ya pakai laptop/smartphone dengan menggunakan jaringan wifi gratisan.Khan sudah banyak tempat yang menyediakan fasilitas tersebut.Fasilitas akses internet inipun hukumnya wajib ada.

  3. Rekening bank yang sejenis dengan toko online-nya.Sebenarnya ini tidak wajib kita punyai bila kita mempunyai saudara/teman yang mau meminjamkan rekeningnya untuk proses transfer pembayaran nantinya.Apabila ternyata tidak pilihan itu,bukalah rekening di bank yang ada fasilitas transfer antar bank lewat ATM gratis.Di berbagai bank syariah ada tuh fasilitas tersebut.Lumayan lah bisa menghemat biaya transfer antar bank yang sekarang sudah sama dengan 1 liter solar.Atau pilih situs toko online yang mempunyai fasilitas COD (bayar ditempat tujuan)

  4. Alamat pengiriman.Karena belanja online ini antara penjual dan pembeli tidak saling ketemu,jadi dibutuhkan alamat pengiriman dari pembeli.Jadi dipastikan alamat pengirimannya valid dan dapat dijangkau oleh jasa pengirimannya.

  5. Yang terakhir,no telepon yang dapat dihubungi.Nomor telepon ini berguna bagi perusahaan jasa pengiriman untuk memastikan bahwa penerima barang kiriman paket belanja kita tersebut memang benar-benar yang berhak menerimanya.

Apabila kelima syarat tersebut sudah kita kantongi,berarti kita telah siap melakukan belanja online dengan biaya hemat.

Memasuki bulan Desember ini,sudah banyak toko online yang menawarkan berbagai macam diskon dan promo-promo yang menarik.Dibutuhkan kontrol diri saja agar kebiasaan belanja kita di penghujung tahun ini tidak membuat masalah dikemudian hari.Apabila kita tidak cerdik dalam perhitungannya,bisa-bisa pendapatan kita selama dua-tiga bulan terakhir bisa langsung ludes dalam sekejap.Jika dompet sudah bolong biasanya kita baru sadar ada banyak barang yang semestinya tidak kita beli.

Lalu,apa yang mesti kita lakukan agar kita tidak terjebak dalam fenomena kalap belanja di akhir tahun ini? Paling gampang ya manfaatkan saja promo diskon akhir tahun ini untuk membeli barang-barang yang awet. Contohnya membeli koper. Di penghujung tahun akan banyak koper yang di diskon hingga 70 persen,bahkan di toko online Lazada diskonnya mencapai 85 persen. Wouoww…Kita bisa ambil ini sebab koper bisa amat dibutuhkan untuk perjalanan di tahun depan. Selain itu dua-tiga tahun kedepan,mungkin kita tidak perlu membeli koper lagi.

Selain itu mulai sejak dini kita mulai mengkampanyekan aktivitas belanja yang ramah lingkungan. Saat musim diskon seperti di penghujung tahun ini,ada jutaan orang yang berbelanja di luar kebiasaan. Ini bisa menyisakan sampah plastik yang tak terbayang jumlahnya.Padahal sampah plastik ini memerlukan waktu lama untuk bisa hancur didalam tanah dengan sendirinya.Nah,salah satu aktivitas belanja yang ikut serta mengurangi sampah plastik adalah berbelanja di toko online seperti di Lazada yang saat ini lagi mengadakan program LAZADA ONLINE REVOLUTION MONTH 2014.Selama 1 bulan full Lazada mengadakan promosi dan diskon besar besaran.Dimulai dari hari Senin hingga hari Jumat.Tinggal pilih saja mana yang menawarkan diskon menarik buat kita.

Selain itu Lazada bisa mempelopori kampanye belanja online ramah lingkungan dengan meniadakan bungkus plastik dalam kemasan produk kirimannya.

Mari budayakan dan kampanyekan belanja online yang ramah lingkungan ini.

Lazada

About the Author

Kontributor artikel pada Blog Lazada Competition 2015. Silahkan baca, share dan tuliskan komentar untuk posting keren ini :)

PROMOTION

homepage